Referensi dan Harga Bungee Jumping di Bali

Bali tidak hanya punya keindahan alam dan budaya untuk menarik minat wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Pulau Dewata juga memiliki segudang olahraga ekstrem yang cocok bagi mereka yang berjiwa adventure, salah satunya bungee jumping. Menawarkan pengalaman yang luar biasa, bungee jumping di Bali dapat ditemukan di sejumlah titik dan mematok harga mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Bungee jumping (sumber: mldspot)
Bungee jumping (sumber: mldspot)

Apa Itu Bungee Jumping?

Tidak bisa dipungkiri, saat ini perkembangan olahraga ekstrem memang semakin pesat, yang ditandai semakin banyaknya ragam serta peminatnya. Olahraga ekstrem sendiri dapat dikatakan sebagai olahraga yang mengarah ke olahraga yang lebih modern dan lebih individualis, dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi dan risiko yang lebih besar daripada olahraga pada umumnya.[1]

Bacaan Lainnya

Untuk melakukan olahraga ini, seseorang harus melakukan latihan yang tepat serta didampingi seorang yang profesional sehingga tidak membahayakan keselamatan. Pasalnya, tantangan olahraga ekstrem tidak hanya dari gerakan fisik, melainkan juga bisa berasal dari kondisi alam atau lingkungan, cuaca yang tidak bisa diprediksi, medan yang berat, dan lainnya.[2]

Baca juga  Syarat Minimal Tabungan dan Update Biaya Visa ke Jepang

Ada banyak olahraga ekstrem yang dapat dicoba, dan salah satu yang tengah digandrungi para penantang adrenalin adalah bungee jumping. Secara sederhana, bungee jumping merupakan kegiatan melompat dari ketinggian hingga ratusan meter di atas permukaan tanah menggunakan tali pengaman yang terbuat dari karet atau lateks, yang konon sudah ada sejak abad ke-19 silam.

Di Indonesia, ada banyak lokasi yang menawarkan kegiatan bungee jumping, termasuk Bali. Sebagai spot liburan paling populer dan mendunia, Bali memang tidak mau ketinggalan melakukan upgrade tawaran wisatanya dengan menghadirkan sesuatu yang baru dan unik, termasuk bungee jumping. Lalu di mana saja lokasi bungee jumping di Bali dan berapa kisaran harga atau tarifnya?

Spot Bungee Jumping di Bali

  • Bungee Jumping Blangsinga. Seperti namanya, spot bungee jumping ini berada di Desa Blangsinga, tepatnya di kawasan Air Terjun Songsongan. Ini merupakan salah satu tempat bungee jumping paling tersohor di Bali, menawarkan sensasi meloncat dari atas air terjun setinggi 50 meter. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian spot ini diminati banyak pelancong, baik dari dalam maupun mancanegara.
  • AJ Hackett Bungy Jump. Lokasinya berada di Jalan Arjuna, Seminyak, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Dengan ketinggian sekitar 45 meter, wisatawan akan diajak meloncat sambil menikmati ketinggian pemandangan di sekitar pantai. Untuk menuju titik lompatan pun tidak perlu capek, karena pengelola sudah menyediakan lift.
  • Bali Bungy. Masih di kawasan Seminyak, tepatnya di Jalan Pura Puseh, Anda dapat menemukan Bali Bungy yang juga cocok dijadikan tempat memacu adrenalin. Meskipun ini adalah kegiatan ekstrem, wisatawan tidak perlu khawatir karena peralatan yang disediakan dikatakan sudah mengantongi keamanan bertaraf internasional. Semua peralatan kabarnya diimpor langsung dari Australia.
  • Bali Adrenalin Park. Sudah tampak pada namanya, spot liburan ini sangat pas untuk mereka yang ingin merasakan sensasi wisata ekstrem dan menantang. Berlokasi di Jalan Benesari, Kuta, Badung, Bali Adrenalin Park menyediakan berbagai macam kegiatan memacu adrenalin, mulai bungee jumping hingga slingshot.
  • Bali Tower Bungy. Berada di kawasan Pantai Kuta, yang juga telah menjadi salah satu pusat wisata di Bali, pelancong dapat melakukan bungee jumping dari atas menara dengan ketinggian sekitar 45 meter. Kemudian, wisatawan akan ‘dijatuhkan’ ke kolam renang yang dibuat khusus di bawah menara tersebut. Yang menarik, traveler dapat melakukan berbagai gaya, seperti tandem jump atau ultimate fireball kick.
Baca juga  Kandungan dan Update Harga Durex Play (Indomaret, Alfamart, Apotek)
Bungee jumping (sumber: superlive.id)
Bungee jumping (sumber: superlive.id)

Lalu, berapa biaya yang perlu dibayarkan untuk bisa menjajal bungee jumping di tempat-tempat tersebut? Karena merupakan kegiatan berbahaya dan tentunya membutuhkan standar keamanan yang sangat tinggi, harga tiket bungee jumping memang tidak bisa dikatakan murah. Sebagai referensi, berikut kisaran harga bungee jumping yang ada di Pulau Dewata.

Harga Bungee Jumping Bali

Tempat Bungee Jumping Kisaran Harga
Bungee Jumping Blangsinga Tiket Masuk : Rp20.000
Bungee Jumping : Rp800.000 – Rp1.000.000
Bali Bungy Single : Rp850.000
Tandem : Rp1.700.000
Bali Tower Bungy Single : Rp850.000
Tandem : Rp1.700.000
AJ Hackett Bungy Jump Single : Rp990.000
Tandem : Rp1.850.000
Bali Adrenalin Park Call +62813 3801 1167

Informasi harga bungee jumping di Bali tersebut kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk bocoran sejumlah wisatawan yang pernah berkunjung. Perlu Anda catat bahwa biaya bungee jumping di atas tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola. Biasanya, tarif akan mengalami kenaikan saat peak season, seperti musim liburan atau pergantian tahun.

Baca juga  Update Harga Tiket Sweetbox di Bioskop CGV

[1] Pramudya, Ikhfan Anggi. 2016. Survei Perkembangan Olahraga Extreme Skateboard di Kabupaten Banjarnegara (Skripsi). Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.

[2] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.