Rekomendasi Bisnis Franchise di Bawah 5 Juta

Semakin maju sebuah peradaban, semakin mudah melakukan banyak hal, termasuk bisnis. Salah satu cara berbisnis yang sedang dilakukan oleh banyak orang adalah usaha waralaba atau franchise. Untuk menjalankan bisnis seperti ini, Anda tidak hanya perlu memikirkan jenis usahanya, tetapi juga modalnya. Modal menjalankan franchise sangat bervariasi, ada yang di bawah Rp10 juta hingga terendah di bawah Rp5 juta. Biasanya, ini adalah franchise makanan ringan dan minuman kekinian, seperti boba dan kopi.

Ilustrasi: Bisnis Minuman dan Makanan Kekinian (credit: paper.id)
Ilustrasi: Bisnis Minuman dan Makanan Kekinian (credit: paper.id)

Sebelum menjalankan bisnis franchise, Anda juga perlu mengetahui definisi waralaba. Franchise atau waralaba adalah sebuah bentuk kerja sama, dengan pemberi waralaba (franchisor) memberikan izin kepada penerima waralaba (franchisee) untuk menggunakan hak intelektualnya, seperti nama, merk dagang, produk, jasa, dan sistem operasi usahanya.[1] Sebagai timbal balik, penerima waralaba harus membayar biaya atau fee untuk membuka franchise.

Bacaan Lainnya

Bagi Anda yang tertarik mencoba bisnis franchise, sebaiknya Anda juga memikirkan anggaran. Sebagai orang yang baru di dunia dagang, mungkin Anda bisa mencoba membuka usaha waralaba kecil dengan modal di bawah Rp5 juta. Selain modalnya sedikit, kerugiannya juga kecil dengan keuntungan yang bisa berlipat-lipat. Sebagai referensi bisnis franchise di bawah Rp5 juta, Anda bisa melihat ulasan berikut.

Franchise MATCHO Chocolate Drink

MATCHO Chocolate Drink merupakan salah satu waralaba di bidang minuman cokelat yang memiliki banyak varian rasa dan topping. Ada lebih dari 20 varian minuman cokelat yang bisa Anda jual, di antaranya avocado melted, choco latte, choco mint, choco nut, dan taro forest. Sementara itu, topping-nya ada enam varian, antara lain choco chip, choco bar, meses, jam caramel, jam mocha, dan jam chocolate.

Ilustrasi: Booth MATCHO Chocolate Drink (credit: Facebook/Matcho Chocolate Drink)

Untuk paket kemitraan berupa franchise, Anda bisa memilih paket yang paling murah atau paket tanpa booth. Meskipun Anda tidak akan mendapatkan booth, Anda akan mendapatkan fasilitas yang cukup lengkap, di antaranya 1 blender, 1 mixer, 1 termos es, 1 pemanas air, 1 teko, 1 parut, 1 gelas ukur, 5 sarung tangan, 1 kaos, 1 topu, 1 toples, dan bahan baku untuk berjualan.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan SOP atau standard operating procedure dan sertifikat waralaba, sehingga dagangan Anda terbukti mutunya. Ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan banyak pelanggan. Bagi Anda yang tertarik menjalani bisnis ini, setidaknya Anda harus memiliki modal sebanyak Rp4 juta. Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran mitra waralaba ini, Anda bisa menghubungi telepon di 0813 8099 2345.

Franchise Miauw Boba

Boba atau bubble drink merupakan salah satu minuman kekinian yang disukai banyak remaja. Bagi Anda yang juga ingin memanfaatkan ketenaran boba, tak ada salahnya untuk mencoba bisnis berjualan boba seperti Miau Boba. Brand minuman kekinian ini memiliki banyak varian rasa dan toping.

Ilustrasi: Minuman Miauw Boba (credit: Google Photos)

Jika Anda bergabung dalam usaha franchise Miau Boba, setidaknya Anda bisa menjual sekitar delapan jenis minuman, antara lain boba red velvet, boba taro, boba brown sugar, boba chocolate, boba matcha, boba mango, boba avocado, dan boba bubble gum. Untuk paket franchisenya sendiri, Anda akan mendapatkan 1 unit booth, termos es, sekop es, gula aren, centong boba, gelas, sendok, toples, banner, apron, plastik, dan bahan baku.

Jika Anda tertarik menjalankan bisnis kemitraan Miau Boba, setidaknya Anda harus menyiapkan modal mulai Rp2,475 juta untuk paket termurah dan Rp3,399 juta untuk paket standar. Untuk mendaftarkan diri sebagai mitra atau ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar franchise ini, Anda bisa menghubungi nomor ponsel 0813 2747 901 atau mengunjungi website www.miauboba.com.

Franchise Senada Cokelat

Senada cokelat merupakan salah satu merk minuman cokelat kekinian dengan aneka rasa, di antaranya matcha, tiramisu, almond, ovaltine, taro, strawberry, red velvet, dan mango. Semua minuman ini tersedia dalam gelas ukuran kecil (12 oz) dan besar (16 0z). Setiap varian minuman juga dilengkapi dengan aneka topping seperti biskuit dan boba.

Ilustrasi: Minuman Senada Coklat (credit: Waralabaku)

Bagi Anda yang berminat menjadi mitra Senada Cokelat, Anda bisa membeli franchise yang harganya di bawah Rp5 juta, yakni paket minor dengan harga Rp2,379 juta atau paket mayor seharga Rp3,687 juta. Dalam setiap paket, Anda akan mendapatkan booth mini (lengkap dengan banner dan media promosi lain), cup, apron, gelas, wadah bubuk, dan bahan baku semua produk. Untuk informasi lebih lanjut atau mendaftar sebagai mitra kerja, bisa menghubungi nomor ponsel 0812 1368 8482.

[1] Mathar, Mudassir. 2006. Aspek Hukum Usaha Waralaba di Indonesia. Jurnal Ilmiah Al-Syir’ah IAIN Manado, Vol. 4(1): 1-18.

Pos terkait