Update Biaya Rontgen Tulang Belakang untuk Nyeri Punggung

yang dirasakan di punggung merupakan keluhan yang sering terjadi. Untuk mengetahui penyebab pastinya, biasanya Anda akan diminta melakukan tindakan radiologi, seperti atau foto rontgen, Magnetic Resonance Imaging (MRI), atau Computerized Tomography (CT) scan. Bisa dilakukan di berbagai maupun laboratorium , untuk melakukan ini bervariasi.

Ilustrasi: prosedur foto rontgen tulang belakang

Ilustrasi: prosedur foto rontgen tulang belakang

Untuk sebagian orang, nyeri pada punggung dirasa akan sembuh dengan sendirinya. Mereka dengan nyeri punggung akut akan mulai merasa lebih baik dalam jangka waktu satu bulan. Meski ada beberapa pasien yang merasa perlu melakukan tes diagnostik. Ini adalah salah satu hal yang mendorong tenaga kesehatan untuk melakukan tes radiologi.

Pemeriksaan radiologi tulang belakang sendiri dianggap dapat membantu memprediksi gejala skoliosis, terutama pada anak. Gejala ini sering terdeteksi secara tidak sengaja, misalnya saat diukur badannya oleh penjahit. Penyebab terbesar adanya kelainan tulang tersebut memang idiopatik atau belum diketahui. Namun, ada beberapa teori yang muncul, di antaranya kelainan hormon melatonin, otot lurih, jaringan lunak, trombosit, maupun faktor biokimia lain.

Pemeriksaan sederhana untuk mengetahui gejala skoliosis juga dapat dilakukan di rumah, menggunakan metode Adam’s Bending Test. Metode ini dapat dilakukan dengan cara anak membungkuk ke depan dengan posisi 90 derajat. Kemudian, kaki rapat, dan lutut harus lurus. Lengan biarkan tergantung di sisi kiri dan kanan badan. Orang tua atau anggota keluarga lain disarankan berdiri di belakang anak, kemudian lihat apakah tulang rusuknya sama tingi, pinggul sama rata, atau ada bentuk yang berbeda.

Jika tidak terdeteksi adanya kelainan, penampakan tulang punggung anak akan terlihat normal sama rata. Sementara, apabila terlihat gejala skoliosis, dapat dilihat dari belakang akan tampak salah satu sisi tulang menonjol. Namun, untuk lebih memastikan apakah anak menderita scoliosis atau tidak, alangkah lebih baik untuk melakukan tes rontgen atau X-ray. 

Rontgen sendiri memiliki banyak jenis dan biasanya digunakan untuk memeriksa bagian dada seperti tulang dada, tulang rusuk, atau tulang selangka. Sementara, rontgen untuk tulang belakang dipakai untuk menemukan penyakit atau cedera pada tulang belakang, sendi, dan sebagainya. Selain itu, ada pula rontgen untuk anggota gerak seperti tangan, pergelangan tangan, kaki, lutut, tungkai, pergelangan kaki, pinggul, dan lain-lain.

Biaya Rontgen Tulang Belakang

biaya, x-ray, rontgen, mri, tulang, belakang, harga, tarif, prodia, lab, laboratorium, klinik, dokter, 2018, pinggang, ekor, berapa, terbaru, informasi, kesehatan, scoliosis, skoliosis, fungsi, dimana, pemeriksaan

memeriksa hasil x ray tulang belakang

Sudah ada banyak rumah sakit maupun klinik kesehatan yang menyediakan layanan rontgen untuk tulang belakang. Biaya melakukan tes ini bervariasi, namun relatif terjangkau. Di RSUD Wangaya, Kota Denpasar, Bali misalnya, biaya untuk sekali X-ray tulang belakang berkisar Rp83.000. Jika diperlukan pemeriksaan dari arah yang berlawanan, Anda membutuhkan biaya tambahan sekitar Rp57.000.

Selain rontgen khusus tulang belakang, dilansir dari situs resmi milik Charitas Hospital, rontgen thorax, yang biasanya ditunjukkan untuk dada, paru-paru, saluran pernapasan, dan nodus limfa, juga dikatakan dapat menunjukkan kondisi tulang belakang, termasuk tulang rusuk, tulang selangka, dan bagian atas tulang belakang. Biaya sekali rontgen thorax ini berkisar Rp100 ribu hingga Rp300 ribuan.

Meski menjadi metode yang sudah cukup umum digunakan di Indonesia, ternyata tidak semua pasien perlu melakukan foto X-ray. Biasanya, pemeriksaan X-ray baru dapat dilakukan setelah ada rujukan atau rekomendasi dari dokter. Sebab, metode ini sedikit banyak juga cukup berisiko karena Anda akan terpapar sinar radiasi yang kemungkinan memiliki efek buruk pada tubuh atau kesehatan Anda. Karena itu, pasien seperti anak-anak atau ibu hamil biasanya tidak dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan X-ray semacam ini.

[Update: Panca]

Baca juga  Info Terbaru Ketentuan Klaim BPJS untuk Biaya Rawat Inap di Rumah Sakit
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Update Biaya Rontgen Tulang Belakang untuk Nyeri Punggung"