Info Terbaru Kisaran Biaya Vasektomi

Indonesia menerapkan program Keluarga Berencana, dengan masing-masing pasangan suami istri dianjurkan untuk memiliki dua anak saja. Meski demikian, hal ini kembali ke kehendak setiap pasangan. Bagi yang merasa sudah cukup dengan dua anak dan tidak berkeinginan memiliki anak lagi, biasanya akan menjalani program KB dengan pemasangan alat kontrasepsi atau bahkan menjalani sterilisasi seperti tubektomi untuk wanita atau vasektomi untuk pria. Biaya vasektomi ini bisa sangat beragam.

Ilustrasi: vasektomi (sumber: msurology.com)
Ilustrasi: vasektomi (sumber: msurology.com)

Vasektomi merupakan pemutusan saluran vas deferens (saluran yang berfungsi untuk mengalirkan sperma dari testis menuju penis). Efek samping vasektomi adalah ketidaknyamanan setelah operasi dilakukan, tetapi keadaan ini akan sembuh dalam beberapa hari. Infeksi dan penyakit komplikasi akibat vasektomi dapat terjadi meskipun sangat jarang.[1]

Bacaan Lainnya

Kontrasepsi permanen pada pria ini membuat sperma tidak dapat dikeluarkan untuk membuahi sel telur wanita, sehingga kehamilan pun tidak terjadi. Dilansir dari Alodokter, setelah vasektomi, saluran yang menyalurkan sperma sudah terputus dan sulit tersambung lagi. Oleh sebab itu, vasektomi memiliki tingkat efektivitas hampir seratus persen untuk mencegah kehamilan. Akan tetapi, perlu diingat bahwa perlu sekitar 20-30 kali ejakulasi setelah vasektomi supaya saluran pada organ intim pria benar-benar bersih dari sperma.

Baca juga  Info Cara Merawat dan Update Harga Wig Pria Berbagai Model Pendek

Apabila Anda hendak melakukan vasektomi, setidaknya ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi. Pertama, dianjurkan untuk Anda yang berusia di atas 30 tahun, mempunyai anak lebih dari dua, memiliki komitmen dengan pasangan, serta sepakat untuk tidak ingin memiliki anak lagi. Berikut syarat lengkapnya.

Syarat Vasektomi

  • Memiliki komitmen antara pasangan suami dan istri.
  • Tidak ingin memiliki anak lagi (jumlah anak telah ideal).
  • Usia anak paling kecil 5 tahun.
  • Usia istri sekurang-kurangnya 25-30 tahun.
  • Suami dalam keadaan sehat dan tidak menderita hemofilia atau penyakit kelainan pembekuan darah.
  • Tidak ada tanda-tanda mengalami radang pada buah zakar, hernia (turun berok), kelainan akibat cacing tertentu pada buah zakar, penyakit darah tinggi, kencing manis yang tidak terkontrol, penyakit paru-paru kronis, dan penyakit jantung.

Dilansir dari Alodokter, biaya vasektomi berbeda-beda, tergantung dari sakit yang menyelenggarakannya. Di Indonesia, biaya prosedur ini dapat dimulai dari Rp11.000.000. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan. Berikut ini referensi kisaran harga Vasektomi di dan rumah sakit.

Baca juga  Update Harga Callusol Kuning dan Hijau
Ilustrasi: proses operasi
Ilustrasi: proses

Kisaran Biaya Vasektomi

Nama Sakit Harga Vasektomi Mulai
RS Immanuel Bandung Rp3.246.000
RSU Royal Prima Rp3.327.500
RS Permata Bunda Medan Rp3.716.750
RS Sumber Waras Jakarta Rp4.074.000
RSIA Nuraida Bogor Rp4.099.000
RS Bhakti Husada Cikarang Rp5.686.000
RS Hermina Pekanbaru Rp6.688.000
Siloam Hospitals Lippo Cikarang Rp7.500.000
Mayapada Hospital Jakarta Selatan Rp8.900.000
Mayapada Hospital Jakarta Selatan Rp8.900.000
SamMarie Wijaya Jakarta Rp11.000.000
Siloam Hospitals Asri Rp11.200.000
MRCC Siloam Hospitals Semanggi Rp15.000.000
RS Premier Surabaya Rp18.000.000

Informasi biaya vasektomi di atas diperoleh dari berbagai sumber. Perlu Anda ingat bahwa biaya vasektomi dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, biaya vasektomi di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung fasilitas yang dipilih. Namun, biaya vasektomi di klinik dan sakit tahun 2022 masih sama dengan tahun dan 2021.

Jika biaya KB steril itu Anda rasa terlalu mahal, Anda juga bisa memanfaatkan Kesehatan. Menurut informasi, pelayanan kontrasepsi seperti vasektomi dan tubektomi termasuk pelayanan KB yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan, bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Namun, sebelum mengajukan KB steril ini sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan juga memenuhi segala persyaratan yang dibutuhkan.

Baca juga  Biaya Tes EMG (Elektromiografi) Terbaru untuk Deteksi Kelainan Saraf dan Otot
Ilustrasi Vasektomi (sumber: tirto.id)
Ilustrasi Vasektomi (sumber: tirto.id)

Risiko Setelah Vasektomi

Jika telah menjalani vasektomi, ada beberapa risiko atau efek samping yang bisa saja terjadi, misalnya saja perdarahan atau munculnya gumpalan darah di dalam skrotum, adanya darah pada air mani, infeksi pada luka operasi, serta skrotum terasa nyeri, tidak nyaman, memar, atau bahkan bengkak. Ada juga kemungkinan risiko yang muncul di kemudian hari seperti hidrokel dan granuloma, yakni kondisi karena sperma yang bocor. Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir sebab risiko-risiko tersebut umumnya jarang terjadi, dan tindakan vasektomi pun relatif aman.

[Update: Almas]

[1] Fox, C., dkk. 2010. Bersahabat dengan Diabetes Tipe 2 (Ed. Suranto). Depok: Penebar Plus+.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *