Biaya, Jurusan, Syarat, dan Alur Pendaftaran Ujian Paket C di Indonesia

Dunia saat ini sudah semakin maju, banyak orang berbondong-bondong untuk mengejar ketertinggalannya dalam dunia demi mendapatkan sebuah pekerjaan yang lebih baik. Selain harus mengantongi ijazah SD dan SMP, saat ini kebanyakan pekerjaan sudah menaikkan tarafnya yang mengharuskan para karyawan memiliki ijazah minimal dari jenjang SMA. Sayangnya, banyak juga orang yang belum mengantongi ijazah SMA. Untuk itu, ada sebuah cara agar Anda bisa mengejar ketertinggalan tersebut, yaitu dengan menjalani ujian paket C dengan biaya mulai ratusan ribu rupiah.

Ujian Kejar Paket C (sumber: tangerangekspres.co.id)

Ujian Kejar Paket C (sumber: tangerangekspres.co.id)

pada Ujian Paket C

Paket C sendiri merupakan salah satu jalan alternatif bagi Anda yang tidak ingin atau mampu menempuh pendidikan SMA secara formal. Ijazah paket C ini setara dengan ijazah SMA dan memiliki fungsi yang sama. Paket C sendiri juga biasanya ditempuh oleh orang-orang yang ingin mengejar pendidikan tetapi usianya melebihi batas sebagai persyaratan untuk sekolah formal. Pendidikan dan ujian paket C pelaksanaannya mirip dengan pendidikan dan ujian pada jenjang SMA formal.

Pendidikan paket C untuk saat ini juga telah mengalami kemajuan pesat, karena Anda bisa memilih jurusan yang Anda inginkan. Ada 2 jurusan yang pada pendidikan jenjang paket C, yaitu IPA dan IPS. Sementara, untuk jurusan , jumlahnya sedikit, hanya beberapa lembaga khusus saja yang mengadakannya. Sebelum memilih jurusan pada paket C, Anda bisa melihat potensi diri Anda dan keinginan Anda terlebih dahulu.

Sama halnya dengan sekolah SMA, akan sangat fatal apabila Anda salah jurusan. Pastikan Anda juga telah memahami sedikit tentang jurusan yang Anda pilih. Jika Anda lebih suka mengenai angka, logika, dan rumus, maka Akan lebih baik jika Anda memilih jurusan IPA. Lihat juga potensi Anda, jika Anda cukup mampu menempuh pembelajaran dengan rumus, logika, dan angka, maka Anda memang cocok di jurusan IPA.

Ada kalanya seseorang tidak bisa hebat dalam segala hal, dan jika Anda tidak begitu pintar dalam menghitung, tapi mudah mengerti dan menghapal sebuah teori, maka Anda bisa mencoba jurusan IPS. Di jurusan IPS, juga akan diajarkan sedikit tentang ilmu sosiologi dan psikologi, sehingga Anda bisa mengembangkan buah pemikiran Anda dengan lebih baik terhadap sosial dan kondisi mental seseorang.

Setelah Anda tahu betul akan memilih jurusan apa, langkah selanjutnya yaitu menyiapkan berbagai macam syarat untuk mengikuti ujian paket C. Sangat penting untuk mempersiapkan berbagai macam persyaratan sebelum Anda mendaftarkan diri. Persyaratan ini dimaksudkan sebagai salah satu bukti bahwa Anda akan mengikuti ujian beserta pendidikan kejar paket C. Persyaratan berupa , seperti foto, akte kelahiran, KTP, dan lainnya akan menjadi kelengkapan ketika Anda lulus ujian paket C. Berikut merupakan persyaratan pendaftaran ujian paket C.

Syarat Pendaftaran Ujian Paket C

Peserta Ujian Paket C (sumber: jatimnet.com)

Peserta Ujian Paket C (sumber: jatimnet.com)

  • Fotokopi ijazah SMP legalisir 5 lembar.
  • Fotokopi Akte Kelahiran.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Fotokopi KTP.
  • Foto terbaru 3 x 4 dengan background merah berkemeja putih sebanyak 10 lembar.
  • Peserta tidak dibatasi usia.
  • WNI/WNA diperbolehkan.

Itulah persyaratan dari pendaftaran ujian paket C. Setelah Anda melengkapi dokumen di atas, Anda bisa langsung melakukan pendaftaran dengan alur sebagai berikut.

Alur Pendaftaran Ujian Paket C

  • Mengunduh pendaftaran pada situs PKBM atau lembaga lain yang menyelenggarakan ujian kejar paket C.
  • Mengisi formulir pendaftaran dengan mencantumkan isian dengan benar tanpa ada coretan.
  • Formulir yang telah diisi harus di-scan terlebih dahulu.
  • Setelah itu, Anda bisa mengirim formulir beserta persyaratan melalui e-mail atau menguploadnya pada situs PKBM maupun lembaga lain yang menyelenggarakan ujian kejar paket C.
  • Dapatkan verifikasi dari pengiriman berkas Anda dan jangan lupa untuk datang tepat waktu ketika ujian dimulai.
  • Apabila Anda bingung dengan pengumpulan berkas secara online, Anda juga bisa melakukannya secara langsung dengan mengunjungi tempat penyelenggara ujian atau mengirimnya menggunakan pos.
  • Pastikan Anda mendapatkan petunjuk berikutnya setelah pengiriman berkas, biasanya Anda akan dimintai keterangan seputar pendidikan kejar paket C yang akan Anda lalui dan seputar ujian kejar paket C.

Sebelum Anda menjalani ujian dan melakukan langkah di atas, sebaiknya Anda juga sudah menyediakan biaya pendidikan beserta biaya ujian. Beberapa orang mungkin akan memilih menempuh ujiannya saja, namun akan lebih baik jika Anda juga menempuh pendidikannya. Berikut ini merupakan daftar biaya pendidikan beserta biaya ujian paket C di Indonesia.

Ujian Kejar Paket C (sumber: intanschools.org)

Ujian Kejar Paket C (sumber: intanschools.org)

Biaya Pendidikan dan Ujian Paket C

Rincian PendidikanBiaya
PendaftaranRp200 ribu
Evaluasi Pembelajaran dan Ujian Paket CRp500 ribu
Modul/ Pelajaran Paket CRp600 ribu
Kegiatan Pembinaan/ Belajar MengajarRp2,2 juta

Itulah kisaran biaya ujian paket C di Indonesia. Total dari semua biaya di atas, yaitu Rp3,5 juta. Pembayaran dapat dilakukan secara cash atau transfer ke rekening lembaga yang menyediakan ujian paket C. Kisaran tersebut diambil dari lembaga sekolah kejar paket yang ada di Jakarta. Untuk meringankan peserta didik, pembayaran dapat dilakukan dengan dicicil sebanyak 10 kali dengan Rp350 ribu.

Harga dari pendidikan paket C dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan penyelenggara masing-masing. Untuk waktu pendidikan paket C, fleksibel, dan biasanya tergantung dari peserta didik itu sendiri. Terkadang Anda juga bisa memilih pengajar sesuai keinginan Anda.

Baca juga  Update Info Biaya & Syarat Pendaftaran SMA Kolese De Britto Yogyakarta
loading...
author

Leave a reply "Biaya, Jurusan, Syarat, dan Alur Pendaftaran Ujian Paket C di Indonesia"