Info Cara &Biaya Transfer BRI ke Bank Lain

Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah sejak tahun 1895 silam. Sampai saat ini, BRI memiliki beragam produk tabungan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Dengan memiliki tabungan di BRI, Anda dapat melakukan berbagai transaksi, termasuk transfer ke bank lain dengan biaya yang bersaing.

Jenis Layanan Transfer Uang di Bank

Ilustrasi: Transaksi Menggunakan Uang Tunai (credit: origami-book)
Ilustrasi: Transaksi Menggunakan Uang Tunai (credit: origami-book)

Kliring atau Lalu Lintas Giro (LLG)

LLG akan berguna apabila Anda melakukan transfer antar bank, baik dilakukan melalui mobile, internet banking, serta teller bank. LLG sendiri adalah suatu mekanisme dalam pembayaran yang mewajibkan sebuah bank untuk melakukan proses kliring (clearing) terlebih dahulu.

Bacaan Lainnya

Real Time Gross Settlement (RTGS)

Saat memilih RTGS, uang yang ditransfer bisa langsung dikirimkan pada rekening tujuan. Namun, meski namanya RTGS, uang tidak akan sampai saat itu juga. Transfer ini memerlukan proses pengecekan yang bisa memakan waktu 3 sampai 4 jam. Jika beruntung, uang Anda bisa sampai ke rekening tujuan dengan waktu yang lebih cepat.

Contohnya adalah Anda mentransfer uang pada pukul 15.00 atau jam tutup bank. Jadi, uang transfer RTGS akan sampai pada keesokan harinya. Ada kondisi lain, seperti saat Anda transfer pada akhir bulan seperti tanggal 30 atau 31. Uang yang Anda kirim bisa sampai ke rekening tujuan selang 1 hari kerja. Hal ini bisa dipengaruhi oleh adalah tutup buku bank yang dilakukan setiap bulannya.

Ketika Anda akan melakukan transaksi dengan nilai yang besar, RTGS bisa menjadi pilihan. Misalnya, saat Anda harus mengirim uang sebesar Rp100 juta, disarankan memakai RTGS saja. Dengan memakai jenis transaksi ini, Anda tidak perlu repot-repot melakukan tarik tunai untuk transfer uang ke rekening lain. Namun, dibanding dengan LLG, biaya transfer RTGS sedikit lebih mahal, yaitu sekitar Rp30 ribu untuk tiap kali transaksi.

Real Time Online (RTO)

Saat Anda harus mengirim uang dalam waktu yang cepat, Real Time Online (RTO) ini bisa menjadi pilihan. Dari ketiga jenis transfer yang ada, RTO yang membutuhkan waktu paling sedikit untuk mengirim dana yang ditransfer. Dengan demikian, dana yang Anda kirim akan sampai saat itu juga.

Prosesnya pun cukup mudah, bisa dilakukan melalui mobile banking, internet banking, ataupun melalui mesin ATM. Anda juga akan dikenakan dengan biaya transfer yang lebih terjangkau, yaitu sebesar Rp4.500 hingga Rp7.500 sesuai dengan kebijakan masing-masing bank. Meski demikian, transaksi maksimal untuk transfer biasanya akan dibatasi tiap harinya.

Jenis transaksi ini bisa digunakan untuk transaksi ke rekening bank yang tergabung pada jaringan ATM Bersama, seperti BNI, BRI, Mandiri, Permata Bank, CIMB Niaga, dan lainnya. Bisa juga pada ATM Prima dan Cirrus. Transfer dapat dilakukan baik ke sesama bank (bank asal dan tujuan sama), maupun antar bank (bank asal dengan tujuan berbeda). Untuk transfer sesama bank, biasanya tidak dikenakan biaya atau gratis.

Ilustrasi: Transfer Uang Melalui ATM BRI (credit: Tempo)

Biaya Transfer BRI ke Bank Lain

Keterangan Biaya
Transfer via ATM Artajasa Rp6.500
Transfer via ATM Prima Rp6.500
Transfer via ATM Link (Kartu Non Himbara) Rp6.500
Transfer via ATM Link (Kartu Himbara) Rp4.000
Transfer via Mobile Banking Rp6.500
Transfer Kliring (nasabah & non nasabah) Rp5.000
Transfer via RTGS (nasabah) Rp30.000
Transfer via RTGS (non nasabah) Rp35.000

Informasi biaya transfer BRI ke bank lain di atas dirangkum langsung dari situs resmi BRI. Namun, perlu Anda ketahui bahwa biaya transfer BRI dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Cara Transfer Dari BRI ke Bank Lain via ATM

  1. Pertama, Anda masukkan terlebih dahulu kartu ATM ke dalam mesin. Setelah itu, akan tampak menu-menu yang ada di layar yaitu nominal yang ingin Anda tarik tunai, dan ada pilihan ‘Transaksi Lain’ di bagian pojok kanan bawah. Tekan pilihan menu tersebut.
  2. Setelah itu, di layar akan tampil pilihan menu transaksi. Di baris kedua sebelah kiri, Anda akan menemukan pilihan ‘Transfer’, pilih menu tersebut.
  3. Anda akan menemui tampilan menu selanjutnya pada layar yang mengharuskan Anda memasukkan kode bank dan nomor rekening tujuan. Apabila Anda sudah mengetahui kode bank, silakan masukkan kode bank diikuti dengan nomor rekening bank tujuan. Tetapi, apabila Anda belum mengetahui kode bank tujuan, silakan tekan ‘Daftar Kode Bank’.
  4. Di layar akan tertera berbagai macam kode bank tujuan transfer. Pilih bank yang hendak Anda tuju.
  5. Setelah itu, Anda akan kembali pada menu layar tertera ‘Masukkan Kode Bank dan Nomor Rekening Tujuan’, lalu masukkan perintah sesuai yang tertera di layar. Kode bank harus berada di depan sebelum nomor rekening tujuan, misalnya 00812345678910. Setelah selesai dan dinyatakan benar, tekan ‘Benar’.
  6. Berikutnya, Anda dapat mengisi jumlah (nominal) yang akan ditransfer. Lalu tekan ‘Benar’.
  7. Langkah berikutnya, pada layar, Anda akan mendapati tampilan layar berupa Data Tujuan Transfer, yang berisi Bank (tujuan), Nomor Rek (tujuan), Nama (penerima), Nomor Ref, dan Jumlah (nominal transfer). Perhatikan dengan benar, apakah semua data yang telah Anda masukkan sudah benar atau belum. Apabila sudah benar, maka tekan ‘Ya’.

Transaksi sudah berhasil dilakukan, dan kertas bukti transfer dapat Anda simpan, dan tunjukkan kepada penerima. Apabila Anda akan melanjutkan transaksi, maka dapat menekan ‘Ya’ pada layar, atau jika tidak ada lagi transaksi yang akan Anda lakukan, tekan ‘Tidak’, maka Anda dapat mengambil kartu ATM kembali.

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lengkap seputar biaya dan produk-produk tabungan BRI, Anda dapat langsung datang ke kantor cabang BRI terdekat atau menghubungi pihak customer service BRI di nomor telepon 14017 / 1500017.

Pos terkait