Info Biaya Tes Kesuburan Wanita di Berbagai Klinik & Rumah Sakit

Kesuburan merupakan ukuran seorang pria dan wanita untuk bisa memiliki anak. Sebagai alat ukur, tingkat kesuburan merupakan banyak anak yang lahir per pasangan, orang, maupun populasi.Usia kesuburan wanita berkisar sela 13-50 tahun. Pria sudah semenjak pubertas dan tidak akan pernah selesai sampai masa tua. Kesuburan manusia bergantung pada faktor gizi, perilaku seksual, hukum budaya, naluri, endokrinologi, waktu, ekonomi, gaya hidup, dan emosi.[1] Tes kesuburan biasanya dapat dilakukan di klinik atau rumah sakit dengan biaya mencapai jutaan rupiah.

Ilustrasi: tes kesuburan wanita di klinik/rumah sakit (sumber: firstcry)
Ilustrasi: tes kesuburan wanita di klinik/rumah sakit (sumber: firstcry)

Kesuburan adalah kemampuan suatu pasangan mendapatkan kehamilan. Tingkat kesuburan seseorang paling sering dipertimbangkan saat pasangan memiliki kesulitan atau ketidakmampuan untuk bereproduksi secara alami, atau disebut juga ketidaksuburan. Disebutkan jika sekitar 11% pasangan mengalami kemandulan setelah satu tahun melakukan hubungan seksual tanpa penggunaan alat kontrasepsi.[2]

Bacaan Lainnya

Pemeriksaan Kesuburan pada Wanita

Langkah pertama mengetahui ada tidaknya kemandulan pada wanita adalah dilakukan tes untuk mengetahui terjadi atau tidaknya ovulasi tiap bulan. Ada beberapa cara untuk melakukan tes ini, di antaranya pasien disuruh mencatat terjadinya ovulasi di rumah dengan cara mengukur suhu basal tubuh ketika bangun tidur pada pagi hari selama beberapa bulan.

Baca juga  Info Manfaat, Komposisi, dan Harga Zambuk di Apotek Terbaru

Pasien juga bisa mencatat kondisi dan gambaran lendir rahim (serviks) dalam beberapa bulan serta mencatat gambaran siklus menstruasi yang terjadi. Semua informasi yang dicatat oleh pasien tersebut akan dianalisis oleh dokter sehingga bisa diketahui ada atau tidaknya masalah pada ovulasi.[3]

Dokter juga dapat melakukan tes darah dan USG ovarium mengetahui terjadinya ovulasi pada seorang wanita. Jika ternyata ovulasi berlangsung dengan normal maka diperlukan tes lanjutan. Beberapa tes kesuburan lanjutan pada wanita sebagai berikut.

Tes Kesuburan Lanjutan pada Wanita

  • Histerosalpingografi (HSG): pemeriksaan ini menggunakan rontgen melihat fungsi saluran tuba. Tes dimulai dengan memasukkan cairan ke dalam melalui vagina. Cairan ini harus tampak pada foto rontgen. Dokter akan melihat apakah cairan ini bergerak normal dari dalam rahim menuju tuba fallopii. Jika terdapat sumbatan, maka pergerakan cairan akan terhenti pada sumbatan tersebut. Sumbatan inilah yang akan menghalangi pergerakan sel telur di dalam tuba fallopii menuju rahim. Sumbatan juga akan menghalangi sperma yang akan membuahi sel telur.
  • Laparoskopi: pemeriksaan menggunakan alat yang disebut laparoskop guna melihat keadaan bagian dalam rongga perut. Dokter akan membuat irisan kecil di kulit perut, lalu memasukkan alat laparoskop. Dengan menggunakan laparoskop, dokter dapat melihat kondisi ovarium, tuba fallopii, dan rahim. Apakah terjadi masalah fisik yang disebabkan oleh suatu penyakit atau tidak. Dokter juga dapat menemukan terjadinya endometriosis dengan alat ini.[4]
Baca juga  Update Harga Maltofer Tablet dan Maltofer Sirup di Apotek

Agar dapat memperoleh gambaran yang jelas, berikut kisaran biaya tes kesuburan pada wanita di berbagai rumah sakit.

Biaya Tes Kesuburan Wanita

Ilustrasi: tes kesuburan wanita di klinik/rumah sakit (sumber: motherandbaby.co.uk)
Ilustrasi: tes kesuburan wanita di klinik/rumah sakit (sumber: motherandbaby.co.uk)
Jenis Pemeriksaan Nama Rumah Sakit Biaya Mulai dari (Rp)
Histeroskopi Mayapada Hospital Jakarta Selatan 15.720.000
Mitra Keluarga Kemayoran 5.425.000
Pusat Fertilitas Bocah Indonesia, Tangerang 3.000.000
RSIA Bunda Jakarta 2.024.000
RS HerminaArcamanik, Bandung 2.217.000
Histerosalpingografi (HSG) Klinik Teratai Gading Pluit 1.700.000
Siloam Hospitals Bogor 2.000.000
RS Tebet 752.000
RS Citra Medika Depok 650.000
RS EMC Sentul 1.850.000
USG Transvaginal Eka Hospital Bekasi 500.000
RS Brawijaya Saharjo 218.000
RS Tebet 405.000
RS Premier Jatinegara 750.000
Siloam Hospitals Bogor 312.000
Laparoskopi Columbia Asia Hospital 8.224.685
Rumah Sakit Umum YARSI 18.500.000
SamMarie Wijaya 25.000.000
Siloam Hospitals Asri Mampang 31.620.000
Pemeriksaan Kesuburan Siloam Hospitals Bogor 3.000.000
Klinik Teratai Gading Pluit 1.500.000
Pusat Fertilitas Bocah Indonesia 8.044.000
Mitra Keluarga Bekasi Barat 2.104.000

Informasi biaya tes kesuburan wanita yang tertera pada tabel di atas dirangkum dari berbagai sumber, termasuk Alodokter. Perlu diketahui bahwa biaya tes kesuburan wanita dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, biaya pemeriksaan kesuburan yang berlaku di setiap klinik atau rumah sakit kemungkinan bisa berbeda-beda. mengetahui informasi lebih jelas seputar biaya pemeriksaan kesuburan, Anda bisa langsung datang atau menghubungi pihak fasilitas kesehatan yang bersangkutan.

Baca juga  Update Harga Kotak Hantaran (Seserahan) untuk Pernikahan

[1]Ulya, N dkk. 2021. Ajar Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui. M Nasrudin, editor. Pekalongan: Penerbit NEM, hlm 260.

[2]Ibid., hlm 261.

[3]Gunawan, S. 2010. Mau Anak Laki-Laki Atau Perempuan Bisa Diatur. Yunita I, editor. Jakarta: Agromedia Pustaka, hlm 74.

[4]Ibid., hlm 75.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.