Update Kisaran Biaya Tes HSG di Rumah Sakit dan Klinik Kesehatan

tentunya menjadi idaman bagi setiap perempuan yang sudah memiliki pasangan dan menikah. Namun, ada beberapa hal yang dapat membuat seorang perempuan harus mengurungkan niat untuk bisa . Salah satunya jika saluran telur tersumbat yang membuat sel telur tersebut tidak akan pernah bisa bertemu dengan sel sperma.

Tes Histerosalpingografi - anekatop10.com

Tes Histerosalpingografi - anekatop10.com

Jika Anda, para perempuan, mengalami hal ini, maka Anda disarankan untuk segera melakukan tes atau pemeriksaan Histerosalpingografi atau biasa disingkat dengan HSG. Pemeriksaan HSG atau uterosalpingografi adalah pemeriksaan tuba falopi dengan sinar X yang dibantu dengan cairan kontras yang dimasukkan ke rongga rahim dan saluran telur (tuba falopi).

Ada dua komponen utama yang digunakan dalam pemeriksaan HSG, yaitu cairan atau zat kontras dan kamera rontgen. Zat kontras adalah cair yang akan dimasukkan ke dalam rahim dan tuba perempuan dengan tujuan agar bentuk, besar, struktur, serta kelainan pada rahim dan tuba dapat diperlihatkan dalam foto rontgen. zat kontras yang biasa digunakan untuk pemeriksaan tuba dan rahim adalah Urografin 60 persen, yang telah digunakan bertahun-tahun dalam dunia medis serta telah dibuktikan keamanannya.

Pemeriksaan HSG bertujuan mendiagnosis ada tidaknya sumbatan dan lokasinya pada salah satu atau kedua saluran telur yang dapat menghambat bertemunya sel sperma dan sel telur. Tes ini juga untuk melihat bentuk dan struktur rahim perempuan, dan mendeteksi ketidaknormalan pada rahim, misalnya kelainan bentuk rahim, polip, mioma, atau jaringan parut yang dapat menyebabkan infertilitas atau keguguran berulang.

Pemeriksaan HSG biasanya dilakukan pada hari kesembilan hingga kedua belas setelah hari pertama menstruasi, dikarenakan rentang waktu tersebut belum terjadi pembuahan atau dilepaskannya sel telur dari indung telur, selain juga biasanya haid telah selesai pada hari kesembilan. Namun, untuk melalukan tes HSG, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan, di antaranya:

  • Perempuan tidak boleh melakukan hubungan intim minimal 2 hari sebelum melakukan tes.
  • Pemeriksaan HSG tidak boleh dilakukan ketika seorang perempuan sedang menstruasi, karena pembuluh sedang dalam keadaan terbuka sehingga dikhawatirkan menyebabkan penyumbatan di pembuluh .
  • HSG juga sebaiknya tidak dilakukan ketika seorang perempuan mengalami infeksi di saluran reproduksi atau di daerah panggul (pelvis) yang kronis, seksual menular, serta bila perempuan itu menjalani operasi rahim atau operasi saluran telur.

Pemeriksaan HSG bisa dilakukan di rumah sakit, klinik , atau rumah sakit khusus ibu dan . Biaya melakukan pemeriksaan ini bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing rumah sakit yang bersangkutan. Menurut penuturan salah seorang pasien, biaya tes HS di Rumah Sakit Sari Asih sebesar Rp600.000, belum termasuk biaya obat-obatan sekitar Rp300 ribuan. Sementara, biaya tes HSG di RS Hermina Tangerang bisa mencapai Rp1,2 jutaan, dan biaya tes HSG di Laboratorium Klinik Pramita diklaim mencapai Rp1.960.000.

Karena sistemnya adalah memasukkan keteter atau cairan ke dalam rongga rahim dan sel telur, maka perempuan yang melakukan tes HSG ini mungkin bakal merasa tidak nyaman. Nyeri perut juga bisa terjadi usai pemeriksaan, namun tidak dalam waktu yang lama. Untuk kasus tertentu, akan terjadi bercak darah pada vagina selama beberapa hari, juga kemungkinan alergi terhadap bahan cairan yang dimasukkan.

(Panca)

Baca juga  Review & Harga Sunblock Emina
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Update Kisaran Biaya Tes HSG di Rumah Sakit dan Klinik Kesehatan"