Biaya Terapi Akupuntur Terbaru (Konvensional, Tanpa Jarum, Tanam Benang)

Selain pengobatan dengan teknologi kedokteran, pengobatan alternatif dengan teknik akupuntur saat ini juga makin digemari oleh masyarakat Indonesia. Metode tusuk jarum ini merupakan salah satu teknik pengobatan kuno yang berasal dari China dan saat ini sudah digunakan secara luas di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Biaya terapi akupuntur sendiri dipatok variatif, tergantung lokasi dan tujuan.

Ilustrasi: Biaya Terapi Akupuntur (credit: volusonclub.net)
Ilustrasi: Biaya Terapi Akupuntur (credit: volusonclub.net)

Apa Itu Akupuntur?

Akupunktur adalah pengobatan tradisional dari Cgina yang berarti tusuk jarum. Dasar teori pengobatan akupunktur adalah pola aliran energi (Qi) yang melalui meridian tubuh. Akupunktur dapat menjadi pengobatan penyakit yang diakibatkan gangguan pada aliran energi (Qi) dengan memulihkan kembali pola aliran energi (Qi).

Bacaan Lainnya

Pengertian kata dari akupunktur adalah menusuk dengan jarum. Dengan kata lain, akupunktur merupakan teknik penusukan jarum berdasarkan ilmu pengobatan Timur dan ilmu kedokteran Barat yang sesuai dengan prinsip pemijatan dengan titik utama dua di leher, tiga di perut, dan dua di tungkai bawah. Akupunktur digunakan secara luas sebagai tusuk jarum tradisional, moxibustion (pemanasan dari moxa atau dekat kulit sebagai counter iritan), elektro akupunktur, foto atau laser akupunktur, mikro sistem akupunktur seperti pada telinga, muka, tangan, scalp akupunktur, dan akupressur (aplikasi penekanan pada titik akupunktur).[1]

Akupuntur secara luas telah dipergunakan untuk menginduksi analgesik. Terdapat 2 (dua) teknik dalam terapi akupunktur, yaitu akupunktur manual dan elektro-akupunktur. Elektro-akupunktur adalah bentuk modifikasi akupunktur manual tradisional. Keuntungan elektro-akupunktur, yaitu memiliki efek terapi gabungan stimulasi saraf listrik transkutan (TENS) dan akupunktur manual. Kebanyakan penelitian menggunakan elektro-akupuntur karena frekuensi, tegangan, serta bentuk dan panjang gelombang dapat distandardisasi. Akupunktur dapat digunakan sebagai terapi nyeri, alergi, inflamasi, gangguan metabolik, dan pasca-stroke.[2]

Meski cukup digemari, beberapa orang masih ragu untuk mencoba akupuntur karena pengobatan ini terlihat begitu mengerikan dengan adanya jarum-jarum yang ditancapkan ke tubuh, bahkan wajah manusia. Padahal jarum yang digunakan bukan jarum sembarangan, melainkan jarum steril yang sangat tipis dan fleksibel. Saat ditusuk jarum akupuntur, Anda hanya akan merasa sedikit nyeri, tetapi tak akan sesakit seperti ditusuk jarum suntik.

Ilustrasi Terapi Akupuntur (sumber: centrekine.com)

Akupuntur diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seseorang, mulai dari pengobatan masalah pencernaan, menstruasi, nyeri punggung, sakit leher, hingga penyakit yang parah seperti kanker atau ginjal. Beberapa orang bahkan memanfaatkan akupuntur sebagai salah satu metode untuk menurunkan atau melangsingkan badan.

Ada pula yang lebih memilih teknik akupuntur untuk mempercantik wajah dengan metode akupuntur tanam benang. Kini juga berkembang teknik akupuntur tanpa jarum, seperti menggunakan alat yang memancarkan sinar laser, kemudian ditempelkan ke bagian tubuh tertentu. Akupuntur tanpa jarum kerap digunakan untuk menghancurkan lemak di tubuh, terutama bagi mereka yang takut dengan jarum.

Biaya pengobatan dengan metode akupuntur rata-rata relatif terjangkau. Namun, biasanya Anda akan diminta menjalani terapi akupuntur hingga beberapa kali, tergantung dari tingkat keparahan penyakit yang Anda derita. Meski demikian, ada pula terapi akupuntur yang mencapai ratusan ribu rupiah sekali pertemuan. Akupuntur dengan biaya ratusan ribu rupiah biasanya berlaku untuk keperluan program hamil, kesuburan, kecantikan, atau program pelangsingan badan. Berikut ini info kisaran biaya terapi akupuntur di Indonesia.

Terapi Akupuntur – www.isla-laser.org

Biaya Akupuntur

Tempat Akupuntur Biaya Akupuntur
RSU Kota Banjar Jawa Barat Akupuntur Tubuh : Rp80.000
Akupuntur Manual : Rp80.000
Acupressure : Rp80.000
Mikroakupuntur : Rp80.000
Elektroakupuntur : Rp80.000
Tanam Jarum Intradermal : Rp80.000
Akupuntur Analgesia : Rp800.000
Akupuntur Obesitas : Rp160.000
Akupuntur Estetika : Rp160.000
Akupuntur Tanam Benang : Rp325.000
Farmakopuntur : Rp325.000
Laser Akupuntur : Rp650.000
Ultrasound Akupuntur : Rp650.000
Rumah Terapi Harmonika Akupuntur Boyolali Acupressure : Rp30.000
Akupuntur Kesehatan : Rp35.000
Akupuntur Kecantikan : Rp40.000
Akupuntur Pelangsingan : Rp70.000
Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat Makassar Acupressure : Rp50.000 – Rp70.000
Akupuntur Jarum 1 – 20 buah : Rp50.000
Akupuntur Jarum 21 – 40 buah : Rp60.000
Akupuntur Jarum > 40 buah : Rp75.000
Rumah Sehat Herbal Insani Akupuntur : Rp130.000
Akupuntur Pelangsingan : Rp130.000
Akupuntur Kecantikan : Rp115.000
Akupuntur + Pijat Saraf : Rp160.000
Akupuntur + Bekam : Rp150.000
Akupuntur + Totok Wajah : Rp140.000
RS Medika Permata Hijau Paket Akupuntur : Rp1.980.000

Informasi biaya terapi akupuntur di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk klinik yang bersangkutan. Perlu Anda catat bahwa tarif akupuntur tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, biaya akupuntur mulai Rp60 ribu, sedangkan tarif akupuntur tanam benang dipatok di kisaran Rp75 ribu sampai Rp300 ribuan.

(Update: Panca)

[1]  Oktaria, D. & Sabrina F. 2017. Efektivitas Akupunktur untuk Rehabilitasi Stroke. Jurnal Kedokteran UNILA, Vol. 6(2): 64-71

[2] Kurniawan, A. & Asep S. I. 2017. Akupunktur pada Pasien dengan Obat Pascatindakan Anestesi Spinal. Jurnal Anestesi Perioperatif, Vol. 5(3): 198-202.

Pos terkait