Update Terkini Biaya Tarik Tunai Kartu Kredit Bank Mandiri

Kartu kredit adalah fasilitas kredit yang diberikan kepada nasabah dalam bentuk kartu oleh penerbit kartu kredit di bawah lisensi VISA, MasterCard, dan JCB dengan jangka waktu pembayaran hingga tanggal jatuh tempo setiap bulannya. Salah satunya adalah kartu kredit Mandiri.

Pemegang kartu kredit Mandiri adalah nasabah yang telah mendapatkan persetujuan fasilitas kredit dalam bentuk kartu, yang nama dan data-datanya tercantum serta tercatat di dalam fisik kartu. Pemegang kartu kredit adalah satu-satunya orang yang berhak menggunakan kartu tersebut untuk bertransaksi di tempat usaha (merchant) yang menerima pembayaran menggunakan kartu berlogo VISA, MasterCard, atau JCB, ATM berlogo VISA/PLUS atau MasterCard/Maestro/Cirrus, atau JCB, dan seluruh cabang Bank Mandiri.

Ilustrasi: Pembayaran Menggunakan Kartu Kredit (credit: incharge.org)

Ilustrasi: Pembayaran Menggunakan Kartu Kredit (credit: incharge.org)

Bank Mandiri akan mengirimkan kartu kredit baru maupun perpanjangan ke alamat yang tercatat dalam sistem bank dan diserahkan langsung kepada pemegang kartu kredit. Namun, apabila pemegang kartu kredit tidak dapat ditemui langsung, maka bank diperkenankan untuk menyerahkan kartu kredit tersebut kepada pihak lain di alamat yang tercatat di sistem bank dengan menunjukkan identitas penerima dan menandatangani bukti tanda terima sesuai identitas. Untuk cara pembayaran, Anda bisa melakukannya melalui berbagai fasilitas pembayaran yang ada.

Fasilitas Pembayaran Kartu Kredit Bank Mandiri

  • Mandiri ATM. Anda bisa memanfaatkan kemudahan pembayaran real time online di mesin Mandiri ATM terdekat atas rekening tabungan atau giro Mandiri, melalui menu: Pembayaran-Kartu Kredit-Bank Mandiri-16 digit nomor kartu kredit Anda.
  • Mandiri Online. Anda bisa memanfaatkan kemudahan pembayaran melalui aplikasi Mandiri Online yang dapat diakses melalui menu: Pembayaran-Buat Pembayaran Baru-Kartu Kredit-Masukkan nomor kartu kredit (16 digit nomor kartu kredit Anda)-Masukkan jumlah pembayaran-Masukkan MPIN.
  • Mandiri SMS. Anda bisa memanfaatkan layanan ini untuk melakukan pembayaran, dengan cara ketik SMS ke 355, mengikuti format BYR KK(kode rekening sendiri)-16 digit nomor kartu kredit Anda-nominal pembayaran.
  • Mandiri Call. Pembayaran dapat dilakukan melalui IVR (Interactive Voice Response) dari Mandiri Call 14000 (24 jam).
  • Direct Debit Instruction. Pembayaran melalui Direct Debit Instruction (DDI) dari rekening tabungan/giro mandiri memudahkan Anda melakukan pembayaran kartu kredit secara otomatis 5 hari sebelum tanggal jatuh tempo.

Pastikan dana di rekening tabungan/giro mandiri Anda mencukupi sebelum pendebitan otomatis dilakukan oleh sistem. Jika Anda tidak memiliki tabungan/giro di Bank Mandiri, pembayaran tagihan dapat dilakukan dengan cara berikut.

Kartu Kredit Bank Mandiri - danapinjamanuang.com

Kartu Kredit Bank Mandiri - danapinjamanuang.com

Pembayaran Tagihan Kartu Kredit Tanpa Tabungan/Giro Bank Mandiri

  • Pembayaran tunai. Pembayaran tunai dapat dilakukan melalui seluruh Cabang Bank Mandiri terdekat dengan biaya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Pembayaran dari bank lain (tunai/non tunai). Melalui cara ini, Anda harus mencantumkan nama yang tercantum pada kartu kredit, 16 digit nomor kartu kredit Anda, dan nominal pembayaran.
  • Pembayaran menggunakan Cek/Giro. Kemudahan pembayaran dengan menggunakan cek/giro cukup mencantumkan nama yang tercantum pada kartu kredit Anda, 16 digit nomor kartu kredit Anda, dan nominal pembayaran.

Pengguna kartu kredit Mandiri, akan dikenakan bunga atas transaksi pembelanjaan dan tarik tunai yang telah jatuh tempo terhitung mulai tanggal transaksi hingga tanggal cetak tagihan. Bunga tersebut akan muncul dalam tagihan bulan berikutnya sesuai ketentuan yang berlaku.

Biaya Tarik Tunai Kartu Kredit Bank Mandiri

Besarnya (nominal) biaya tarik tunai kartu kredit Bank Mandiri, adalah 6% dari transaksi atau Rp100.000, atau mana yang lebih besar. Biaya ini berlaku sama untuk kartu Mandiri Gold, Everyday Card, dan . Sampai dengan tahun 2021 ini biaya tarik tunai kartu kredit Bank Mandiri masih belum berubah sejak tahun 2019 dan 2020 lalu. Misalnya untuk nominal minimal Rp500.000, biasanya dikenakan biaya sebesar Rp100 ribu dari total dana yang ditarik. Persentase itu akan menyesuaikan besarnya dengan nominal dana yang ditarik tunai. 

Sebagai , jika Anda melakukan penarikan sebesar Rp500.000, mungkin Anda berpikir bahwa biaya tarik tunai sebesar Rp30.000 atau 6 persen dari Rp500.000. Namun, ternyata biaya tarik tunai yang dibebankan kepada Anda adalah Rp100.000 atau mengikuti nominal biaya yang lebih besar. Pada lembar tagihan kartu kredit Anda akan tertera tagihan sebesar Rp500.000 + Rp100.000 = Rp600.000. Pada prinsipnya, biaya tarik tunai tidak akan lebih kecil daripada Rp100.000 dan maksimal sebesar 6 persen.

Ilustrasi: Transaksi di ATM Mandiri (credit: Bisnis)

Ilustrasi: Transaksi di ATM Mandiri (credit: Bisnis)

Jika Anda melakukan penarikan tunai sebesar Rp2.000.000, maka perhitungan biaya tarik tunai yaitu sebesar 6 persen, karena hasilnya lebih besar daripada Rp100.000. Nominal yang tertera di tagihan Anda yaitu biaya tarik tunai: Rp2.000.000 x 6% = Rp120.000, maka total utang/tagihan sebesar Rp2.000.000 + Rp120.000 = Rp2.120.000. Besarnya biaya tarik tunai kartu kredit Bank Mandiri ini menjadikan pemegang kartu kredit biasanya melakukan penarikan tunai dengan nilai yang cukup untuk mencapai biaya tarik tunai di atas Rp100.000.

Limit Tarik Tunai Kartu Kredit Mandiri di ATM

Untuk mandiri kartu kredit, semua jenis kartu kreditnya telah menggunakan chip, sehingga batas maksimum nilai nominal untuk transaksi tunai melalui mesin ATM adalah Rp15.000.000 (lima belas juta juta rupiah) per rekening per hari, sepanjang available limit mandiri kartu kredit nasabah mencukupi. Bunga untuk penarikan tunai akan dikenakan sejak tanggal pembukuan transaksi penarikan tunai dengan suku bunga seperti tercantum pada lembar tagihan.

Dalam bertransaksi menggunakan kartu kredit, disarankan Anda berhati-hati supaya tetap aman menggunakannya. Salah satunya adalah menjaga kerahasiaan PIN Anda. Hal tersebut supaya tidak disalahgunakan oleh orang lain. Begitu pula saat Anda bertransaksi di merchant. Pastikan staf merchant di mana Anda bertransaksi langsung membawa kartu Anda ke kasir dan pastikan juga bahwa kartu kredit Anda tidak tertinggal.

Lalu, sebelum menandatangani sales draft, pastikan jumlah transaksi yang tercetak telah sesuai dengan jumlah transaksi yang Anda belanjakan. Dan, apabila Anda bertransaksi online, pastikan bahwa tempat Anda melakukan transaksi adalah tempat yang aman dari kemungkinan penyalahgunaan kartu kredit.

[Update: Dian]

Baca juga  Update Harga Mesin EDC All Merek (Baru dan Bekas)
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Update Terkini Biaya Tarik Tunai Kartu Kredit Bank Mandiri"