Update Biaya Tambal Gigi (Puskesmas dan Klinik Kesehatan)

Tambal gigi adalah salah satu perawatan yang sering dilakukan apabila pasien mengalami gigi berlubang. Untuk menambal gigi, Anda bisa melakukannya di berbagai pusat kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas, maupun klinik. Biaya tambal gigi sendiri bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing pusat kesehatan, jenis tambalan, dan berapa banyak gigi yang harus ditambal.

Proses pemeriksaan gigi
Proses pemeriksaan gigi

Seiring bertambahnya usia, gigi dalam mulut kita lama kelamaan akan mengalami proses pengapuran. Hal itulah yang menyebabkan gigi kita berlubang dan akan terasa begitu menyakitkan ketika digunakan untuk mengunyah makanan. Bahkan, tanpa aktivitas mengunyah pun, gigi yang berlubang akan menyebabkan kita merasa kesakitan.

Bacaan Lainnya

Gigi berlubang bisa disebabkan banyak hal, termasuk konsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung gula atau cuka dan bisa juga karena kebiasaan buruk Anda yang malas menyikat gigi sebelum tidur. Jika gigi sudah berlubang, maka tak ada pilihan lagi selain dicabut atau ditambal. Namun, tak semua dokter menyarankan gigi untuk dicabut, apalagi jika gigi tersebut masih memiliki akar yang baik. Karena itu, mayoritas dokter gigi akan menyarankan gigi Anda untuk ditambal jika berlubang.

Penambalan gigi merupakan salah satu prosedur pengobatan (kuratif) gigi yang paling sering dilakukan oleh seorang dokter gigi, selain pencabutan gigi dan perawatan saluran akar. Jaringan gigi merupakan jaringan yang tidak dapat memperbaiki dirinya sendiri (irreversible). Karena itu, jika gigi mengalami penyakit karies yang membuat gigi menjadi berlubang, gigi tersebut perlu direstorasi.

Sebelum dilakukan penambalan gigi, maka bagian gigi yang terserang karies perlu dibersihkan. Umumnya, dokter gigi menggunakan alat bor untuk membersihkan bagian yang kotor tersebut. Pengambilan bagian gigi yang sakit memang sedikit banyak menimbulkan rasa ngilu. Hal tersebut bukan dikarenakan ‘bor gigi yang jahat’, melainkan karies yang membuat lapisan gigi menipis sehingga gigi rentan terhadap perubahan suhu. Lubang gigi yang kecil jarang mengakibatkan rasa sensitif pada gigi, sedangkan lubang gigi yang besar dan dalam dapat meningkatkan rasa ngilu pada gigi.[1]

Ada banyak jenis tambalan gigi. Ada jenis tambalan sementara sebelum gigi Anda ditambal secara permanen. Untuk tambalan sementara, umumnya dibutuhkan untuk Anda yang memerlukan perawatan akar atau harus menunggu kondisi sehat sebelum dilakukan penambalan secara permanen. Bahan tambalan sementara ini berasal dari zinc fosfat dan lebih mudah dibongkar.

Kemudian, ada tambalan gigi jenis amalgam yang selama ini sudah umum dipakai untuk menambal gigi belakang atau geraham karena tambalan jenis amalgam ini kuat dan sangat awet. Bahannya berasal dari logam merkuri cair dan bubuk logam berisi perak, timah, dan tembaga. Biaya untuk tambalan gigi jenis ini biasanya lebih mahal dibandingkan tambalan gigi zinc fosfat.

Tahan lama atau tidaknya tambalan gigi tergantung dari dokter gigi dan pasien. Dari pihak dokter gigi, faktor penting tentang ketahanan tambalan gigi adalah dari teknik penambalan yang tepat, pemilihan bahan atau material tambal gigi yang dipakai (setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing), tingkat kerusakan gigi, posisi gigi yang ditambal, dan lain-lain. Sementara itu, dari pasien, tergantung dari kemauan untuk menjaga kebersihan gigi.

Seperti diutarakan sebelumnya, menambal gigi bisa dilakukan di berbagai pusat kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas, maupun klinik. Biaya tambal gigi sendiri bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing pusat kesehatan, jenis tambalan, dan berapa banyak gigi yang harus ditambal. Berikut kisaran biaya tambal gigi.

Ilustrasi: Tambal Gigi (credit: honestdocs.id)

Biaya Tambal Gigi

Nama Instansi Kesehatan Biaya Tambal Gigi
Puskesmas Buduran Sidoarjo Tumpatan Sementara : Rp20.000
Tumpatan GIC : Rp40.000
Tumpatan Tetap Komposit : Rp70.000
Puskesmas Dinoyo Malang Tambalan Tetap Amalgam : Rp50.000
Tambalan Tetap Komposit : Rp70.000
FNM Dental Care Tambal Sementara : Rp250.000
Tambal Fuji/GIC Anak : Rp250.000 – Rp350.000
Tambal Fuji/GIC Dewasa : Rp350.000 – Rp650.000
Tambal Komposit Kecil : Rp400.000
Tambal Komposit Sedang : Rp450.000
Tambal Komposit Besar : Rp500.000
Tambal Komposit Kompleks : Rp500.000 – Rp850.000
OMDC Health Care Tambal Sementara Non Spesialis : Rp299.000
Tambal Sementara Spesialis : Rp349.000
Tambal GIC Non Spesialis : Rp399.000
Tambal GIC Spesialis : Rp499.000
Tambal Sinar Laser Anterior : Rp799.000

biaya tambal gigi di atas kami rangkum langsung dari website resmi masing-masing instansi kesehatan yang bersangkutan dan berlaku per gigi. Perlu Anda catat bahwa tarif tambal gigi tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, biaya tambal gigi di puskesmas dipatok mulai Rp15 ribuan saja per gigi.

Tambal Gigi di Kesehatan – (Karya: DragonImages)

(Panca)

[1] Gracia, M. 2015. Hypnosis in Dentistry. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 59.

Pos terkait