Biaya Tambal Gigi Geraham di Puskesmas & Rumah Sakit

No comment 1609 views

Tambal adalah salah satu yang sering dilakukan apabila mengalami gigi berlubang. Umumnya, gigi yang bermasalah ini adalah gigi geraham. Untuk menambal gigi, Anda bisa melakukannya di berbagai pusat kesehatan, seperti , puskesmas, maupun . tambal gigi sendiri bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing pusat kesehatan, tambalan, dan berapa banyak gigi yang harus ditambal.

Tambal Gigi - klinikjoydental.com

Tambal Gigi - klinikjoydental.com

Prosedur tambal gigi sendiri harus dilakukan jika satu dari gigi Anda patah, bolong, ataupun rusak. Pasalnya, gigi yang memiliki masalah demikian biasanya akan menimbulkan rasa dan tidak nyaman jika dibiarkan terlalu lama. Material yang digunakan untuk mengisi gigi yang berongga ini bisa berupa resin komposit, emas, atau perak.

Secara umum, ada empat jenis tambal gigi yang banyak dilakukan dokter gigi maupun klinik kesehatan. Jenis yang pertama adalah amalgam, yang merupakan campuran perak, timah, seng, tembaga, dan merkuri. Hampir 50 persen bahan yang digunakan adalah merkuri, dan biasanya tambalan ini digunakan untuk memperbaiki gigi geraham bagian belakang.

Sayangnya, meski penggunaan jenis tambalan ini diklaim mampu bertahan hingga jangka waktu 10 tahun, namun banyak dokter yang tidak merekomendasikan perawatan ini. Pasalnya, amalgam merupakan salah satu logam yang mengandung zat merkuri, yang bisa berbahaya bagi tubuh. Jika tertelan, zat ini dapat melukai organ pencernaan Anda.

Jenis lainnya adalah komposit resin, yang terbuat dari campuran partikel plastik dan kaca halus. Proses penambalan gigi jenis ini akan menggunakan sinar biru terang yang berguna mengeraskan partikel kaca pada gigi. Proses ini tergolong membutuhkan waktu yang sedikit lama karena dokter akan mengirim hasil cetakan kerangka gigi ke laboratorium terlebih dahulu untuk membuat isi cetakan gigi yang berlubang atau rusak.

Jenis yang ketiga adalah menggunakan bahan emas. Tambal gigi jenis ini terbuat dari paduan emas yang dicampur dengan logam. Beberapa orang lebih menyukai warna emas ini dibanding warna perak bahan amalgam, salah satunya karena bahan emas juga tidak menimbulkan korosi pada gigi. Kelebihan lainnya, tambal emas bisa menahan kekuatan mengunyah makanan dengan tekstur yang keras dan tebal.

Jenis yang terakhir, dan yang umum digunakan adalah porselen dan logam. Biasanya, kedua bahan tersebut bisa digunakan untuk memperbaiki semua bagian gigi, untuk veneer gigi, implan, bahkan membuat kawat gigi. Meski demikian, pemasangan tambal logam jauh lebih murah daripada bahan porselen, dan bisa bertahan lebih dari 7 tahun.

Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan untuk menambal gigi geraham? Seperti diuraikan di atas, biaya tambal gigi bisa sangat bervariasi. Jika Anda menambal gigi di puskesmas, Anda hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp15 ribuan per gigi. Di Puskesmas Bantul misalnya, biaya tambal gigi menggunakan amalgam dipatok di kisaran Rp18 ribuan per gigi, sedangkan tambal GIC sebesar Rp24 ribuan per gigi.

Sementara, jika Anda memutuskan untuk menambal gigi geraham di rumah sakit atau dokter gigi, biaya yang dikeluarkan relatif lebih mahal. Untuk tambalan sementara, biaya berkisar Rp80 ribuan hingga Rp100 ribuan per gigi, untuk tambalan resin komposit mulai Rp400 ribuan per gigi, dan biaya untuk tambal GIC berkisar Rp350 ribuan hingga Rp450 ribuan per gigi.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Konsultasi dan Berobat Hewan Peliharaan ke Dokter Hewan
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Biaya Tambal Gigi Geraham di Puskesmas & Rumah Sakit"