Syarat dan Biaya Simpanan Pelajar (SimPel) iB, Tabungan Anak BRI Syariah

Bank syariah saat ini memang semakin berkembang, dan salah satu yang cukup di Indonesia adalah BRI Syariah. Sama seperti BRI konvensional, BRI Syariah ini juga memiliki beragam produk yang dapat dijadikan menabung atau menyimpan uang masyarakat Indonesia, mulai orang dewasa, kaum muda, hingga -anak.

Dikutip dari situs resminya, berawal dari akuisis PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. terhadap Bank Jasa Arta pada 19 Desember 2007 dan setelah mendapatkan izin dari Bank Indonesia pada 16 Oktober 2008 melalui suratnya o.10/67/KEP.GBI/DpG/2008, maka pada tanggal 17 November 2008 PT Bank BRI Syariah Tbk secara resmi beroperasi. Kemudian, PT Bank BRI Syariah Tbk mengubah kegiatan usaha yang semula beroperasi secara konvensional, menjadi kegiatan perbankan berdasarkan prinsip syariah Islam.

Simpanan Pelajar (SimPel) - www.infoperbankan.com

Simpanan Pelajar (SimPel) - www.infoperbankan.com

Aktivitas PT Bank BRI Sariah Tbk semakin kokoh setelah pada 19 Desember 2008 ditandatangani akta pemisahan Usaha Syariah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. untuk melebur ke dalam PT Bank BRI Syariah Tbk ( spin off) yang berlaku efektif pada tanggal 1 Januari 2009. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. dan Direktur Utama PT Bank BRI Syariah Tbk.

Saat ini, PT Bank BRI Syariah Tbk. diklaim telah menjadi bank syariah ketiga terbesar berdasarkan aset. PT Bank BRI Syariah Tbk. tumbuh dengan pesat baik dari sisi aset, jumlah pembiayaan, dan perolehan dana pihak ketiga. Dengan berfokus pada segmen menengah bawah, PT Bank BRI Syariah Tbk. menargetkan menjadi bank ritel modern terkemuka dengan berbagai ragam produk dan layanan perbankan.

Produk Tabungan BRI Syariah

  • Tabungan Faedah, adalah produk simpanan dari BRI Syariah untuk nasabah perorangan yang menginginkan kemudahan transaksi sehari-hari. Tabungan ini menawarkan beragam keunggulan, seperti setoran awal yang ringan hanya Rp100.000, gratis biaya administrasi bulanan, gratis biaya kartu ATM bulanan, serta ringan biaya tarik tunai, transfer, cek saldo, dan debit.
  • Tabungan Haji, adalah produk simpanan yang menggunakan akad bagi hasil sesuai prinsip syariah, khusus bagi calon haji yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH). Setoran awal tabungan ini cuma Rp50.000, dengan setoran selanjutnya minimal Rp10.000 dan saldo mengendap minimal Rp50.000.
  • Tabungan Impian, adalah produk simpanan berjangka dari BRI Syariah untuk nasabah perorangan yang dirancang untuk mewujudkan impian seperti kurban, pendidikan, liburan, atau belanja dengan terencana memakai mekanisme autodebet setoran rutin bulanan. Setoran awal tabungan ini minimal Rp50.000, dengan setoran bulanan minimal Rp50.000 dan kelipatannya.
  • Simpanan Faedah, merupakan simpanan dana pihak ketiga dengan akad mudharabah, dengan nasabah sebagai pemilik dana dan bank sebagai pengelola dana, dengan pembagian hasil usaha antara kedua belah pihak berdasarkan nisbah dan jangka waktu yang disepakati antara bank dengan nasabah.

Selain untuk orang dewasa, BRI Syariah juga memiliki produk tabungan yang ditujukan untuk anak-anak atau siswa sekolah. Bernama Simpanan Pelajar BRI Syariah iB, atau biasa disingkat SimPel, produk ini menawarkan banyak kelebihan untuk anak-anak. Berikut review, keunggulan, fitur, serta biaya produk tabungan SimPel BRI Syariah.

Keunggulan Simpanan Pelajar (SimPel) BRI Syariah iB

Dilansir dari situs resminya, ini adalah tabungan untuk siswa yang diterbitkan secara nasional oleh bank-bank di Indonesia dengan persyaratan mudah dan sederhana serta fitur yang menarik, dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini. Keunggulan tabungan ini antara lain setoran awal yang ringan, biaya murah, bebas biaya administrasi, memperoleh kartu ATM (opsional), gratis fitur faedah (transaksi melalui ATM di jaringan BRI, Prima, dan Bersama), memperoleh buku tabungan, dapat diberikan bonus sesuai kebijakan bank, serta rekening dapat diberikan fasilitas layanan autodebet berdasarkan standing instruction, pembayaran tagihan rutin, zakat/infak/sedekah, autosweep, dan sebagainya.

Manfaat Simpanan Pelajar (SimPel) BRI Syariah iB

  • Untuk siswa, dapat menjadi edukasi keuangan, mendorong budaya gemar menabung, dan melatih pengelolaan keuangan sejak dini.
  • Untuk orang tua, dapat memberi edukasi tentang produk tabungan, mengajarkan kemandirian anak dalam mengelola keuangan, dan memudahkan orang tua untuk mengontrol pengeluaran anak.
  • Untuk sekolah, sebagai sarana edukasi praktis keuangan dan perbankan bagi siswa dan guru, menumbuhkan budaya menabung di sekolah, dan sebagai sarana sistem pembayaran dan pengelolaan keuangan yang efektif dan efisien di lingkungan sekolah.

Syarat Simpanan Pelajar (SimPel) BRI Syariah iB

  • Perjanjian kerja sama antara BRI Syariah dan sekolah.
  • Mengisi kelengkapan pembukaan rekening SimPel iB.
  • Melengkapi pembukaan rekening, antara lain Kartu Keluarga, NISN/NIS untuk siswa dan KTP untuk orang tua.

    Tabungan Anak Bank BRI - banksentral.com

    Tabungan Anak Bank BRI - banksentral.com

Fitur dan Biaya Simpanan Pelajar (SimPel) BRI Syariah iB

BiayaBesaran Biaya
Setoran awal minimumRp1.000
Setoran selanjutnya minimumRp1.000
Saldo mengenap minimumRp1.000
Limit penarikan tunaiRp500.000 per hari
Biaya administrasi tabunganGratis
Biaya rekening dormantRp1.000 per bulan (dikenakan apabila rekening tidak aktif transaksi selama 12 bulan)
Biaya penggantian buku tabungan saat pembukaan rekening atau karena habisGratis
Biaya penggantian buku tabungan karena hilang atau rusakRp5.000
Biaya pembuatan kartu ATMRp5.000
Biaya penggantian kartu ATM karena hilang atau rusakRp15.000
Biaya penutupan rekeningRp1.000

Seperti disampaikan di atas, bagi nasabah tabungan Simpanan Pelajar BRI Syariah iB, dapat diberikan kartu ATM. Selain itu, nasabah juga dapat diberikan fasilitas e-channel berupa Mobile BRI Syariah, SMS BRI Syariah, dan phone banking (Call BRI Syariah). Jika Anda membutuhkan informasi lebih detail, bisa menghubungi pusat BRI Syariah di Jalan Abdul Muis No. 2-4, Jakarta Pusat, via nomor telepon (021) 345 10226/227, email di alamat [email protected], atau cabang BRI Syariah terdekat di kota Anda.

Baca juga  Update Spesifikasi dan Harga Meteran Digital Krisbow (Semua Tipe)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Syarat dan Biaya Simpanan Pelajar (SimPel) iB, Tabungan Anak BRI Syariah"