Lokasi dan Biaya Swab Test di Surabaya

Semakin banyak penyakit berbahaya yang bermunculan, membuat para tim medis harus memutar otak untuk menanganinya. Selain itu, mereka juga harus pintar-pintar dalam mendiagnosis penyakit pasien. Salah satu cara untuk mengetahui beberapa jenis penyakit yang diakibatkan oleh virus dan bakteri adalah melalui swab test. Swab test saat ini telah marak dilakukan oleh penduduk di kota-kota besar, seperti Surabaya, walau dengan biaya yang tidak bisa dibilang murah.

Swab test (sumber: emc.id)
Swab test (sumber: emc.id)

Kegunaan Swab Test

Swab test merupakan salah satu metode pengambilan sampel berupa lendir atau bagian tubuh dengan cara menempelkan atau mengusapkan alat swab yang berbentuk seperti kertas dengan bahan yang elastis dan lentur. Alat swab pada umumnya bisa dipakai untuk mendeteksi penyakit cacingan pada -anak, dengan cara mengoleskan alat tersebut di bagian kelenjar anus di pagi hari, sebelum pasien buang air besar.[1]

Bacaan Lainnya

Selain dipakai untuk mendeteksi gejala cacingan pada anak, swab juga bisa dipakai untuk mendeteksi penyakit tertentu yang bisa menyerang saluran pernapasan seperti Coronavirus Disease atau Covid-19. Untuk mendeteksi penyakit tersebut, alat swab yang dipakai berbeda dengan alat swab untuk menganalisis gejala cacingan.

Baca juga  Info Terbaru Harga Deker (Pelindung Lutut) Futsal

Alat swab yang dipakai untuk mengidentifikasi penyakit Coronavirus memiliki bentuk seperti cotton bud yang berukuran dan lentur. Selain itu, ada juga alat yang bentuknya seperti kertas yang panjang dan lentur. Alat tersebut dipakai dengan cara dimasukkan ke dalam hidung hingga menyentuh bagian dalam kerongkongan sebagai jalannya oksigen menuju paru-paru.

Setelah dikeluarkan, alat akan membawa sebagian lendir yang nantinya akan diidentifikasi dengan piranti tertentu. Hasil pemeriksaan biasanya bisa dilihat setelah 2 hingga 3 hari. Jika terbukti hasil tes reaktif, ada kemungkinan pasien terinfeksi penyakit. Sementara itu, jika hasilnya non reaktif atau negatif, maka pasien tidak terkena penyakit dan berada dalam kondisi yang normal.

Sangat penting mengetahui hasil tes untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda. Apalagi penyakit Covid-19 adalah salah satu penyakit yang mudah menular dan dapat berisiko kematian pada orang yang memiliki penyakit penyerta yang kronis, di antaranya asma, jantung, diabetes, dan komplikasi. Selain itu, Coronavirus juga mudah ditularkan kepada pasien yang memiliki daya imun rendah seperti -anak, wanita hamil, dan lansia.

Baca juga  Update Harga Omepros di Indomaret, Alfamart, dan Apotek

Selain mudah menular, gejala penyakit tersebut juga hampir mirip dengan gejala penyakit influenza. Inilah yang membuat masyarakat resah, karena kurang bisa membedakan antara penyakit Covid-19 atau influenza. Gejala penyakit Coronavirus secara umum adalah demam, batuk, pilek, dan sesak napas.

Dengan melakukan swab test secara rutin, Anda bisa mencegah penyakit tersebut. Selain itu, hasil swab test bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin bepergian ke luar daerah. Biasanya, hasil swab test akan diminta oleh petugas bandara atau kereta api untuk mengetahui kondisi Anda saat di perjalanan.

Swab test (sumber: liputan6)
Swab test (sumber: liputan6)

Untuk mendapatkan hasil swab test, tentunya Anda harus pergi ke sakit, klinik, atau instansi kesehatan lainnya yang menyediakan layanan tersebut. Di Surabaya misalnya, sudah ada beberapa instansi medis yang menawarkan swab test dengan biaya yang memang tidak bisa dibilang murah. Sebagai referensi, Anda bisa melihat tabel berikut.

Biaya Swab di Surabaya

Nama Instansi Kesehatan Alamat Biaya (Rp)
Laboratorium Klinik Prodia Jemursari Jl. Raya Jemursari No. 39, Jemur Wonosari, Kec. Wonocolo, Kota Surabaya, Jawa Timur 2.500.000
Laboratorium Graha Klinik Prodia Surabaya Grha Prodia Surabaya, Jl. Diponegoro No. 149 – 151, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur 2.500.000
Mitra Keluarga Surabaya Jl. Satelit Indah II, Darmo Satelit, Tanjungsari, Sukomanunggal, Kota Surabaya, Jawa Timur 1.680.000
Mitra Keluarga Kenjeran Jl. Kenjeran No. 506, Kalijudan, Mulyorejo, Kota Surabaya, Jawa Timur 2.150.000
Prodia Children Health Centre (PCHC) Surabaya Jl. Diponegoro No. 149 – 151, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur 2.500.000
PWHC Raya Darmo Permai Jl. Mayjend Yono Soewoyo (Bukit Darmo Boulevard) 6F – 6G, Kota Surabaya, Jawa Timur 2.500.000
Sakit Premier Surabaya Jl. Nginden Intan Barat No. B, Ngenden Jangkungan, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur 1.500.000
Baca juga  Update Daftar Harga Susu Nutrilon Soya di Pasaran

Perlu Anda ketahui, biaya swab test di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Tarif swab test di Surabaya tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan setiap instansi kesehatan.

[1] Herliani, Een & Patihul Husni. 2018. Artikel Tinjauan: Metode Pengambilan Sampel dalam Validasi Pembersihan. Farmaka Universitas Padjadjaran, Vol. 16(1): 41-47.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.