Update Biaya Suntik Filler dan Operasi Hidung Rhinoplasty

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh wanita untuk memiliki hidung yang mancung. Dari sekian banyak cara yang ada, beberapa perempuan memilih operasi plastik, yakni operasi hidung rhinoplasty atau suntik filler. Dipercaya, dua cara ini mampu membuat hidung menjadi mancung secara permanen, meskipun biaya treatment seperti ini di klinik kecantikan tidak bisa dibilang murah.

Ilustrasi: proses operasi hidung rhinoplasty (sumber: go.care)
Ilustrasi: proses operasi hidung rhinoplasty (sumber: go.care)

Suntik filler adalah prosedur ketika zat asam HA atau Hialuronat disuntikkan ke jaringan bawah kulit untuk menimbulkan efek kulit yang lebih kencang dan dan menambah volumenya. Pada dasarnya, zat asam Hialuronat diproduksi oleh tubuh manusia, namun jumlahnya terbatas.

Bacaan Lainnya

Filler injections merupakan suatu produk atau obat untuk kecantikan atau estetika yang dapat memperbaiki keriput, mengubah postur pada wajah, dan menambah volume kulit agar terlihat lebih berisi dan kencang. Bagian tubuh yang sering disuntikkan filler adalah tangan, payudara, leher, dan wajah, seperti kening, hidung, dagu, bibir dan kantung mata, yang ditujukan untuk memperhalus, membuat lebih elastis, dan membuat kulit tampak lebih awet muda (anti-aging). prosedur ini adalah memberikan hasil yang relatif singkat, waktu pemulihan yang sebentar, dan memiliki risiko yang minimal.

Idealnya, suntik filler di wajah adalah yang non-permanen, yang memberikan tampilan natural pada wajah, dapat diserap oleh tubuh, tidak menyebabkan efek inflamasi, dan tidak menimbulkan reaksi alergi apapun pada kulit. Oleh karena itu, prosedur ini cukup populer di kalangan wanita yang sangat menjunjung penampilannya.

Untuk mengetahui kisaran biaya suntik filler, maka Anda harus terlebih dahulu mengetahui jenis-jenis suntik filler. Secara umum suntik filler dibedakan menjadi tiga jenis, yakni filler sementara (filler kolagen, hyaluronic acid, dan kalsium hydroxyapatite), filler semi permanen, dan filler permanen. Berikut ulasannya.

Baca juga  Indikasi dan Update Harga Benzodiazepine, Obat Penenang Kecemasan

Jenis Suntik Filler

  • Filler Kolagen. Filler jenis ini mengandung sejumlah protein yang berguna untuk memperbaiki kekuatan dan struktur pada kulit. Jenis filler ini muncul pertama kali di dunia medis, akan tetapi keberadaannya tergantikan oleh filler hyaluronic acid yang lebih populer dibandingkan jenis kolagen ini.
  • Filler Hyaluronic acid. Filler jenis ini mengandung zat alami yang berguna untuk membuat kulit lebih penuh dan bervolume ketika disuntikkan ke bagian tubuh tertentu.
  • Filler Kalsium Hydroxyapatite. Kandungan dari filler ini lebih berat dibandingkan jenis filler HA. Filler ini disuntikkan lebih dalam ke jaringan bawah kulit. Karena kandungannya terdapat dalam tulang, filler ini tidak menimbulkan reaksi alergi dan atau respons imun.
  • Filler Semi-Permanen. Filler semi-permanen mengandung zat sintetis seperti asam poli L laktat yang lebih keras sehingga jenis filler ini memberikan efek hasil yang lebih lama. Dermal filler ini biasanya mengatasi lipatan, garis halus, dan keriput pada wajah.
  • Filler Permanen. Jenis filler ini mengandung PMMA atau polimetilmetakrilat yang tidak dapat diserap oleh tubuh. Filler permanen ini juga mengandung kolagen yang disuntikkan hanya pada bagian badan yang memiliki lapisan yang tebal. Oleh karena itu, filler permanen tidak boleh disuntikkan pada bagian bawah mata dan bibir.

Menurut dr. Olivia Ong, pemilik Jakarta Aesthetic Clinic, biaya suntik filler biasanya diketahui saat konsultasi awal dengan dokter. Pertama-tama dokter akan melakukan prosedur dasar. Prosedur dasar adalah ketika dokter menganalisis wajah pasien melalui berbagai ekspresi dan sudut. Kemudian, dokter akan menentukan biaya dari suntik filler ini.

Prosedur Suntik Filler

Prosedur paling dasar pada suntik filler adalah dokter melakukan analisis penuh dengan wajah pasien dari berbagai sudut dan ekspresi. Setelah Anda berkonsultasi dengan dokter mengenai lokasi dan bentuk filler yang Anda inginkan, Anda bisa langsung melakukan prosedur ini. Pada bagian yang akan diinjeksikan bahan filler, akan dioleskan anestesi topikal untuk mengurangi rasa sakit saat ditusuk jarum. Misalnya, untuk proses nose filler, Anda membutuhkan waktu sekitar 15-45 menit saja.

Baca juga  Info Fasilitas dan Harga Tiket Gondola Ancol

Disebut juga dengan non surgical rhinoplasty, prosedur ini menggunakan bahan filler yang disuntikkan ke bawah kulit pada area hidung untuk mengubah bentuk hidung. Bahan yang digunakan adalah bahan berbentuk gel, umumnya berisi hyaluronic acid yang akan membuat permukaan di atasnya lebih halus dan bervolume. Bahan filler yang diinjeksikan akan tetap pada tempatnya sampai kurang lebih 6-12 bulan. Lalu, berapa biaya suntik filler saat ini?

Melakukan Operasi Hidung Rhinoplasty - hestanbul.com
Melakukan Operasi Hidung Rhinoplasty – hestanbul.com

Biaya Suntik Filler Hidung

Klinik Kecantikan Biaya Filler Hidung 
Natasha Skin Care Rp3.000.000 – Rp6.000.000
Qeela Skin Care Yogyakarta Rp3.100.000 – Rp3.500.000
Klinik Estetik Ambrosia Rp3.325.000
Luxe Dental & Aesthetic Center Rp3.325.000
Beauty Center Rp4.650.000
Jakarta Aesthetic Clinic Rp5.000.000
Erha Clinic  Rp5.000.000 – Rp8.000.000
Reface Clinic Rp5.244.000
Genesa Klinik Rp5.415.000
Insta Beauty Senopati Rp5.700.000
BIMC Hospital Nusa Dua Bali Rp8.450.000

Hingga saat ini, biaya suntik filler di sejumlah klinik kecantikan saat ini relatif stabil. Namun, ada pula klinik kecantikan yang menaikkan tarif, seperti biaya suntik filler di Natasha Skin Care yang semula ditawarkan mulai Rp3 juta hingga Rp5 juta, sekarang menjadi Rp3 juta hingga Rp6 juta. Perlu diingat, biaya suntik filler hidung di klinik kecantikan di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. 

Selain suntik filler, sebagian orang juga memilih prosedur operasi hidung rhinoplasty karena menawarkan tertentu. Meski begitu, teknik memperbaiki hidung ini tentunya harus dijalankan sesuai prosedur dan ditangani oleh dokter profesional.

Prosedur Operasi Hidung Rhinoplasty

Struktur tulang hidung manusia Asia Timur yang kebanyakan kurang menonjol menjadikan operasi hidung salah satu prosedur yang dicari. Rhinoplasty adalah operasi plastik untuk meninggikan tulang hidung dan menghaluskan bentuk hidung. Penggunaan tambahan atau implan untuk membentuk hidung dengan pilihan dua cara, memakai bahan silikon padat dan diambil dari tubuh pasien, seperti tulang iga yang rawan. Tulang iga yang rawan cukup sering dipakai saat operasi hidung karena dinilai lebih alami daripada silikon.

Baca juga  Info Prosedur, Syarat, & Biaya Cek Sperma Terkini

Operasi diawali dengan pembiusan, setelah itu mengambil tulang iga. Kemudian dilanjutkan dengan operasi hidung dengan memakai tulang iga tadi. Prosedur tindakan ini bisa memakan waktu tujuh hari, mulai dari pasien cek kesehatan hingga operasi dilakukan.

Cek kesehatan ditujukan untuk mengetahui riwayat penyakit pasien, jika memiliki penyakit pembekuan darah, penyakit ginjal, penyakit dan sebagainya tidak dianjurkan untuk menjalani rhinoplasty. Berikut kisaran biaya yang harus dikeluarkan saat melakukan operasi hidung rhinoplasty.

 Biaya Operasi Hidung Rhinoplasty

Lokasi Perawatan Kisaran Biaya
RSUD dr Iskak Tulungagung Rp6 juta – Rp25 juta
Mayapada Hospital Rp8,08 juta
RSU Bunda Jakarta Rp10 juta
Rumah Sakit Khusus Bedah Bina Estetika Rp18,9 juta
Siloam Hospitals TB Simatupang Rp20,9 juta – Rp27,9 juta
POISE Clinic Rp30 juta – Rp35 juta
MRCCC Siloam Hospitals Semanggi Rp65 juta

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, biaya operasi hidung rhinoplasty di rumah sakit dan klinik kecantikan saat ini cenderung naik. Biaya operasi hidung rhinoplasty semula dipatok mulai Rp11 juta hingga Rp17 juta, kini bisa mencapai Rp65 juta. Prosedur dan biaya operasi hidung yang dijalani oleh setiap orang berbeda-beda, tergantung kepada kondisi dan tujuannya. Untuk itu, dianjurkan mempersiapkan lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.