Kisaran Biaya Sunat di Puskesmas

Pusat kesehatan masyarakat, atau biasa disingkat puskesmas, selama ini memang menjadi rujukan utama banyak masyarakat karena menawarkan biaya atau tarif pengobatan yang terjangkau. Tidak hanya untuk memeriksakan kesehatan, sekarang sudah ada banyak puskesmas yang juga melayani kebutuhan sunat atau khitan. Seperti pengobatan penyakit pada umumnya, biaya sunat di puskesmas pun terbilang lebih murah dibandingkan jika melakukan khitan di dokter pribadi atau klinik khusus khitan.

Ilustrasi: operasi sunat/khitan (sumber: seputarkudus.com)
Ilustrasi: operasi sunat/khitan (sumber: seputarkudus.com)

Anda pasti sudah sangat familiar dengan istilah sunat atau khitan. Dalam istilah medis disebut sebagai sirkumsisi, sunat adalah prosedur bedah minor yang dilakukan sebagai modifikasi bagian tubuh dengan melakukan insisi pada bagian preputium.[1] Pasalnya, di bagian preputium tersebut, terdapat koloni bakteri yang tumbuh dan berkembang pada enam bulan pertama kehidupan, yang berpotensi menjadi faktor risiko infeksi saluran kemih.[2]

Bacaan Lainnya

Dalam ajaran agama Islam, khitan termasuk syariat yang diperintahkan Allah kepada hamba-hambaNya dan sering disebut sebagai puncak dari sunnah-sunnah fitrah.[3] Tidak hanya dianjurkan secara agama karena dapat mengikis najis yang menempel pada kelamin, sunat juga memiliki manfaat dari sisi medis, yakni mengusir atau menghalau penyakit yang mungkin bertengger pada alat kelamin.[4]

Baca juga  Update Harga Ikan dan Sarden ABC (Semua Kemasan)

Manfaat Sunat

  • Sunat mengurangi risiko infeksi penyakit seksual menular seperti human papilloma virus (HPV) dan penyakit seksual menular seperti herpes atau sifilis. Meski demikian, pria yang sudah menjalani sunat harus tetap melakukan hubungan yang sehat dan aman.
  • Mencegah terjadinya penyakit pada vital seperti nyeri yang disebut fimosis.
  • Mengurangi risiko infeksi saluran kemih yang dapat merujuk kepada masalah ginjal.
  • Mengurangi risiko kanker penis.
  • Mengurangi risiko kanker serviks pada pasangan. Risiko kanker serviks menurun pada wanita yang pasangannya telah menjalani prosedur sirkumsisi,
  • Membuat kesehatan vital lebih terjaga. Bagian vital yang telah disunat lebih mudah dibersihkan, sehingga kesehatannya lebih terjamin dibanding yang tidak disunat.

Di negara-negara Barat, sunat biasanya dilakukan pada setelah mereka lahir karena lebih menitikberatkan pada aspek kesehatan reproduksi. Sementara itu, di Indonesia, khitan kebanyakan dilakukan pada masa anak-anak ketika mereka sudah bisa berpendapat dan menentukan kesiapan kapan waktunya untuk disunat.[5]

Saat ini, sudah ada banyak klinik dokter atau rumah sakit yang menyediakan layanan khitan, baik untuk bayi, anak-anak, maupun remaja dan orang dewasa. Biaya yang dipatok bervariasi, tergantung usia pasien dan khitan yang digunakan. Namun, secara umum tarif sunat di dokter khusus dan klinik sunat memang dapat dikatakan cukup lumayan, rata-rata jutaan rupiah, belum termasuk obat-obatan.

Baca juga  Update Pengertian dan Contoh Biaya Administrasi dan Umum

Karena itu, mungkin tidak semua orang tua mampu menyunatkan anak mereka ke klinik sunat. Terlebih lagi, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sudah menegaskan bahwa biaya untuk khitan tidak ditanggung oleh lembaga tersebut. Pasalnya, seperti dilansir dari Detik.com, menurut BPJS Kesehatan, sunat adalah kegiatan yang dilakukan pasien dalam kondisi normal atau sehat, dengan tujuan untuk mengerjakan anjuran agama atau untuk menjaga kesehatan.

Ilustrasi: anak sunat/khitan (sumber: detik)
Ilustrasi: anak sunat/khitan (sumber: detik)

Lalu, bagaimana solusi hemat ketika ingin menyunatkan anak? Orang tua sekarang sudah bisa menuju puskesmas untuk tujuan tersebut. Pasalnya, saat ini sudah banyak puskesmas yang menyediakan layanan khitan dengan tenaga yang memang ahli di bidangnya. Bahkan, beberapa puskesmas memiliki laser untuk sunat. Sebagai referensi, berikut kisaran biaya sunat di beberapa puskesmas di Indonesia.

Biaya Sunat di Puskesmas

Nama Puskesmas Kisaran Biaya Sunat
Puskesmas Gondangwetan, Pasuruan Sarana : Rp60.000
Pelayanan : Rp40.000
Retribusi : Rp100.000
Puskesmas Pamekasan, Jawa Timur Jasa Sarana : Rp66.000
Jasa Pelayanan : Rp84.000
Retribusi : Rp150.000
Puskesmas Melintang, Pangkal Pinang Rp100.000
Puskesmas Kedaung Barat, Sepatan Timur, Tangerang Tarif Loket Pendaftaran : Rp3.000
Tarif Sunat : Rp150.000
Puskesmas Trenggalek, Jawa Timur Rp150.000
Puskesmas Sumenep, Jawa Timur Retribusi : Rp250.000
Jasa Pelayanan : Rp110.000
Jasa Sarana : Rp140.000
Puskesmas Tanah Bumbu Rp250.000
Baca juga  Info Terbaru Harga Turbin Ventilator Cyclone (Aluminium & Stainless Steel)

Informasi biaya sunat di atas kami rangkum langsung dari situs resmi puskesmas yang bersangkutan, dan belum termasuk biaya lain-lain seperti obat-obatan. Perlu Anda catat bahwa tarif sunat tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Biasanya, tarif pelayanan yang diberikan puskesmas sudah diatur oleh pemerintah daerah setempat dan berlaku untuk semua unit puskesmas yang berada di wilayah yang bersangkutan.

[1] Wahyuningrum, Ari Damayanti. 2020. Perbandingan Klamp dan Lem terhadap Penyembuhan Luka Pasca Sirkumsisi pada Anak. Jurnal Ilmiah Media Husada, Vol. 9(2): 82-87.

[2] Ibid,

[3] Aziz, Syaikh Sa’ad Yusuf Abu. 2007. Be a Good Muslimah: Panduan Menjadi Wanita Shalihah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, hlm. 156.

[4] Meidianti, Rinda Ika. 2017. Praktik Khitan dan Dampaknya bagi Kesehatan Reproduksi Perempuan dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Porodeso Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan) (Skripsi). Jurusan Ahwal Syakhshiyyah Fakultas IAIN Ponorogo.

[5] Wahyuningrum, Ari Damayanti. Op cit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.