Update Biaya Studi di Surabaya Internasional School (Surabaya Intercultural School)

International , sekarang bernama Surabaya Intercultural (SIS), merupakan salah satu sekolah internasional yang ada di Kota Pahlawan dan telah berdiri sejak tahun 1971 silam. Meski memiliki pendidikan yang tidak murah, namun pendidikan ini banjir peminat, terutama dari kalangan pelajar asing.

Tentang Surabaya Intercultural School

Seperti diulas sebelumnya, Surabaya Intercultural School pertama kali dibuka pada tahun 1971 yang kala itu mendapat sponsor dari Konsulat Amerika. Tujuan lembaga pendidikan ini adalah untuk memberi kesempatan kepada siswa untuk memperoleh pendidikan berbasis internasional. Ketika pertama kali beroperasi, Surabaya Intercultural School hanya menggahar 24 siswa. Seiring dengan pertumbuhan sekolah, Surabaya Intercultural School kemudian pindah ke sebuah lokasi seluas 50.000 meter persegi yang terletak di Citra Raya, sebuah kota mandiri di Surabaya Barat, sejak tahun 1995.

Surabaya Internasional School (Surabaya Intercultural School) - sis.sch.id

Surabaya Internasional School (Surabaya Intercultural School) - sis.sch.id

Surabaya Intercultural School adalah satu-satunya sekolah di Surabaya yang diakreditasi oleh Western Association of Schools and Colleges (WASC), satu dari enam asosiasi regional yang mengakreditasi sekolah umum, swasta, perguruan tinggi, dan universitas di Amerika Serikat. Pertama diakreditasi oleh WASC pada tahun 1985, SIS terus mengejar keunggulan dalam pendidikan internasional. Kunjungan mandiri dan akreditasi memberi kesempatan kepada komunitas sekolah untuk merenungkan praktik saat ini dan mengembangkan sebuah rencana untuk terus melangkah maju.

Pada musim semi tahun 2012, Surabaya Intercultural School menerima otorisasi dari Baccalaureate Internasional (IB) untuk menawarkan Program Primer IB untuk siswa sekolah dasar (EC 3 sampai Grade 5). Sementara, bagi siswa SMA yang sangat termotivasi, SIS menawarkan program Higher Assembly (AP) College yang kompetitif. Keberhasilan dalam program ini bisa memberikan kemahiran siswa dalam ketika memasuki jenjang perguruan tinggi atau universitas.

Sejak tahun 2000, pemerintah Indonesia telah mengizinkan Surabaya Intercultural School untuk menerima siswa asal Indonesia. Saat ini, SIS telah mendidik pelajar asal Indonesia dan internasional dari lebih dari 25 negara. Dengan komposisi siswa yang berasal dari berbagai budaya dari seluruh dunia, Surabaya Intercultural School berusaha untuk menyediakan lingkungan yang mendorong penghormatan, dan apresiasi terhadap berbagai budaya, termasuk negara tuan rumah, Indonesia.

Keunggulan Surabaya Intercultural School

Ada beragam keunggulan yang ditawarkan Surabaya Intercultural School untuk menarik minat pelajar dan orang tua. Dari usia paling muda hingga jenjang sekolah menengah atas (SMA), Surabaya Intercultural School menawarkan kurikulum yang ketat dalam komunitas belajar yang dinamis. Program Usia Dini (EC 1 - EC 4) adalah salah satunya. Dengan menggunakan eksplorasi dan penemuan sebagai cara belajar, Surabaya Intercultural School mendorong kepercayaan, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis seumur hidup, bahkan pada siswa termuda sekalipun.

Surabaya Intercultural School juga diklaim sebagai rumah bagi siswa yang mewakili lebih dari 25 negara. Para siswa mengalami pola pikir internasional yang dinamis setiap hari dan menunjukkan apresiasi terhadap budaya lain. Dukungan pihak sekolah untuk setiap individu, dan budaya belajar yang diajarkan, memudahkan siswa masuk, atau pergi ke, sistem pendidikan lainnya.

Terletak di jantung Citraland, SIS menawarkan ruang belajar yang luas dan beragam . yang terdapat di sekolah ini antara lain tiga laboratorium sains, laboratorium komputer, ruang kelas yang besar, sebuah gimnasium yang luas dan kolam renang berukuran Olimpiade, dua ruang seni, ruang keramik, dan banyak ruang hijau.

Di samping itu, tersedia kantin yang tidak hanya menyediakan tempat untuk persahabatan sebelum dan sesudah sekolah, dan selama jam makan siang, namun juga makanan bergizi dan lezat saat sarapan pagi, saat makan siang, dan sepulang sekolah. Sementara, The Little Theatre menyelenggarakan majelis bulanan ES sekaligus memberikan ruang belajar untuk program drama MS dan HS. Tidak ketinggalan perpustakaan SIS yang memiliki koleksi lebih dari 30.000 judul, dan berfungsi sebagai pusat sekolah.

Surabaya Internasional School (Surabaya Intercultural School) - sis.sch.id

Surabaya Internasional School (Surabaya Intercultural School) - sis.sch.id

Biaya Pendidikan di Surabaya Intercultural School

Biaya sekolah di SIS sendiri terdiri dari beberapa komponen, antara lain application fee, enrollment fee, building fee, dan annual tuition fee. SIS memang mematok biaya sekolah yang tidak bisa dikatakan murah. Berikut rincian biaya pendidikan di SIS tahun ajaran 2019/2020.

  1. Application Fee: Rp 2.700.000 per aplikasi (dibayar 1 kali saat pengumpulan pendaftaran).
  2. Enrollment Fee: Rp 20.000.000 per siswa sejak jenjang Kindergarten. Untuk pembatalan pendaftaran, SIS akan mengembalikan 50% (Rp 10.000.000) dari biaya yang telah diterima.
  3. Building Fee: Rp 30.000.000 per tahun ajaran baru (wajib sejak jenjang Kindergarten sampai Grade 12).
  4. Annual Tuition Fee dapat dilihat pada tabel berikut ini.
Early Childhood (Half Day Program)Early Childhood (Full Day Program)Elementary, Middle School, High School
EC-1 (usia 18 bulan)

Rp 40.000.000

EC-3 (usia 3 tahun)

Rp 68.000.000

Grades 1-5

Rp 211.000.000

EC-2 (usia 2 tahun)

Rp 40.000.000

EC-4 (usia 4 tahun)

Rp 68.000.000

Grades 6-8

Rp 232.000.000

-Kindergarten

Rp 190.000.000

Grades 9-12

Rp 240.000.000

Keterangan:

  • Tuition Fees dapat dibayar dengan cara diangsur 2 kali dengan batas pembayaran pertama (50% dari biaya) hingga 31 Juli 2019, sedangkan angsuran ke-2 (53% dari biaya) dibayar sampai 6 Januari 2020.
  • Setiap keterlambatan pembayaran akan dikenai biaya keterlambatan sebesar Rp 10.000 per hari.
  • Application Fee tidak bisa dikembalikan.

Syarat Pendaftaran

Untuk bisa melanjutkan studi di tempat ini, calon siswa wajib memenuhi beberapa persyaratan seperti mengisi formulir pendaftaran, membayar biaya aplikasi, menyerahkan fotokopi transkrip nilai dan rapor, menyerahkan fotokopi paspor, menyerahkan fotokopi paspor orang tua, KITAS, fotokopi KTP orang tua, fotokopi Akta Kelahiran, pasfoto berwana terbaru, dan membayar biaya pendidikan.

Jadwal Pendaftaran dan Kontak

Pendaftaran siswa baru bisa dilakukan kapan saja, namun biasanya diberi batas waktu, yaitu di bulan September, November, Januari, Maret, Mei, dan Juni. Untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat menghubungi nomor telepon (031) 741 4300/4301, faksimili di nomor (031) 741 4334, atau email di alamat [email protected]

[Dian]

Baca juga  Info Terbaru Biaya Diklat Pertamina Maritime Training Center
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Biaya Studi di Surabaya Internasional School (Surabaya Intercultural School)"