Update Biaya SMA 1 PSKD, Sekolah Pertama dengan Program eSports

Pamor SMA 1 PSKD dalam beberapa waktu belakangan mendadak naik seiring dengan dibukanya edukasi game eSports. Bahkan, sekolah yang berlokasi di ini diklaim sebagai sekolah pertama di yang membuka program pendidikan eSport. Yang lebih menarik lagi, SMA 1 PSKD tidak memberlakukan sistem pembiayaan tradisional dan setiap orang tua berhak mengajukan besaran biaya pendidikan sesuai dengan kondisi masing-masing keluarga.

Profil SMA 1 PSKD

Program, biaya, pendidikan, sekolah, Jakarta, SMA, eSports, siswa, murid, pendaftaran, gelombang, informasi, lokasi, kurikulum, laboratorium, fasilitas

SMA 1 PSKD Jakarta (sumber: sma1pskd.com)

SMA 1 PSKD (Perkumpulan Sekolah Kristen Djakarta) merupakan salah satu sekolah menengah atas yang berlokasi di kawasan Senen. Tempat pendidikan ini tepatnya berada di Jalan Diponegoro No. 80, Jakarta Pusat. Meski pamornya baru naik belakangan ini, namun SMA 1 PSKD ternyata sudah beroperasi sejak tahun 1951 silam.

Layaknya sekolah dalam negeri pada umumnya, sistem pembelajaran di SMA 1 PSKD juga didasarkan pada kurikulum nasional, tetapi memiliki unsur-unsur unik yang diterapkan dalam pembelajaran murid-muridnya. -siswa di sekolah ini ditantang untuk berpikir ‘out of the box’ dalam proses pembelajaran yang mereka ikuti. Para berhak untuk mengajukan tugas atau project yang akan mereka kerjakan sendiri kepada gurunya, baik di dalam maupun di luar kurikulum. Tugas ini bisa berbentuk penelitian, presentasi, eksperimen, dan lain sebagainya.

Selain unsur akademik, sistem yang diterapkan di SMA 1 PSKD sangat fleksibel. Program pendidikan sangat mementingkan konsep kebebasan. Kebebasan untuk menjadi diri sendiri, kebebasan untuk mengembangkan diri, dan kebebasan untuk berpenampilan dan berekspresi. Target SMA 1 PSKD adalah untuk membantu murid mewujudkan diri yang mereka inginkan, dan bukan diri yang diinginkan oleh sekolah, orang tua, atau orang lain (dengan catatan bahwa jalan yang diinginkan murid tersebut tidak bersifat negatif).

Murid-murid di sekolah ini tidak diwajibkan masuk kelas, namun wajib hadir di sekolah. Mereka diberikan kepercayaan untuk menjalankan proses pembelajaran secara mandiri di luar sekolah (misalnya ke museum untuk penelitian atau ke lembaga tertentu untuk melakukan wawancara). Pihak SMA 1 PSKD tampaknya memahami bahwa belajar adalah suatu proses yang dinamis yang seharusnya tidak dibatasi lokasi sekolah atau kurikulum dasar saja.

Selain program akademik, SMA 1 PSKD juga menjalankan program-program pembinaan non-akademik yang dijalankan secara terintegrasi dengan program akademik masing-masing murid. Bidang-bidang pembinaan di SMA 1 PSKD antara lain eSports, olahraga, performing arts, graphic art, music, dan entrepreneurship. Setiap murid yang memilih program tersebut akan mendapatkan pembinaan sekitar 15-20 jam seminggu di dalam bidang-bidang yang sudah mereka pilih.

Sementara, untuk , telah dirancang khusus agar memberikan rasa yang nyaman bagi semua siswa. Masing-masing ruangan memiliki rancangan khusus yang disesuaikan dengan metode pengajaran dan jenis pelajaran yang diajarkan, laboratorium diklaim memenuhi standar minimal , sedangkan laboratorium komputer sudah memenuhi standar dan dunia kerja.

Program eSports di SMA 1 PSKD

Program eSports di SMA 1 PSKD (sumber: grid.id)

Program eSports di SMA 1 PSKD (sumber: grid.id)

Salah satu program unggulan sekolah ini adalah eSports. eSports sendiri bisa dikatakan sebagai olahraga elektronik yang bisa dilakukan melalui perangkat komputer, laptop, hingga smartphone. Sering disamakan dengan bermain game, selain untuk hiburan, eSports juga adalah sebuah profesi, sama seperti cabang olahraga lainnya. Bahkan, ini diklaim sebagai olahraga masa depan yang menyediakan berbagai kesempatan dan lapangan pekerjaan.

SMA 1 PSKD sendiri mulai memasukkan program eSports ke dalam kurikulum mereka pada tahun ajaran 2016/2017. Menurut pihak sekolah, perkenalan eSports merupakan salah satu cara anak-anak mengenal dunia digital yang berkembang sangat pesat. Tidak hanya diajarkan teori dan latihan, murid-murid di SMA 1 PSKD juga sering mengikuti turnamen eSports, yang diharapkan bisa melahirkan lebih banyak di cabang tersebut.

Biaya Pendidikan SMA 1 PSKD

Dikutip langsung dari situs resminya, sejak tahun 2015 lalu, SMA 1 PSKD tidak lagi memberlakukan sistem pembiayaan tradisional yang menggunakan berbagai unsur atau komponen seperti uang pangkal, uang sekolah, uang gedung, dan lain-lain. Biaya sekolah di sini telah diperhitungkan untuk masa studi tiga tahun dan mencakup semua biaya. Jadi, orang tua tidak akan dikenakan biaya tambahan kecuali lima hal atau kemungkinan seperti:

  • biaya kejadian force majeure yang berada di luar kendali sekolah;
  • keadaan ketika murid atau orang tua mengajukan kegiatan tambahan yang tidak berada di dalam program yang sudah dirancang sebelumnya;
  • kegiatan khusus di luar program studi seperti seminar atau kunjungan sekolah;
  • permintaan sumbangan untuk alasan kemanusiaan; dan
  • pembelian peralatan sekolah pribadi.
Para siswa SMA 1 PSKD (sumber: grid.id)

Para siswa SMA 1 PSKD (sumber: grid.id)

Meski sudah memiliki standar biaya, namun setiap orang tua/wali berhak mengajukan jumlah total biaya pendidikan anaknya selama tiga tahun. Jika orang tua/wali bisa memberikan dokumen atau membuktikan alasan pengajuan tersebut, maka biaya pendidikan putra/putrinya akan disesuaikan dengan pengajuan tersebut. Ada beberapa ketentuan yang berlaku bagi murid yang memperoleh pengurangan biaya melalui pengajuan, antara lain:

  • wajib memilih satu bidang khusus untuk didalami selama masa studinya di SMA 1 PSKD;
  • wajib mempertahankan standar akademik sesuai ketentuan yang berlaku di SMA 1 PSKD bagi penerima bantuan pembiayaan; dan
  • wajib memenuhi standar perilaku yang berlaku sesuai ketentuan di SMA 1 PSKD.

Sebagai referensi, pada tahun ajaran 2017/2018 biaya maksimal yang dapat dibebankan untuk biaya pendidikan total selama 3 tahun adalah Rp80 juta Rupiah. Jumlah yang diajukan tersebut sudah mencakup semua biaya pendidikan selama 3 tahun. Selain itu keluarga calon murid juga diberikan kebebasan untuk menentukan sendiri model pembayaran selama 3 tahun.

Jadwal Pendaftaran dan Informasi Kontak

Untuk tahun akademik 2020/2021, bisa mendaftar mulai saat ini dan mengikuti gelombang awal. Proses pendaftaran bisa dilakukan di SMA 1 PSKD setiap hari Senin - Kamis pukul 8:00 s/d 16:00 WIB, dan hari Jumat pukul 8:00 s/d 14:00 WIB. Alur pendaftaran dimulai dengan pengisian dan pengumpulan fotokopi rapor, tes akademik, wawancara OSIS/MPK, kepala sekolah dan orang tua wali. Untuk informasi lebih lengkap, bisa langsung datang ke lokasi sekolah di Jl. Diponegoro no.80 Jakarta Pusat 10430 atau menghubungi nomor telepon (021) 3904418.

[: Ditta]

Baca juga  Jadwal Penerimaan & Biaya Kuliah S2 UNKRIS TA 2020/2021
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Biaya SMA 1 PSKD, Sekolah Pertama dengan Program eSports"