Kelebihan dan Biaya Safe Deposit Box Pegadaian

Anda mungkin selama ini lebih mengenal Pegadaian sebagai tempat untuk menggadaikan barang-barang seperti emas, perhiasan, hingga surat kendaraan bermotor untuk mendapatkan dana tunai. Selain untuk keperluan tersebut, Pegadaian ternyata juga menawarkan jasa penyewaan untuk mereka yang ingin mengamankan barang-barang atau surat berharga. Tersedia dalam berbagai pilihan ukuran kotak penyimpanan, biaya safe deposit box di Pegadaian ternyata relatif terjangkau.

Ilustrasi: Layanan di Kantor Pegadaian (credit: Liputan6)

Ilustrasi: Layanan di Kantor Pegadaian (: Liputan6)

Memang, tidak selamanya barang berharga aman disimpan di , terutama jika semua penghuni bepergian. Kondisi ketidakpastian tersebut dapat menambah kekhawatiran, termasuk yang menyangkut keamanan barang-barang yang tidak ternilai harganya. Nah, untuk mengamankan barang dan surat-surat berharga ini, sejumlah lembaga menawarkan layanan safe deposit box.

Safe deposit box sendiri dapat dikatakan sebagai suatu wadah atau kotak penyimpanan harta atau surat berharga yang disediakan pihak bank, Kantor Pos Indonesia, atau institusi lain seperti Pegadaian. Biasanya, kotak penyimpanan ini ditempatkan pada suatu ruang khazanah yang dirancang khusus dari bahan baja yang kokoh, tahan bongkar, dan tahan api untuk menjaga keamanan barang yang disimpan dan kenyamanan pemiliknya.[1]

Baca juga  Info Terkini Syarat, Alur, dan Biaya Nikah di KUA

Umumnya, safe deposit box digunakan untuk menyimpan perhiasan atau logam mulia, mata uang , dokumen penting seperti sertifikat, akta kelahiran, surat berharga komersial, atau penyimpanan data komputer yang perlu dilindungi dari pencurian, kebakaran, banjir, dan lain-lain. Selain bank dan Kantor Pos, beberapa hotel, resor, bahkan kapal pesiar juga menawarkan penyewaan kotak simpanan ini untuk pelanggan mereka.

Penitipan yang dilakukan dalam safe deposit box merupakan sewa-menyewa safe deposit box, bukan membeli. Perjanjian sewa-menyewa safe deposit box adalah perjanjian yang bersifat standar kontrak (perjanjian baku).[2] Model perjanjian baku ini dapat berupa formulir yang dilengkapi dengan syarat-syarat perjanjian maupun klausul-klausul tertentu yang mungkin akan sulit dipahami oleh sejumlah konsumen dalam waktu relatif singkat.

Masyarakat Indonesia biasanya menyewa safe deposit box ini di sejumlah bank, karena memang jasa ini kebanyakan disediakan bank. Beberapa bank Tanah yang sudah memiliki layanan penyewaan safe deposit box antara lain Bank Mandiri, Bank Central Asia atau BCA, Bank Negara Indonesia atau BNI, serta Bank Tabungan Negara atau BTN.

Ilustrasi: Membuka Safe Deposit Box (credit: imperialvaults)

Ilustrasi: Membuka Safe Deposit Box (credit: imperialvaults)

Kelebihan Safe Deposit Box Pegadaian

Selain di bank, ternyata Anda juga dapat menyewa safe deposit box di Pegadaian. Lembaga perkreditan Pegadaian yang kegiatan utamanya melaksanakan penyaluran uang pinjaman atau kredit atas dasar hukum gadai ini ternyata juga menawarkan layanan penyimpanan barang berharga di safe deposit box yang diklaim hemat, aman, serta dapat digunakan baik untuk perorangan maupun badan usaha.

Baca juga  Update Info Syarat dan Biaya Perpanjangan HGB Apartemen

Dilansir dari situs resmi Pegadaian, ada beberapa kelebihan safe deposit box yang ditawarkan lembaga. Calon konsumen atau nasabah tidak perlu memiliki tabungan untuk dapat menggunakan layanan tersebut. Selain itu, biaya pendaftaran yang dikenakan sangat terjangkau, kotak tersedia dalam berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, tersedia bagi perorangan atau badan usaha, serta jangka waktu penyimpanan satu tahun dapat diperpanjang secara otomatis.

Masih menurut referensi yang sama, Pegadaian saat ini setidaknya menyediakan tiga ukuran kotak safe deposit box, yakni 3 x 10 inch, 5 x 10 inch, dan 10 x 10 inch. Biaya sewa yang dikenakan bervariasi, tergantung kotak yang digunakan. Selain itu, konsumen atau nasabah juga akan ditarik biaya jaminan kunci. Sebagai referensi, berikut biaya safe deposit box di Pegadaian.

Ilustrasi: Safe Deposit Box Untuk Menyimpan Uang dan Perhiasan (credit: fnbcokato)

Ilustrasi: Safe Deposit Box Untuk Menyimpan Uang dan Perhiasan (credit: fnbcokato)

Biaya Safe Deposit Box Pegadaian

Ukuran KotakBiaya SewaBiaya Jaminan Kunci
3 inch x 10 inchRp400.000Rp500.000
5 inch x 10 inchRp500.000Rp500.000
10 inch x 10 inchRp800.000Rp500.000
  • Biaya pendaftaran untuk masing-masing kotak sebesar Rp10.000.
  • Biaya jaminan kunci akan dikembalikan saat masa sewa berakhir.
Baca juga  Update Info Biaya Pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Bekasi

Informasi biaya safe deposit box di Pegadaian tersebut kami rangkum dari situs resmi lembaga yang bersangkutan. Perlu Anda ketahui bahwa biaya safe deposit box di Pegadaian di atas tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan lembaga. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, bisa menghubungi Kantor Pusat Pegadaian di nomor telepon (021) 3155 550 atau datang ke Kantor Cabang Pegadaian terdekat di daerah Anda.

[1] Naga, Dali S., Hadian S. Utama, Sudimanto. 2008. Sistem Pembuka Pintu Otomatis Safe Deposit Box pada Bank. Tesla, Vol. 10(1): 47-50.

[2] Rizky, Tia dan Rismawati. 2017. Perlindungan Konsumen terhadap Klausul Eksonerasi dalam Perjanjian Sewa-Menyewa Safe Deposit Box pada Bank Mandiri Cabang Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Hukum Keperdataan Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, Vol. 1(2): 158-172.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Kelebihan dan Biaya Safe Deposit Box Pegadaian"