Update Cara dan Biaya Reschedule Tiket Penerbangan Citilink

Terkadang tidak semua rencana bisa terlaksana dengan baik dan lancar, apalagi jika itu menyangkut jadwal penerbangan. Jika Anda adalah salah satu pengguna maskapai Citilink, Anda tidak perlu khawatir. Hal ini karena Anda bisa mengganti jadwal penerbangan atau biasa disebut dengan reschedule dengan membayar biaya administrasi yang tergolong terjangkau.

Pesawat Citilink (sumber: infopku.com)

Pesawat Citilink (sumber: infopku.com)

Beberapa tahun terakhir, diketahui maskapai dengan konsep biaya murah telah berkembang pesat di Indonesia. Sudah ada banyak maskapai yang menawarkan harga tiket yang terjangkau bagi masyarakat saat ini, salah satunya Citilink.[1] Selain memiliki harga tiket yang tergolong murah, maskapai tersebut juga dilengkapi dengan sistem pengaman yang baik, fasilitas lengkap, dan layanan yang standar.

Citilink telah menjadi maskapai yang terbilang paling cepat berkembang di Indonesia sejak tahun 2011, saat mengambil A320 pertamanya. PT Citilink Indonesia adalah anak perusahaan Indonesia yang didirikan pada 6 Januari 2009 di Sidoarjo, Jawa Timur. Melalui pengesahan dari Menkhumham No. AHU-14555.AH.01.01 Tahun 2009 tanggal 22 April 2009, kepemilikan saham Citilink pada saat didirikan adalah 67% PT Garuda Indonesia (Persero), dan 33% PT Aerowisata.

Awalnya, penerbangan Citilink merupakan penerbangan yang dikelola oleh SBU Citilink milik Garuda Indonesia yang beroperasi dengan AOC Garuda dan menggunakan nomor penerbangan Garuda sejak Mei 2011. Setelah memiliki izin usaha penerbangan SIUAU/NB-027 tanggal 27 Januari 2012, dan sertifikat penerbangan AOC 121-046 tanggal 22 Juni 2012, Citilink mulai beroperasi secara independen tanggal 30 Juli 2012.

Baca juga  Update Harga Cat Tembok Dulux Interior dan Exterior (Semua Varian dan Kemasan)

Citilink melayani penerbangan dengan sistem dari kota ke kota yang berbasis di Jakarta dan Surabaya. Pada tahun 2020, Citilink telah melayani lebih dari 100 rute ke 47 destinasi di antaranya Jakarta, Surabaya, Batam, Bandung, Banjarmasin, Denpasar, Balikpapan, Yogyakarta, Medan, Palembang, Padang, Makassar, Pekanbaru, Lombok, Semarang, Malang, Kupang, Tanjung Pandan, Solo, Palangkaraya, Pontianak, Manado, Aceh, Jayapura, Gorontalo, Samarinda serta rute internasional ke Timor Leste, Malaysia, China, Australia, dan Jeddah.

Cara Mendapatkan Tiket Citilink

Bagi Anda yang berminat memakai jasa maskapai Citilink untuk pergi ke luar kota atau luar provinsi, Anda bisa membeli tiketnya dengan cara yang mudah. Secara langsung, memang Anda bisa membelinya di bandara. Namun, ada cara yang lebih praktis lagi, yaitu melalui website resmi Citilink.

Outlet Citilink di bandara (sumber: republika)

Outlet Citilink di bandara (sumber: republika)

Keuntungan membeli tiket lewat website, selain tidak harus mengantre dan mengisi formulir tertentu, Anda bisa memilih jadwal yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda juga bisa memilih waktu keberangkatan, serta kelas penerbangan. Pada website Citilink, juga tertera harga tiket yang bisa Anda pilih, mulai yang harganya murah hingga paling mahal.

Pada website Citilink juga tertera penerbangan dengan pilihan sekali penerbangan atau pulang-pergi. Kebanyakan orang memilih penerbangan dua kali atau pulang pergi yang lebih praktis. Meskipun begitu, rencana tersebut bisa saja meleset, sehingga tak jarang pula orang melakukan reschedule.

Baca juga  Update Harga Closet Duduk Termurah (Semua Merk)

Cara Reschedule Tiket Citilink

Ada banyak cara untuk reschedule tiket maskapai Citilink yang bisa Anda lakukan. Jika Anda membeli tiket melalui jasa travel agent, maka Anda harus menghubungi travel agent yang Anda gunakan. Sementara itu, jika Anda memesan tiket secara langsung di bandara, maka Anda perlu mengunjungi customer service bandara terdekat atau menghubunginya via telepon.

Ada juga reschedule Citilink jika Anda memesan tiket melalui jasa booking online atau online travel agent (OTA). Biasanya, situs booking online menyediakan layanan khusus bagi Anda yang ingin mengganti jadwal penerbangan dengan cara menghubungi customer service situs booking online tersebut.

Cara lainnya jika Anda memesan tiket Citilink dari websitenya langsung, Anda tinggal klik menu “Manage My Booking”. Setelah itu, pilihlah jadwal penerbangan yang sesuai dengan rencana Anda ke depannya. Jika Anda masih bingung, Anda bisa juga menghubungi pihak call center yang tertera pada bagian bawah website.

Perlu Anda ketahui bahwa Citilink memiliki kebijakan untuk layanan reschedule paling lambat 4 jam sebelum jadwal penerbangan, yang terkonfirmasi melalui call center. Sementara itu, batasan waktu yang diberikan Citilink jika Anda mengubah jadwal penerbangan melalui menu pada website, yaitu 1 x 24 jam.

Perlu Anda ketahui pula, meskipun Anda bisa mengubah jadwal penerbangan, tetapi Anda tidak bisa mengubah rute penerbangan. Sehingga, pastikan bahwa rute penerbangan Anda sudah tepat di awal pemesanan tiket. Setelah Anda berhasil melakukan reschedule, lalu berapa biaya yang harus Anda keluarkan?

Pembelian Tiket Penerbangan Citilink - satuaspal.com

Pembelian Tiket Penerbangan Citilink - satuaspal.com

Biaya Reschedule Citilink

Tentunya, layanan penggantian jadwal penerbangan Citilink tidaklah gratis. Paling tidak, Anda harus membayar Rp50.000 untuk reschedule per tiket pesawat pada 2021. Tarif tersebut terpantau tidak mengalami perubahan dibandingkan 2020 lalu. Perlu Anda ketahui bahwa tarif tersebut adalah tarif minimum yang dikenakan kepada Anda yang ingin mengubah jadwal penerbangan sebelum 72 jam. Harga tersebut bisa bertambah sesuai dengan penambahan jam setelah Anda melakukan pengajuan reschedule pada pihak Citilink.

Baca juga  Update Terkini Harga Snack Bayi 6 Bulan & Alternatif Camilan MPASI

Pembayaran biaya administrasi untuk mengganti jadwal penerbangan bisa Anda bayarkan melalui ATM, travel agent, dan internet banking. Sebelum Anda membayar, pastikan Anda mencatat atau mengingat pembayaran yang tertera pada website atau yang diberikan oleh call center.

Setelah Anda berhasil membayar biaya reschedule tiket Citilink, simpan bukti pembayarannya. Lakukan konfirmasi pembayaran melalui call center Citilink. Setelah pembayaran terkonfirmasi, maka Anda akan mendapatkan email dari Citilink. Email tersebut adalah bukti bahwa Anda telah berhasil mengubah jadwal penerbangan, sekaligus berisi e-ticket yang baru.

Maskapai Citilink

Website: www.citilink.co.id
Call Center 1: 080 4108 0808
Call Center 2: 031 9920 8709

[Update: Ditta]

[1] Putra, Temy Dwi & Putu Nina Madiawati. 2015. Pengaruh Low Cost Carrier terhadap Kepercayaan pada Citilink. e-Proceeding of Management, Vol. 2(3): 3676-3681.

author

Leave a reply "Update Cara dan Biaya Reschedule Tiket Penerbangan Citilink"