Update Biaya Program & Ujian Nasional Kejar Paket B (Setara Tingkat SMP)

Bagi Anda yang berusia di atas usia sekolah, namun ingin memiliki kemampuan, pengetahuan, serta ijazah setara dengan SD, SMP, dan SMA, tidak perlu berkecil hati. Anda bisa mengikuti Kejar Paket A, B, atau C. Siapa saja yang ingin mengikuti Kejar Paket A, B, atau  C, harus mendaftar di lembaga penyelenggara Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) resmi yang terdaftar di Departemen Pendidikan Nasional, sehingga nantinya bisa mengikuti Ujian Kejar Paket dan mendapatkan ijazah yang diakui oleh negara. Biaya program dan Ujian Nasional (UN) kejar paket tergantung lembaga pilihan Anda.

biaya, kejar, paket, b, ujian, nasional, kesetaraan, program, pendidikan, usia, sekolah, tingkat, SMP, SD, SMA, A, C, gratis, pemerintah, peserta, jenjang, nonformal, akreditasi
Ilustrasi: ujian nasional (sumber: Liputan6)

Kejar Paket A setara dengan Sekolah Dasar (SD), Kejar Paket B setara dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP), sedangkan Kejar Paket C setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Melalui program kejar paket tersebut, siswa akan mendapatkan pelajaran setara dengan tingkatannya.

Bacaan Lainnya

Di akhir program, siswa bisa mengikuti ujian kejar paket (atau biasa disebut dengan istilah ujian persamaan atau ujian kesetaraan) untuk mendapatkan sertifikat ijazah sebagai tanda kelulusan. Sertifikat itu dapat dipakai untuk mendaftar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, baik ke sekolah menengah ataupun ke perguruan tinggi. Bagi yang hendak langsung bekerja, ijazah juga dapat dipergunakan sebagai kelengkapan persyaratan lamaran kerja.

Bagi yang telah bekerja dan ingin mengikuti kejar paket A, B atau C, tidak usah khawatir akan terganggu atau tersita waktu untuk bekerja, karena banyak penyelenggara kejar paket yang mengadakan pembelajaran di luar jam kerja, seperti di malam hari setelah jam kerja. Waktu tempuh pendidikan pun tidak seperti sekolah formal pada umumnya yang harus menunggu 3 tahun untuk mengikuti ujian dan lulus. Dengan metode pembelajaran yang intensif dan efisien, pendidikan kejar paket dapat ditempuh dengan waktu yang relatif lebih singkat.

Baca juga  Biaya Kuliah Program Ekstensi (D3 ke S1) di BINUS University TA 2022/2023

Biaya Ujian Nasional Kesetaraan

Untuk Anda yang ingin melaksanakan Ujian Nasional (UN) Kesetaraan, baik paket A, B, atau C, tidak ada biaya yang ditetapkan. Dilansir dari Tribunnews, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menekankan pelarangan pungutan biaya UN untuk peserta didik baru pada 2020. Aturan tersebut sudah tercantum dalam Permendikbud No. 43 Tahun 2019.

Permendikbud tersebut berisi tentang biaya penyelenggaraan dan pelaksanaan UN menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, daerah, dan sekolah. Jadi, pemerintah pusat, daerah, dan satuan pendidikan atau lembaga pendidikan lainnya tidak diperbolehkan memungut biaya pelaksanaan UN atau ujian kesetaraan pada siswa, orang tua/wali, dan orang yang membiayai peserta didik tersebut.

Peraturan yang sama juga telah mengatur persyaratan bagi siswa yang ingin lulus dari satuan jenjang pendidikan. Perilaku serta sikap siswa menjadi salah satu syarat kelulusan terpenting bagi siswa di akhir jenjang pendidikan. Syarat kelulusan tersebut dituangkan dalam bagian keempat pasal enam.

Dalam pasal enam butir kedua dinyatakan, peserta didik dapat dinyatakan lulus dari sekolah atau satuan pendidikan apabila memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik.  Biasanya, pihak sekolah mendeskripsikan nilai perilaku baik menggunakan huruf “B” dalam laporan hasil belajar.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin melakukan UN kesetaraan, juga perlu mempertimbangkan poin tersebut. Selama proses pembelajaran, pastikan Anda tidak menganggap remeh setiap pelajaran yang ada. Perhatikan tutor Anda dengan baik saat menerangkan, dan cobalah untuk tetap bersikap baik. Setiap hal kecil yang Anda lakukan akan mendapat penilaian khusus. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai persyaratan kelulusan yang harus Anda penuhi, berikut rinciannya.

Baca juga  Info Terbaru Harga Lisensi Resmi Software WinRAR

Persyaratan Kelulusan UN

Ilustrasi ujian paket B (sumber: infopublik.id)
Ilustrasi ujian paket B (sumber: infopublik.id)
  • Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
  • Nilai sikap atau perilaku minimal baik.
  • Mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan.

Berbeda dengan tahun 2020 lalu sebelum adanya Covid-19, tahun 2021 dan 2022, ujian tingkat satuan pendidikan kesetaraan program Paket A, Paket B, dan Paket C dilakukan dalam bentuk berikut.

Bentuk Ujian Patek Tahun 2022

  • Portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya).
  • Tes secara luring atau daring; dan/atau
  • Bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

Ketentuan tersebut tercantum dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam masa Darurat Penyebaran Covid-19. Secara umum, persyaratan kelulusan tahun ini tidak jauh berbeda dari tahun lalu. Jika Anda berhasil menyelesaikan persyaratan tersebut dari awal hingga akhir, Anda pasti lolos dalam UN Kesetaraan. Meskipun begitu, ada baiknya juga Anda belajar dengan lebih giat, sehingga selain lulus, Anda akan mendapatkan nilai yang memuaskan.

Biaya Kejar Paket B

Ilustrasi: Program Ujian Kesetaraan Paket B (credit: ujiankesetaraan)
Ilustrasi: Program Ujian Kesetaraan Paket B (credit: ujiankesetaraan)
Penyelenggara Paket B Alamat Biaya Mulai (Rp)
LPK Pelita Nusantara Perum. Batu Aji Residence Simpang Lampu Merah Putri Hijau Pendaftaran: 300.000
Biaya Pendidikan: 2.500.000
Yayasan Robiatul Adawiyah Marunda Jl. Sungai Tiram No. 32, Marunda Baru, Cilincing, Jakarta Utara Pendaftaran: 500.000
Pembinaan: 2.500.000
Pengambilan Ijazah & Legalisir: 300.000
Ujian Kesetaraan Sekolah Kasih Anugerah Jl Sekolah No.5 Menceng Tegal Alur – Jakarta Barat Pendaftaran: 300.000
Biaya Pendidikan: 2.500.000
Global Sevilla Jl. Pulo Mas Jaya no. 1, Pacuan Kuda Pulo Mas – Jakarta Timur Pendaftaran: 300.000
Biaya Pendidikan: 2.500.000
PKBM Jakarta Jl. Sungai Tiram Rt. 001 / 06 No. 39 Kel. Marunda Baru Kec. Cilincing Jakarta Utara Pendaftaran: 500.000

 

Biaya Pendidikan: 2.500.000
PKBM Bina Insan Kamil Jl. Raya Puspiptek No.1 Babakan Tangerang Selatan Pendaftaran: 200.000
Biaya pendidikan: 1.500.000
SPP: 225.000 per bulan
Evaluasi Belajar: 1.650.000
PKBM Generasi Juara Jl. Singosari Raya No.8, Depok, Jawa Tengah Biaya Pendidikan per Semester: 2.800.000 – 3.000.000
Biaya Pendidikan per Bulan: 750.000 – 800.000

Biaya pendidikan kejar paket B di atas bisa berubah sesuai kebijakan lembaga yang bersangkutan. Jika dibandingkan dengan tahun 2019, 2020, dan 2021, tentunya tarif kejar paket B tahun 2022 mengalami perubahan. Sebagai contoh, biaya pendaftaran kejar paket B di Yayasan Robiatul Adawiyah Marunda, yang dibanderol Rp200.000 tahun 2019 naik menjadi Rp300.000 tahun 2020 dan 2021, naik lagi menjadi Rp500.000 di tahun 2022.

Tidak hanya terbatas di area Jakarta, bagi Anda yang berada di luar Jawa seperti di Kabupaten Batang, bisa mengikuti bimbingan kejar paket. Melalui Unit Pelaksana Teknis Sanggar Kegiatan Belajar (UPT SKB) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pemerintah Kabupaten Bontang menggelar pendaftaran program pembelajaran Paket A, B, dan C dengan biaya gratis untuk setiap pesertanya.

Keunggulan lainnya, pendidikan kesetaraan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Batang tersebut memiliki 9 jenis dengan sistem pembelajaran yang baik dan sistematis. Para peserta didiknya akan mendapatkan fasilitas kurikulum pendidikan yang setara dengan pendidikan formal. Sebagai persyaratan mengikuti pendidikan kesetaraan, peserta harus mengumpulkan legalisir ijazah terakhir dan pas berwarna terbaru ukuran 3 x 4, sebanyak 2 lembar.

 

[Update: Almas]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.