Biaya Program & Ujian Nasional Kesetaraan Kejar Paket B (Setara Tingkat SMP)

Bagi Anda yang berusia di atas usia sekolah, namun ingin memiliki kemampuan, pengetahuan, serta ijazah setara dengan SD, SMP, dan SMA, tidak perlu berkecil hati. Anda bisa mengikuti Kejar A, B, atau C.

biaya, kejar, paket, b, ujian, nasional, kesetaraan, program, pendidikan, usia, sekolah, tingkat, SMP, SD, SMA, A, C, gratis, pemerintah, peserta, jenjang, nonformal, akreditasi

Ilustrasi: sejumlah peserta nasional paket B (sumber: swarapendidikan.co.id)

Kejar itu singkatan dari Kelompok Belajar. Siapa saja yang ingin mengikuti Kejar Paket A, B dan C harus mendaftar di lembaga penyelenggara Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) resmi yang terdaftar di Departemen Pendidikan Nasional, sehingga nantinya bisa mengikuti Ujian Kejar Paket dan mendapatkan ijazah yang diakui oleh Negara.

Kejar Paket A setara dengan Sekolah Dasar (SD), Kejar Paket B setara dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP), sedangkan Kejar Paket C setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Melalui program kejar paket tersebut siswa akan mendapatkan pelajaran setara dengan tingkatannya.

Di akhir program, siswa bisa mengikuti ujian kejar paket (atau biasa disebut dengan istilah ujian persamaan atau ujian kesetaraan) untuk mendapatkan Ijazah sebagai tanda kelulusan. itu dapat dipakai untuk mendaftar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, baik ke sekolah menengah ataupun ke perguruan tinggi, atau bagi yang hendak langsung bekerja. Ijazah juga dapat dipergunakan sebagai kelengkapan persyaratan lamaran kerja.

Bagi yang telah bekerja dan ingin mengikuti kejar paket A, B atau C, tidak usah khawatir akan terganggu atau tersita waktu untuk bekerja, karena banyak penyelenggara kejar paket yang mengadakan pembelajaran di luar jam kerja, seperti di malam hari setelah jam kerja. Waktu tempuh pendidikan pun tidak seperti sekolah formal pada umumnya yang harus menunggu 3 tahun untuk mengikuti ujian dan lulus, namun dengan metode pembelajaran yang intensif dan efisien, pendidikan kejar paket dapat ditempuh dengan waktu yang relatif lebih singkat.

Baca juga  Pendaftaran & Biaya UNMER Malang (Universitas Merdeka Malang) TA 2019/2020

Ujian Nasional Kesetaraan

Untuk Anda yang ingin melaksanakan Ujian Nasional (UN) Kesetaraan, baik paket A, B, atau C, tidak ada biaya yang ditetapkan. Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bojonegoro menegaskan, pelaksanaan ujian paket dilakukan secara gratis. Sehingga jika ada lembaga pendidikan yang mewajibkan untuk membayar, maka disebut pungli.

biaya, kejar, paket, b, ujian, nasional, kesetaraan, program, pendidikan, usia, sekolah, tingkat, SMP, SD, SMA, A, C, gratis, pemerintah, peserta, jenjang, nonformal, akreditasi

Ilustrasi: penyelenggaraan UNBK paket B (sumber: aboutcirebon.id)

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Hanafi mengatakan, menjelang pelaksanaan ujian kejar paket rawan terjadi pungli. Maka saat ini Dinas Pendidikan akan tegas untuk memproses melalui jalur hukum jika terjadi pungli.

Apabila ada PKBM yang melakukan pungli dengan alasan apapun, maka disarankan untuk meminta bukti kuitansi dan segera melaporkan ke Dinas Pendidikan, maka akan proses ke jalur hukum.

Hanafi menambahkan dalam pelaksanaan ujian kejar paket, baik Paket B (tingkat SMP) dan Paket C (tingkat SMA) gratis. Peserta tidak boleh dikenakan biaya. Sehingga, peserta bisa melaksanakan ujian tanpa terbebani dengan biaya.

Baca juga  Update Biaya Kuliah Pascasarjana S2 & S3 Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Sementara itu, menurut Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas) Harris Iskandar menyebutkan 47 persen biaya Ujian Nasional (UN) kesetaraan menjadi tanggungan pemerintah daerah. Ia juga menjelaskan 53 persen sisanya dibebankan pada anggaran Biaya Operasional Pendidikan (BOP) Kesetaraan.

Hasil dari rapat koordinasi dengan pemerintah daerah disepakati sebanyak 47 persen biaya UN kesetaraan dibebankan pada kabupaten/kota dan satuan pendidikan. Sementara sisanya atau 53 persennya dibebankan pada anggaran Biaya Operasional Pendidikan (BOP) Kesetaraan. UN Kesetaraan merupakan UN yang diikuti peserta didik paket B dan C. Untuk UN kesetaraan tahun 2018 diikuti 338.378 peserta didik yang terdiri dari 122.198 peserta dari paket B dan 216.180 dari paket C. Harris juga mengatakan tahun 2018 merupakan tahun kedua bagi pendidikan nonformal menerapkan UNBK.

Jadwal UN untuk Program Paket C akan berlangsung pada rentang waktu 27 April hingga 2 Mei 2018, sedangkan UN untuk Paket B akan berlangsung pada rentang waktu 4 Mei hingga 7 Mei 2018.

biaya, kejar, paket, b, ujian, nasional, kesetaraan, program, pendidikan, usia, sekolah, tingkat, SMP, SD, SMA, A, C, gratis, pemerintah, peserta, jenjang, nonformal, akreditasi

Ilustrasi: ujian nasional (sumber: Liputan6)

Selain itu, untuk meningkatkan pelaksanaan UNBK di jenjang pendidikan nonformal, pemerintah juga memberikan unit komputer untuk PKBM dengan akreditasi A dan sudah memiliki gedung sendiri. Harris mengatakan, insentif berupa komputer akan diberikan Kemendikbud secara bertahap untuk PKBM-PKBM terakreditasi A. Dari jumlah tersebut sebanyak 97,23 persen diantaranya UN berbasis komputer (UNBK) dan 2,77 persen sisanya adalah UN kertas dan pensil (UNKP).

Baca juga  Info Terbaru Jadwal Pendaftaran, Syarat, dan Biaya Kuliah LP3i Surabaya

UNKP masih dilaksanakan di daerah yang infrastruktur pendidikan, dan akses internet masih terbatas. UNKP juga diselenggarakan di lembaga pemasyarakatan. Menurut Harris, pihaknya juga berkoordinasi dengan dinas pendidikan kabupaten dan kota sudah melakukan pemetaan di wilayahnya masing-masing mengenai UNBK untuk peserta didik di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM). Jadi, nanti dinas yang memetakan, PKBM ini UNBKnya di SMA atau SMK yang mana.

Biaya Kejar Paket B

Bagi Anda khususnya yang ingin mengikuti Kejar Paket B atau kesetaraan tingkat SMP, ada beberapa tempat yang menyediakan layanan bimbingan seperti Yayasan Robiatul Adawiyah Marunda, Utara. Khusus Paket B, dibanderol Rp 200.000 untuk biaya , biaya keseluruhan sebesar Rp 2.500.000 (bisa diangsur 10 kali @Rp 250.000).

Tidak hanya terbatas di area Jakarta saja, bagi Anda yang berada di luar Jawa seperti di Kota Bontang, bisa mengikuti bimbingan kejar paket. Tempat itu bernama Rumah Pintar dan Balai Belajar Bersama. Melalui Unit Pelaksana Teknis Sanggar Kegiatan Belajar (UPT.SKB) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pemerintah Kota Bontang menggelar pendaftaran program pembelajaran Paket A, B, dan C. Harapan pemerintah setempat, pemerataan pendidikan dapat dirasakan oleh masyarakat yang belum sempat atau tertunda dalam mengenyam pendidikan.

loading...

Leave a reply "Biaya Program & Ujian Nasional Kesetaraan Kejar Paket B (Setara Tingkat SMP)"