Biaya Premarital Check Up Sebelum Menikah

Premarital check up merupakan pengujian untuk mendiagnosis dan menangani gangguan atau kelainan yang tidak diketahui sebelumnya serta mencegah risiko transmisi penyakit ke pasangan atau keturunan sebelum menikah.[1] Anda bisa melakukan screening kesehatan pranikah ini di rumah sakit atau klinik terdekat dengan biaya mulai ratusan ribu rupiah.

Dengan melakukan tes kesehatan sebelum menikah, setiap pasangan dapat mengetahui kondisi tubuhnya secara menyeluruh, sehingga diharapkan dapat mencegah atau meminimalkan terjadinya kelainan kongenital. Selain itu, premarital screening termasuk jenis tes genetik untuk menentukan risiko yang dimiliki setiap pasangan ketika ingin memiliki momongan.

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: Konsultasi Pasangan Sebelum Menikah (credit: sanjaykapoorcounselling)
Ilustrasi: Konsultasi Pasangan Sebelum Menikah (credit: sanjaykapoorcounselling)

Ada beberapa penyakit berbahaya yang bisa diturunkan kepada anak dari orang tua secara genetik dan ini bisa diketahui dengan melakukan premarital check up, di antaranya diabetes melitus, thalasemia, dan hepatitis B. Diabetes melitus merupakan penyakit umum ketika pasien memiliki kadar gula darah tinggi akibat insulin yang tidak bisa bekerja dengan normal. Lalu, thalasemia adalah penyakit genetik yang dialami pasien ketika sel darah mudah rusak, sehingga menyebabkan anemia dan memerlukan transfusi darah seumur hidup. Sementara itu, hepatitis B adalah penyakit yang disebabkan virus dan menyerang hati.

Baca juga  Update Harga OBH Combi (Anak dan Dewasa)

Dilansir dari halodoc, cek kesehatan pranikah sangat penting jika pasangan ingin memiliki konsep hidup yang bahagia selama masa pernikahannya. Dalam satu paket premarital screening, terdapat beberapa tes kesehatan yang harus dilakukan setiap individu seperti berikut.

Paket Premarital Check Up

  • Tes darah. Ada beberapa macam jenis tes darah yang akan dilakukan pasien dalam premarital check up, tetapi yang paling standar adalah hematologi rutin. Ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan mempelai pria dan wanita secara umum. Selain itu, tes darah digunakan untuk menelisik adanya kemungkinan kelainan darah yang dapat diturunkan kepada anak, seperti thalasemia dan hemofilia.
  • Tes HIV, sifilis, dan hepatitis B. Ini adalah tes wajib, karena tiga penyakit tersebut sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian, kanker hati, serta risiko penularan kepada janin. Tes kesehatan ini harus dilakukan calon mempelai pria dan wanita.
  • Tes TORCH (Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes Simplex). Ini merupakan tes terhadap penyakit berbahaya yang disebabkan kuman dan bisa berisiko keguguran, bayi lahir prematur, dan kelainan janin. Tes ini dilakukan dengan cara mengambil sampel darah calon istri. Biasanya, wanita disarankan untuk melakukan tes enam bulan sebelum menikah supaya bisa melakukan perawatan medis jika hasilnya positif.
  • Tes urine. Cek kesehatan pranikah juga turut memeriksa urine untuk mendeteksi adanya gangguan saluran kemih, ginjal, dan penyakit metabolik. Tes ini disarankan dilakukan pria dan wanita.
  • Tes kesuburan. Hal yang wajib dan paling penting saat melakukan premarital check up adalah tes kesuburan. Untuk pria, tes kesuburan dilakukan dengan memeriksa sperma, sedangkan pada perempuan dilakukan tindakan USG pada perut.
  • Tes glukosa puasa. Wajib mengetahui kadar gula darah secara berkala, khususnya sebelum menikah. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat risiko diabetes melitus pada pasangan. Dengan mengetahui tingkat risikonya, setiap pasangan bisa mencegah diabetes yang dapat menurunkan tingkat reproduksi serta risiko gangguan kehamilan.
Baca juga  Jadwal dan Biaya Pendaftaran PKN STAN TA 2022/2023

Bagi Anda yang membutuhkan premarital check, Anda bisa melakukannya di rumah sakit atau klinik terdekat. Sebagai referensi biaya tes pranikah, Anda bisa melihat tabel berikut.

Ilustrasi: Pentingnya Melalukan Pre Marital Check Up Sebelum Menikah (credit: gulfnews)
Ilustrasi: Pentingnya Melalukan Pre Marital Check Up Sebelum Menikah (credit: gulfnews)

Biaya Premarital Check Up

Nama Instansi Kesehatan Alamat Biaya per Pasien
TRIASSEE Jl. Letjen S. Parman Kav. 28, Jakarta Premarital Wanita: Rp4.168.000
Medistra Hospital Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 59, Jakarta Hb Analisa: Rp624.000
Imunoserologi Tambahan Wanita: Rp1.280.000
Premarital Pria: Rp2.590.000
Premarital Wanita: Rp3.850.000
Darmo Jl. Raya Darmo No. 90, Surabaya Premarital Medical Check Up: Rp750.000
Siloam Hospital Jl. Perjuangan Kav. 8, Kb. Jeruk, Jakarta Advanced Premarital Screening: Rp3.804.021
Advanced Premarital Screening + Andrologist: Rp3.955.536
Basic Premarital Screening Male: Rp2.971.292
Advanced Premarital Screening Female: Rp4.331.488
Basic Premarital Screening Female: Rp4.134.477
RSA Universitas Gadjah Mada Jl. Kabupaten (Lingkar Utara), Kronggahan, Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta Paket Premarital Screening: Rp465.000

Biaya tes premarital di atas telah kami rangkum dari website instansi medis terkait. Tentunya tarif cek kesehatan sebelum nikah di setiap rumah sakit atau klinik tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca juga  Cara Pakai dan Update Harga Mud Mask Jafra 75ml

[1] Utami, Suciari Tri & Niken Safitri Dyan Kusumaningrum. 2020. Pengetahuan Pasangan Pranikah tentang Premarital Screening Talasemia. Jurnal Keperawatan Universitas Diponegoro, Vol. 11(2): 225-233.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.