Info Terbaru Kisaran Biaya Pondok Pesantren Buntet Cirebon

No comment23944 views

di pesantren masih cukup banyak peminatnya. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian di berbagai wilayah Indonesia, lembaga pendidikan ini sering ditemui, termasuk di Cirebon. Di kabupaten ini, terdapat Pondok Pesantren Buntet yang diklaim sebagai salah satu yang tertua di Indonesia. Menyediakan empat jenjang pendidikan, mulai SD hingga perguruan , biaya pendidikan di Pondok Pesantren Buntet bervariasi, tergantung jenjang yang ditempuh.

Profil Pondok Pesantren Buntet

Santri Pesantren Buntet (sumber: tribunnews.com)

Santri Pesantren Buntet (sumber: tribunnews.com)

Ponpes ini didirikan oleh Kiai Muqayim pada tahun 1758 (abad 18). Mulanya, Kiai Muqayim membuka pengajian dasar-dasar Al Quran bagi masyarakat di Desa Dawuan Sela (lokasi Pondok Pesantren Buntet sejak tahun 1750-an). Tempat berlangsungnya pengajian itu adalah sebuah panggung bilik bambu ilalang yang di dalamnya terdapat beberapa tidur atau pondokan yang dindingnya terbuat dari bambu dan atapnya terbuat dari pohon ilalang. 

Saat ini, lokasi Pondok Pesantren Buntet berada di Blok Manis Depok Pesantren, Desa Mertapada Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon. Lokasi Pondok Pesantren Buntet dapat dikategorikan sebagai tempat yang strategis dan sangat mudah dijangkau dengan menggunakan jenis apa pun, baik sepeda motor maupun mobil.

Pesantren Buntet selama tiga dasawarsa (1946-1979) telah mengalami perubahan dan pembaruan yang sangat pesat, dilanjutkan berdirinya MTs Muallimin dan Muallimat, dan terakhir MA yang kemudian beralih status menjadi MAN. Kenyataan ini menunjukkan bahwa kiai dan para pembina Pesantren Buntet selalu berupaya meningkatkan dan memikirkan bentuk dan jenis pendidikan yang sesuai dengan kemauan dan perkembangan zaman.

Salah satu upaya yang dilakukan pengelola Pesantren Buntet agar semua aset dan kegiatan yang telah berlangsung tetap berjalan tetapi mampu mengikuti zaman, adalah mendirikan suatu wadah terorganisasi yang diharapkan akan mampu menjadi mediator antara pesantren dengan masyarakat ataupun dengan . Wadah yang dimaksud adalah Yayasan Pendidikan (YPI) yang didirikan pada 29 Juni 1992 dengan Akta Notaris no. 71.

Melalui YPI, semua bentuk kegiatan kependidikan (sekolah maupun luar sekolah), kemasyarakatan, maupun kepesantrenan dilindungi secara formal karena semua bentuk program dan kegiatan yang ada selalu berdasarkan perencanaan dan kesepakatan pengurus yayasan. Di dalam yayasan ini, juga ditetapkan semua kegiatan yang bersifat kependidikan diselenggarakan melalui Lembaga Pendidikan Islam (LPI). Dengan demikian, di Pesantren Buntet terdapat dua badan penyelenggara pendidikan yaitu YPI dan LPI. Program-program YPI bersifat menyeluruh (universal), sedangkan program-program LPI bersifat internal.

Salah satu tugas YPI adalah mengelola dan menyelenggarakan pendidikan formal dan non-formal. Pasalnya, salah satu sistem yang dibangun di pesantren ini adalah bagi santri yang mondok di Pesantren Buntet, diharuskan menyelesaikan pendidikan formal sebagai amanat UU Pendidikan Nasional, sesuai dengan usia pendidikannya. 

Santri harus mengikuti jenjang pendidikan formal seperti SD, , SMA, hingga universitas jika mampu. Selain itu, mereka pun diwajibkan mengikuti pendidikan non-formal (dirosah diniyyah) yang digelar di masing-masing asrama, atau mengikuti pendidikan khusus yang diadakan oleh kyai-kyai sesuai spesialisasi ilmunya.

Seperti disampaikan di atas, pendidikan yang diselenggarakan di Pesantren Buntet meliputi TK hingga perguruan tinggi. Secara rinci, berikut jenjang pendidikan yang terdapat di lembaga ini.

Ilustrasi: Pondok Pesantren Buntet (credit: mtsnuputra2)

Ilustrasi: Pondok Pesantren Buntet (credit: mtsnuputra2)

Jenjang Pendidikan di Pesantren Buntet

  • Taman Kanak-Kanak.
  • Madrasah Diniyah.
  • Madrasah Ibtidaiyah.
  • Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Putra II (MTsNU Putra II).
  • Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Putra I (MTsNU Putra I).
  • Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Putri (MANU Putri).
  • Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Putra (MANU Putra).
  • Madrasah Aliyah Negeri (MAN).
  • SMK Mekanika Buntet Pesantren.
  • Perawat Buntet Pesantren.

Biaya Kuliah Pesantren Buntet

Sayangnya, di dalam situs resminya, pihak Pesantren Buntet tidak bersedia memberikan bocoran informasi mengenai biaya pendidikan di lembaga ini, baik untuk jenjang TK, MI, MTs, MA, atau perguruan tinggi. Namun, dari penelusuran yang dilakukan penulis, ada brosur yang menginformasikan biaya pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Buntet Cirebon. Berikut kisaran biaya untuk bisa menempuh studi di STIT Buntet Cirebon pada tahun 2020/2021.

Biaya STIT Buntet Cirebon

Komponen BiayaBiaya
Sumbangan PembangunanRp1.000.000
Sumbangan Penyelenggaraan PendidikanRp1.200.000 per semester
Biaya PendaftaranRp150.000
KTMRp50.000
Jaket Almamater Rp200.000
Biaya NIRM MahasiswaRp200.000
Uang Kegiatan MahasiswaRp150.000
Masa TaarufRp100.000
UTS Rp250.000
UASRp250.000
Total BiayaRp3.400.000

Untuk tahun 2021, berdasarkan informasi di akun Facebook resmi STIT Buntet Pesantren Cirebon tampaknya masih belum ada rincian biaya dan jadwal pendaftaran untuk mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022. Namun demikian, untuk MANU Putra dan Putri Buntet Pesantren saat ini sudah membuka penerimaan siswa baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2021/2022.

Ketika dikonfirmasi langsung ke pihak pesantren, rupanya rincian keuangan MANU Putra dan Putri Buntet Pesantren untuk tahun 2021 ini memang masih belum dirilis oleh bagian bendahara. Jika mengacu pada tahun 2020 lalu, total biaya sekolah untuk 1 tahun di MANU Putra mencapai Rp2,8 juta.

Pondok Pesantren Buntet Cirebon (sumber: laduni.id)

Pondok Pesantren Buntet Cirebon (sumber: laduni.id)

Pendaftaran STIT Pesantren Buntet Cirebon

  • Fotokopi ijazah terakhir dan dilegalisir.
  • Fotokopi SKHUN terakhir dan dilegalisir
  • Fotokopi daftar nilai terakhir dan dilegalisir. 
  • Fotokopi Syahadah Khotmil Quran.
  • Fotokopi KTP & KTP orang tua.
  • Fotokopi KK & akta kelahiran.
  • Biodata (termasuk bukti prestasi jika ada).
  • Pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar dan 4 x 6 sebanyak satu lembar.
  • Membayar biaya pendaftaran.

Syarat Pendaftaran AKPER Buntet Cirebon

  • Warga Negara Indonesia.
  • Lulus SMA/SMK/MA dan sederajat.
  • Surat keterangan sehat dan tidak buta warna dari instansi kesehatan
  • Fotokopi ijazah/STTB/surat keterangan lulus.
  • Surat Keterangan Kelaluan Baik (sekolah atau kepolisian).
  • Pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak lima lembar
  • Membayar biaya pendaftaran dan tes kesehatan.

Jadwal Pendaftaran Pesantren Buntet TA 2021/2022

KegiatanTanggal
Pendaftaran peserta19 April – 1 Juli 2021
Penyerahan berkas pendaftaran1 Juni – 2 Juli 2021
Tes seleksi masuk2 Juli 2021
Pengumuman tes4 Juli 2021
Daftar ulang5-6 Juli 2021
MOS/MATSAMA7-9 Juli 2021
KBM aktif11 Juli 2021

Informasi di atas merupakan jadwal pendaftaran MANU Putra dan Putri Buntet Pesantren Cirebon pada tahun akademik 2021/2022. Sedangkan untuk STIT Buntet masih belum mengumumkan informasi mengenai pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun ini. Merujuk tahun akademik sebelumnya, pendaftaran biasanya dibuka dalam tiga gelombang, yakni Januari-Juni, Juni-Juli, serta bulan Juli. 

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, Anda bisa langsung menghubungi email di alamat [email protected] untuk AKPER Buntet atau nomor ponsel 0812 2165 8837, nomor telepon (0231) 8845520 untuk STIT Buntet, serta telepon 085724555547 (MANU Putri) atau WhatsApp 085322265799 (MANU Putra).

[Update: Dian]

Baca juga  Info Terbaru Biaya SMA 1 PSKD
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Kisaran Biaya Pondok Pesantren Buntet Cirebon"