Update Biaya Pendidikan di Pondok Pesantren Al Hikam Malang

Al Hikam merupakan lembaga pendidikan berbasis agama Islam yang berlokasi di Malang dan dikhususkan untuk mahasiswa. Selain menyediakan lembaga pendidikan agama Islam, ini juga memiliki unit Program Pendidikan atau Agama Islam (STAI) Ma’had Aly Al Hikam yang mematok biaya yang sangat terjangkau.

KH. Hasyim Muzadi, pendiri Pondok Pesantren Al Hikam

KH. Hasyim Muzadi, pendiri Pondok Pesantren Al Hikam

Disitat dari situs resminya, Pondok Pesantren Al Hikam diketahui resmi berdiri pada tanggal 21 Maret 1992. Mengklaim diri sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, lembaga pendidikan Islam ini memiliki tujuan memadukan dimensi positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan dengan dimensi positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar.

Digagas oleh KH Hasyim Muzadi, pesantren ini membentuk tiga lembaga utama sebagai pelaksana proses pendidikan, yaitu Kepengasuhan (Ri’ayah wal Irsyad), Pengajaran (Dirosah/Tadris wat Ta’lim), dan Kesantrian (Ta’diib wat Tahdzib). Pondok ini sendiri ingin menjadi pesantren mahasiswa sebagai masyarakat belajar untuk mengembangkan potensi fitrah insaniah yang mengintegrasikan etika agama, etika ilmiah, dan etika sosial.

Selain itu, Pondok Pesantren Al Hikam juga memiliki Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma’had Aly setara Sarjana atau S1. Ada tiga program yang diselenggarakan di sekolah tinggi ini, yaitu S1 Pendidikan Agama Islam (PAI), S1 Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Masih menurut sumber yang sama, Pondok Pesantren Al Hikam Malang sayangnya tidak bersedia memberikan bocoran mengenai biaya ketika mahasiswa menempuh studi agama di tempat ini. Pihak pesantren hanya menginformasikan bagi mahasiswa yang ingin menuntut ilmu agama di tempat ini, bisa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp200.000.

Tetapi, jika masyarakat ingin menempuh studi di Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al Hikam, ada dua kelas perkuliahan yang ditawarkan, yaitu Kelas Mukim (kelas yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang bertempat tinggal di pesantren mahasiswa Al Hikam Malang) dan Kelas Non-Mukim (kelas yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang hanya kuliah dan tidak tinggal di pesantren mahasiswa Al Hikam Malang). Berikut biaya pendidikan di STAI Ma’had Aly Al Hikam Malang.

Biaya Pondok Pesantren Al Hikam

Komponen BiayaBesaran Biaya (Rp)
MukimNon-Mukim
Her per-150.000 (semua program studi)PAI : 150.000
MPI : 150.000
PGMI : 150.000
SPP Bulanan500.000 (semua program studi)PAI : 200.000
MPI : 150.000
PGMI : 150.000

*Biaya di atas belum termasuk biaya awal masuk, biaya untuk skripsi, dan biaya untuk .

Masjid Pondok Pesantren AL Hikam (sumber: jawapos.com)

Masjid Pondok Pesantren AL Hikam (sumber: jawapos.com)

Untuk bisa menempuh pendidikan agama Islam di pondok pesantren ini, calon wajib memenuhi beberapa sebagai berikut.

Pendaftaran Pondok Pesantren Al Hikam

  • Mahasiswa jenjang S1 atau Sarjana yang terdaftar di perguruan tinggi maksimal semester III.
  • Surat pernyataan orang tua atau wali santri (dapat menyusul).
  • Fotokopi STK dan NUN SMA atau MA sebanyak satu lembar.
  • Fotokopi identitas diri calon santri.
  • Soft file pasfoto berwarna terbaru ukuran 3x4 dan 1 hard file.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Surat keterangan bebas narkoba.
  • Melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp200 ribu.

Untuk persyaratan terbaru saat mendaftar di Pondok Pesantren Al Hikam yang wajib dibawa yakni surat keterangan bebas narkoba. Sementara, jika berminat mendaftar di STAI Ma’had Aly Al Hikam Malang, berikut syarat pendaftarannya.

  • Bukti lunas pendaftaran (Rp200.000 untuk Gelombang I, Rp250.000 untuk Gelombang II, Rp300.000 untuk Gelombang III).
  • Formulir pendaftaran yang sudah terisi.
  • Fotokopi KK dan KTP, masing-masing satu lembar.
  • Fotokopi ijazah atau STTB atau SKL MA/SMA/SMK/Paket C yang sudah dilegalisir sebanyak 3 lembar.
  • Pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar.
  • Khusus untuk pendaftaran STAI Ma’had Aly Jalur Non-Mukim Beasiswa Pemprov Jatim, selain persyaratan umum di atas, juga terdapat persyaratan khusus sebagai berikut.
  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 45 tahun.
  • Penduduk asli Jawa Timur yang dibuktikan dengan fotokopi KTP sebanyak 3 lembar.
  • Pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar.
  • Surat keterangan atau rekomendasi dari yayasan atau pondok pesantren yang menerangkan bahwa yang bersangkutan adalah guru dan telah mengabdi selama 2 tahun di lembaga tersebut, dengan melampirkan sertifikat pendirian madin.
  • Lulus seleksi administrasi, akademik, dan membaca kitab kuning Fathul Quran.
  • Membuat surat pernyataan yang menyatakan tidak akan menuntut diangkat PNS setelah lulus.
Pesantren, pondok, mahasiswa, sekolah, biaya, Al Hikam, Malang, syarat, pendaftaran, santri, Ma’had, jadwal, alamat, email, beasiswa

Santri dan pembina Pondok Pesantren Al Hikam

Biaya pendaftaran tahun ini terbilang naik dari tahun lalu. Sebelumnya untuk gelombang 1 biaya pendaftaran yakni Rp150 ribu, gelombang 2 Rp200 ribu dan gelombang 3 Rp250 ribu. Sementara itu, terkait dengan tidak diperkenankannya lulusan diangkat PNS, sebab lulusan akan kembali mengabdi ke madrasah diniyah asal, tidak akan menuntut biaya lain di luar biaya pendidikan yang telah ditentukan, tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga atau sumber lain, bersedia mengembalikan semua biaya pendidikan yang telah ditempuh jika tidak mampu menyelesaikan kuliah atau studi.

Jadwal Pendaftaran Pondok Pesantren Al Hikam

Untuk tahun ajaran 2020 ini, pihak Pondok Pesantren Al Hikam telah merilis secara resmi informasi penerimaan santri baru pada 20 Januari lalu. Sebelumnya, prosedur pendaftaran santri baru TA 2020/2021 di Pondok Pesantren Al Hikam telah dilaksanakan pada bulan April hingga Agustus 2019. Anda dapat mengupdate informasi selengkapnya melalui situs resmi ponpes di alhikam.ac.id. Biasanya segala informasi terkait PSB akan dimuat di sana.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan menghubungi Gedung Merah Mahad Aly lantai 2 di Jalan Cengger Ayam No. 25, Malang, Jawa Timur, atau nomor telepon (0341) 495375, nomor ponsel 081 333 719 965, dan email di alamat [email protected] Sementara, untuk pendaftaran STAI Ma’had Aly Al Hikam, silakan menghubungi nomor ponsel 082 333 335 998 dan email di alamat [email protected]

[Update: Ditta]

Baca juga  Update Terkini Biaya Kuliah S2 Online di Berbagai Universitas yang Ada di Indonesia
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Biaya Pendidikan di Pondok Pesantren Al Hikam Malang"