Info Terkini Biaya Pendidikan Pesantren Baitul Arqom Ciparay, Bandung

Pesantren Baitul Arqom merupakan salah satu pondok pesantren yang berlokasi di Jalan Raya Pacet, Lembur Awi KM 09, Ciparay, Bandung, Jawa Barat. Berbasis Islam, pondok pesantren ini sekarang menyelenggarakan jenjang pendidikan mulai TK/PAUD, Madrasah Ibtidaiyah (setingkat SD), Madrasah Tsanawiyah (setingkat SMP), Madrasah Aliyah (setingkat SMA), hingga perguruan tinggi (berupa Sekolah Tinggi Agama Islam). Biaya pendidikan di Pesantren Baitul Arqom Ciparay, Bandung terbilang bervariasi.

Pesantren Baitul Arqom Ciparay (instagram: @erylmohammed)
Pesantren Baitul Arqom Ciparay (instagram: @erylmohammed)

Sejarah Pesantren Baitul Arqom

Pondok Pesantren Baitul Arqom bisa dibilang merupakan pondok lawas karena telah dirintis sejak tahun 1922 silam. Kala itu, Mama KH Muhammad Faqih bin Mama KH Muhammad Salim mendirikan Pesantren Lembur Awi. Seperti halnya pesantren-pesantren di Jawa, nama pesantren banyak disamakan dengan nama kampung tempat pesantren itu didirikan.

Bacaan Lainnya

Pesantren Lemburawi sendiri dibangun dalam rangka menegakkan Amar Ma’ruf Nahyi Anil Munkar dengan langkah pertama mengatasi masalah akhlaqul karimah, membina serta mencetak kader-kader ulama, sekaligus menjaga dan melestarikan kemurnian aqidah yang diwariskan oleh sepuh-sepuhnya, yaitu Aqidah Ahlussunnah wal jama’ah.

Kemudian, di tahun 1970, Pesantren Lemburawi berubah nama menjadi Pesantren Baitul Arqom Al Islami, yang diambil dari nama seorang sahabat Nabi Muhammad SAW bernama Arqom bin Abi Arqom. Dalam perjalanannya, pondok pesantren ini telah menyelenggarakan pendidikan dalam beberapa jenjang serta mendirikan lembaga bahasa Arab, yang menjadi bahasa komunikasi sehari-hari para santri.

Jenjang Pendidikan di Pesantren Baitul Arqom

Jenjang pendidikan di pondok pesantren ini bisa dimulai dari TK Pembina dan PUD Baitul Arqom yang berdiri pada tahun 2008 lalu. Diklaim telah meluluskan lebih dari 400 murid, TK dan PAUD Baitul Arqom telah didukung dengan fasilitas kelas yang luas, peraga yang lengkap, juga tempat bermain yang nyaman untuk tercapainya aktivitas belajar dan mengajar yang optimal.

Kemudian, ada Madrasah Ibtidaiyah Baitul Arqom yang telah mengantongi akreditasi A. Lembaga ini memiliki visi mewujudkan madrasah yang Islami dan menjadi pilihan umat untuk menyiapkan sumber daya insani yang unggul di bidang IMTAQ dan IPTEK, sekaligus mengembangkan sikap taat, disiplin, tertib, tangguh, terampil, dan cakap.

Jenjang berikutnya ada Madrasah Tsanawiyah Baitul Arqom yang memiliki akreditasi B+. Lembaga ini memiliki visi mewujudkan madrasah yang Islami dan menyandang prestasi, dengan indikator-indikator seperti unggul dalam aktivitas keagamaan, unggul dalam ekstrakurikuler, unggul dalam prestasi keagamaan, unggul dalam prestasi pengetahuan umum, dan unggul dalam prestasi olahraga.

Di atasnya, ada Madrasah Aliyah Baitul Arqom yang memiliki akreditasi A. Awalnya dibagi menjadi Madrasah Aliyah Umum dan Madrasah Aliyah Keagamaan, saat ini lembaga tersebut menyediakan jurusan IPS, IPA, dan Keagamaan, yang juga memiliki visi mewujudkan madrasah yang Islami dan menjadi pilihan umat untuk menyiapkan sumber daya insani yang unggul di bidang IMTAQ dan IPTEK.

Di setingkat perguruan tinggi, ada Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Baitul Arqom yang awalnya bernama Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS). Ketika pertama berdiri, sekolah tinggi ini menyelenggarakan dua program studi, yaitu Pendidikan Agama Islam dan Ahwal Al-Syakhsyiyyah (Syariah). Namun, karena program studi Syariah sepi peminat, maka yang masih beroperasi hingga sekarang adalah Pendidikan Agama Islam. Berikut kami sajikan informasi biaya masuk Pesantren Baitul Arqom TA 2022/2023.

Pondok Pesantren Baitul Arqom, Ciparay, Bandung (instagram: @serambi_baitularqom)

Biaya Pesantren Baitul Arqom

Komponen Biaya untuk Santri Baru Biaya untuk Santriwati Baru
Biaya Rp1.285.000 Rp1.285.000
Biaya kitab penunjang Rp259.000 Rp259.000
Biaya perlengkapan Rp1.375.000 (putra) Rp1.604.000 (putri)
Total Rp2.919.000 Rp3.148.000

Biaya masuk Pesantren Baitul Arqom mengalami perubahan hampir setiap tahun sesuai kebijakan pihak ponpes. Pada 2019, biaya masuk Pesantren Baitul Arqom berkisar Rp2,5 juta. Lalu, pada 2020, biaya masuknya lebih tinggi yang meliputi biaya pendaftaran, kitab, dan perlengkapan yang ditotal untuk jenjang MTs/MA santri putra dikenai Rp2.693.000. Sedangkan untuk jenjang MTs/MA santri putri dikenai biaya Rp2.943.000.

Memasuki 2021, biaya masuk Pesantren Baitul Arqom kembali mengalami perubahan dibandingkan 2020 lalu. Misalnya, biaya perlengkapan santri putra baik jenjang MTs maupun MA, yang semula dikenakan tarif sebesar Rp1.235.000, naik sedikit sebesar Rp1.253.000, lalu naik lagi jadi Rp1,3 jutaan pada 2022. Sama halnya dengan perlengkapan santri putri baik jenjang MTs maupun MA, yang ikut naik dari Rp1.504.000 menjadi Rp1.604.000, dan stabil sampai 2022.

Sementara itu, untuk jenjang STAI, dikutip dari brosur resminya beberapa tahun lalu, calon mahasiswa wajib membayar beberapa komponen biaya, seperti biaya pendaftaran, biaya orientasi mahasiswa baru dan jaket almamater, serta biaya uang pemeliharaan (termasuk SPP bulan pertama). Berikut kisaran biaya pendidikan di STAI Baitul Arqom yang dapat Anda jadikan referensi.

Biaya STAI Baitul Arqom

Komponen Biaya
Uang Rp150.000
Orientasi Mahasiswa & Jaket Almamater Rp500.000
Uang Pemeliharaan Bulanan Rp500.000 (termasuk SPP bulan pertama Rp120.000)

Informasi biaya STAI Baitul Arqom di atas mengacu pada TA 2020/2021. Pasalnya, pihak institusi belum merilis data resminya, tetapi diprediksi biaya masuk STAI Baitul Arqom TA 2022/2023 tidak jauh berbeda. Layaknya lembaga pendidikan lainnya, calon santri yang ingin melanjutkan studi di pondok ini, wajib memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut.

Kegiatan belajar di Madrasah Aliyah Pesantren Baitul Arqom Ciparay, Bandung (sumber: baitularqom.or.id)

Syarat Baitul Arqom

  • Mengisi formulir yang telah disediakan oleh Panitia Pendaftaran Siswa/Santri Baru.
  • Menyerahkan lima lembar fotokopi STTB atau ijazah terakhir yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah yang bersangkutan.
  • Menyerahkan lima lembar nilai ijazah.
  • Menyerahkan dua lembar fotokopi NISN (Nomor Induk Siswa Nasional).
  • Menyerahkan dua lembar fotokopi akta kelahiran.
  • Menyerahkan dua lembar fotokopi KTP orang tua.
  • Menyerahkan dua lembar fotokopi KJS, SKTM, PKH, dan/atau kartu program sosial lainnya.
  • Menyerahkan satu lembar fotokopi rapor terakhir.
  • Membawa meterai Rp10.000.
  • Menyerahkan satu lembar surat kelakuan baik dari sekolah asal.
  • Menyerahkan lima lembar pasfoto ukuran 2 x 3 dan 3 x 4 (memakai kopiah atau kerudung).

Syarat STAI Baitul Arqom

  • Memiliki ijazah SMA atau yang sederajat.
  • Menyerahkan salinan ijazah SMA atau yang sederajat sebanyak dua lembar.
  • Menyerahkan pas foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak dua lembar.
  • Mengisi formulir pendaftaran.
  • Membayar uang sebesar Rp150.000.
  • Mengikuti dan lulus tes ujian masuk.

Berikut info jadwal terkini Pondok Pesantren Baitul Arqom.

Pesantren Baitul Arqom Ciparay, Bandung (facebook: @BaitulArqomBandung)

Jadwal Pondok Pesantren Baitul Arqom TA 2022/2023

Periode Pendaftaran Tanggal
Pendaftaran online 10 Januari – 2 Juli 2022
Gelombang I 10 Januari – 20 Maret 2022
Gelombang II 14 Mei – 2 Juli 2022

Sementara, untuk pendaftaran mahasiswa baru di STAI Baitul Arqom tahun akademik 2022/2023 belum dirilis secara di websitenya. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, bisa datang langsung ke Jalan Raya Pacet-Ciparay KM 9, Bandung. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor telepon (022) 8596 4444, ponsel di nomor 081221345953, 08522256777, 087822300034, 08522075360, atau email di alamat info@baitularqom.or.id.

[Update: Dian]

Pos terkait