Info Update Biaya & Syarat Pengurusan Visa Schengen Terbaru

Bagi Anda warga Indonesia (WNI) yang hendak mengunjungi sejumlah di Eropa seperti Belanda, Jerman, Perancis, dan sebagainya diwajibkan mengurus terlebih dahulu. Berbeda dengan kunjungan wisata ke -negara Asia Tenggara yang menerapkan aturan bebas visa, di sejumlah Eropa menerapkan visa yang dinamakan visa Schengen. mengurus visa Schengen berkisar 60 euro dan Anda bisa mengurus sendiri atau menggunakan pengurusan visa melalui travel agent. Namun biasanya pengurusan lewat agen travel masih akan dikenai jasa.

Visa Schengen - www.pegipegi.com

Visa Schengen - www.pegipegi.com

Visa Schengen sendiri adalah visa yang memberikan Anda hak untuk tinggal di seluruh Schengen maksimal 90 hari per 6 bulan. Negara-negara yang mencakup Schengen antara lain Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, dan Swiss.

Namun bagi Anda yang ingin tinggal lebih dari 90 hari di Belanda atau wilayah Schengen lainnya, maka Anda diwajibkan untuk melakukan aplikasi visa jangka panjang alias MVV. Pembuatan atau pendaftaran isa MVV bisa Anda lakukan di Kedutaan Belanda.

Biaya & Syarat Pengurusan Visa - www.healthywomen.org

Biaya & Syarat Pengurusan Visa - www.healthywomen.org

Biaya Pembuatan Visa Schengen

Kategori Visa Biaya Visa Biaya Jasa VFS
Untuk dewasa € 60

(Rp 947 ribuan)

€ 25

(Rp 394 ribuan)

Anak-anak (di bawah usia 6 tahun) Bebas € 25

(Rp 394 ribuan)

Anak-anak (usia antara 6-11 tahun) € 35

(Rp 552 ribuan)

€ 25

(Rp 394 ribuan)


Keterangan:

  • Biaya harus dibayarkan di Pusat Aplikasi Visa VFS dan nominal bisa berubah mengikuti kurs yang berlaku.
  • Biaya di atas berlaku bagi turis, mengunjungi keluarga dan teman, pelaut, studi jangka pendek, bisnis, visa kepulangan dan transit bandara.
  • Untuk kerabat Uni Eropa tertentu tidak dikenakan biaya visa, tetapi dikenakan biaya logistik 25 euro atau setara Rp 394 ribuan (kurs rupiah Oktober 2017).

Biaya visa tidak dibebankan untuk jenis visa atau pemohon visa dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Anak di bawah umur 6 tahun.
  • Pelajar, mahasiswa/i dan guru yang menemani selama perjalanan untuk tujuan studi maupun pelatihan di bidang pendidikan.
  • Peneliti yang berasal dari negara dunia ketiga yang bepergian dengan membawa tujuan penelitian yang tercantum di artikel ‘2005/761/EC European Parliament and of the Council of 28 September 2005’.
  • Perwakilan dari organisasi non-profit yang berumur 25 tahun atau kurang untuk keperluan seminar, konferensi, olahraga, kultural, maupun kegiatan pendidikan yang diselenggarakan oleh organisasi non-profit.

Biaya visa mungkin dibebankan kepada:

  • Pemilik paspor diplomatik dan paspor dinas.
  • Peserta yang berumur 25 tahun atau kurang untuk keperluan seminar, konferensi, olahraga, kultural, maupun kegiatan pendidikan yang diselenggarakan oleh organisasi non-profit.
  • Biaya Visa Tarif Rendah (€ 35 atau sekitar Rp 552 ribuan) juga berlaku kepada warga Negara Albania, Armenia, Bosnia-Herzegovina, Macedonia, Moldavia, Montenegro, Russia, dan Serbia.

Untuk mengurus visa Schengen, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi. Berikut ini rincian berkas dokumen persyaratan yang dibutuhkan untuk permohonan pembuatan visa Schengen:

  1. Formulir permohonan asli yang telah diisi secara .
  2. Lembar pernyataan atau jadwal perjalanan asli.
  3. Pas foto biometris berwarna dengan latar belakang putih atau abu-abu muda ukuran 3,5 x 4,5 cm sebanyak 2 lembar. Wajah setidaknya mengisi 80% dari keseluruhan gambar. 1 Pas foto dilekatkan di formulir permohonan bagian kanan atas dan 1 pas foto lagi untuk disisipkan.
  4. Paspor asli yang dikeluarkan paling lama 10 tahun dan minimal terdapat 2 halaman kosong untuk visa. Masa berlaku visa Schengen berakhir paling lama 3 bulan sebelum masa berlaku paspor berakhir.
  5. Polis asuransi perjalanan asli dan 1 lembar fotokopi.
  6. Untuk anak-anak di bawah usia 18 tahun disertai dokumen akta kelahiran anak (asli dan 1 fotokopi). Pengecualian dalam kasus perceraian/kematian, harus menyertakan keputusan cerai dengan hak asuh atau akte kematian orang tua.
  7. Membayar biaya permohonan. Biaya tak akan dikembalikan apabila permohonan visa Anda ditolak.
  8. Dokumen tujuan perjalanan dan jadwal perjalanan berupa 1 fotokopi reservasi tiket pesawat yang belum dibayar, 1 fotokopi jadwal perjalanan di dalam wilayah Schengen, 1 fotokopi reservasi tempat penginapan.
  9. Pembiayaan perjalanan berupa asli dan 1 fotokopi kartu kredit yang berlaku secara internasional, rekening koran 3 bulan terakhir atau buku tabungan asli dan 1 fotokopi, surat keterangan kerja dari teraktual dengan keterangan gaji asli dan 1 fotokopi.

Berkas-berkas tersebut nantinya akan diperiksa di loket, sedangkan dokumen-dokumen asli kecuali paspor akan dikembalikan. Permohonan yang tidak lengkap tidak akan diproses lebih lanjut. Lalu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengurus visa Schengen? Pihak kedutaan mengungkapkan bahwa proses apply visa Schengen membutuhkan waktu minimal 3 hari kerja. Jika Anda membutuhkan yang lebih jelas seputar visa Schengen, Anda dapat menghubungi:

VFS Global

Pusat Aplikasi Visa Gabungan
Alamat: Kuningan City Mall Lt. 1, No L1-30-32
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav.18, Setiabudi, Kuningan Jakarta – 12940, Indonesia
Telepon: (021) 30418712

VFS Global Bali

Alamat: Benoa Square, Lt. 3 No. 14.3/A
Jl. By pass I Gusti Ngurah Rai No. 21A, Kedonganan, Kuta, Bali – 80361, Indonesia.

VFS Global Surabaya

Alamat: Lt. 15, R. 1506, Graha Pena, Jalan Ahmad Yani No. 88 Surabaya 60234, Indonesia.

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Biaya Menikah dengan Jasa Wedding Organizer (WO)
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Update Biaya & Syarat Pengurusan Visa Schengen Terbaru"