Update Biaya Pembersihan Karang Gigi (Scaling)

Jika Anda tidak rutin merawat gigi, termasuk memeriksakan ke gigi secara berkala, maka gigi Anda rentan mengalami karang gigi. Jika sudah demikian, Anda disarankan untuk segera melakukan pembersihan karang gigi atau kerap disebut scaling. Bisa dilakukan di puskesmas, rumah sakit, atau klinik gigi, biaya untuk scaling ini ternyata lumayan terjangkau.

Ilustrasi: Prosedur Scaling Gigi (credit: rhdentalclinic)
Ilustrasi: Prosedur Scaling Gigi (credit: rhdentalclinic)

Apa Itu Karang Gigi?

Seperti diketahui, sisa makanan yang menumpuk rentan menimbulkan karang gigi, dan akhirnya menyebabkan beragam masalah gigi yang akan menyiksa di kemudian hari. Karang gigi sendiri adalah suatu endapan keras yang melekat pada permukaan gigi, berwarna mulai dari kekuning-kuningan, kecoklatan, sampai dengan kehitaman, yang memiliki permukaan yang kasar.[1]

Bacaan Lainnya

Dilansir Alodokter.com, karang gigi terjadi karena gigi tidak dibersihkan dengan menyikat dan kumur-kumur. Bakteri di dalam plak nantinya akan menghasilkan asam yang berpotensi merusak gigi, menyebabkan gigi berlubang, serta membuat racun yang mampu merusak gusi. Ketika plak di gigi bercampur dengan mineral dalam air liur, maka akan terbentuk endapan keras yang dinamakan karang gigi atau kalkulus. Karang gigi tersebut yang menjadi pemicu gigi berlubang dan menyebabkan bau napas seseorang menjadi kurang sedap.

Untuk membersihkan karang gigi, ternyata tidak bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan bermodal sikat gigi maupun dental floss (benang gigi), sebab kotoran yang sudah bersarang cukup lama di sela-sela gigi Anda tidak bisa rontok dengan sendirinya tanpa mendapat perlakuan khusus. Karena itu, Anda harus berkunjung ke gigi untuk menjalani metode pembersihan karang gigi yang dinamakan scaling.

Baca juga  Update Paket Pernikahan Garden Party Outdoor Harga Murah

Prosedur dan Manfaat Scaling

Seperti dituturkan di atas, untuk menghindari karang gigi menjadi semakin parah dan mencegah menimbulkan peradangan, diperlukan proses pembersihan gigi dengan cara scaling. Ini adalah metode atau cara membersihkan karang gigi yang ada pada bagian putih gigi, khususnya pada perbatasan dengan bagian gusi.

Ketika proses pembersihan mulai dilakukan, dokter biasanya akan memberikan obat bius lokal untuk menghilangkan rasa sakit selama proses pembersihan karang gigi, dan mungkin juga antibiotik jika Anda memiliki kondisi tertentu. Alat yang digunakan untuk melakukan scaling ini pun beragam. Sebagian dokter menggunakan alat pengikis standar dan sebagian lainnya menggunakan alat ultrasonik untuk menghilangkan karang gigi.

Alat scaling gigi ultrasonik (sumber: cobradental.co.id)
Alat scaling gigi ultrasonik (sumber: cobradental.co.id)

Secara umum, kedua metode scaling gigi ini memiliki efektivitas yang sama dalam membersihkan karang gigi. Namun, metode scaling konvensional dengan cara manual diklaim dapat membersihkan karang dan plak gigi dengan lebih rapi, dibandingkan dengan alat ultrasonik. Karena itu, sebelum melakukan prosedur ini, bicarakan dahulu metode apa yang akan digunakan dokter gigi Anda, agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal

Untuk meningkatkan kebersihan gigi, Anda mungkin juga akan memerlukan proses polish (poles gigi). Polish ini dilakukan dengan tujuan untuk menghapus noda atau tanda yang dihasilkan oleh karang gigi. Proses scaling dan juga polish gigi mungkin juga perlu dilakukan lebih dari satu kali, jika plak dan karang gigi sudah menumpuk.

Selain membersihkan karang gigi, scaling juga dikatakan mampu mengobati masalah lainnya yang terkait dengan gigi, salah satunya adalah gingivitis. Ini adalah masalah gigi yang disebabkan oleh karang gigi, dan apabila disepelekan, akan membuat iritasi dan menyebabkan gusi. Penyakit ini membuat gusi menjadi merah, bengkak, dan mudah berdarah.

Baca juga  Info Terkini Harga Acnes Foaming Wash 100ml

Masalah lain yang bisa dicegah dengan scaling adalah periodontitis, yakni pada pendukung gigi yang disebabkan mikroorganisme spesifik yang mengakibatkan kerusakan progresif jaringan ikat periodontal dan tulang alveolar, dengan pembentukan saku, resesi, atau keduanya.[2] Ini adalah masalah yang lebih parah jika gingivitis tidak segera diobati.

Penyakit yang lebih gawat jika gigi tidak pernah dicuci adalah penyakit jantung. Bakteri yang terkandung dalam karang gigi dikatakan dapat menginfeksi penyangga gigi dan dapat menyebar ke seluruh tubuh. Bakteri tersebut kemudian masuk ke aliran darah dan dapat menyebar ke organ tubuh yang lain, salah satunya adalah jantung.

Proses scaling gigi terbilang agak lama, terutama saat dokter mulai membersihkan bagian belakang gigi seri dan gigi geraham. Dua jenis gigi tersebut memang memiliki plak yang paling banyak dibandingkan gigi lainnya. Ini karena air liur dan sisa makanan sering terhenti di bagian tersebut, sehingga plak akan menumpuk dan mengeras. Setelah proses scaling selesai, dokter akan memberikan air untuk berkumur. Air ini akan membantu mengangkat plak yang tersisa atau tidak sengaja jatuh ke gusi.

Saat ini, hampir seluruh rumah sakit, klinik, dan puskesmas telah melayani pembersihan karang gigi. Jika Anda termasuk peserta BPJS Kesehatan, Anda pun berhak mendapatkan pelayanan scaling secara gratis sebanyak satu kali dalam setahun. Anda dapat memperoleh layanan scaling tersebut sesuai dengan kelas dari fasilitas yang telah terdaftar di kartu BPJS Anda. Namun, perlu diketahui, jika Anda menggunakan BPJS, biasanya gigi Anda akan diperiksa terlebih dahulu dan mengatur janji pertemuan berikutnya dengan dokter gigi untuk melakukan scaling.

Baca juga  Info Terbaru Harga Tiket Houbii Urban Adventure Park di Pondok Indah Jakarta

Sementara itu, jika Anda membersihkan karang gigi di tempat lain seperti rumah sakit, klinik gigi, atau puskesmas, Anda bisa langsung datang tanpa membuat janji. Biaya membersihkan karang gigi pun saat ini tidak terlalu mahal. Rata-rata berada di angka ratusan ribu rupiah jika Anda melakukannya di klinik-klinik gigi. Berikut ini informasi terbaru biaya untuk pembersihan karang gigi.

Scaling gigi/pembersihan karang gigi (sumber: dentistsz.com)
Scaling gigi/pembersihan karang gigi (sumber: dentistsz.com)

Biaya Pembersihan Karang Gigi

Lokasi Kisaran Biaya Scaling
BPJS Gratis (1 tahun sekali)
Puskesmas Rp50.000 per rahang
RS Lancang Kuning Pekanbaru Rp250.000
Griya Denta Pondok Gede & Duren Sawit Rp255.750
RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah Pati Rp275.000
RSIA Cinta Kasih Tangerang Selatan Rp300.000
O-Smile Dental Yogyakarta Rp300.000 – Rp400.000
Klinik Sola Gracia Jakarta Rp400.000

Informasi biaya pembersihan karang gigi atau scaling di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk pengumuman resmi masing-masing klinik dan rumah sakit. Perlu Anda catat bahwa biaya scaling tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu biaya scaling di puskesmas berkisar Rp50 ribu hingga Rp150 ribu, sedangkan di klinik gigi swasta mulai Rp150 ribu sampai Rp800 ribuan.

[1] Munadirah dan Syamsuddin Abubakar. 2018. Gambaran Teknik Menyikat Gigi terhadap Terbentuknya Karang Gigi Supra Gingival pada Masyarakat Desa Botto Kecamatan Takkalalla Kabupaten Wajo. Media Gigi, Vol. 17(1): 20-24.

[2] Sugiarti, Titik & Yunita Dyah Puspita Santik. Kejadian Periodontitis di Kabupaten Magelang. Higeia Journal of Public Health Research and Development Universitas Negeri Semarang, Vol. 1(4): 97-108.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 Komentar

    1. cover bpjs bersihkan karang gigi setahun sekali. tapi harap digaris bawahi meskipun ada alatnya tergantung klinik mau menerima atau tidak. lebih nyaman pake jamsostek bersihkan karang gigi 2 x setahun. bpjs pelayanannya kalah sama jamkesmas,jamkesmas aja menerima bersihkan karang gigi. kl klinik anda tidak menerima cover scaling berarti wajib bersihkan gigi yang berbayar,termasuk bersihkan karang gigi di klinik pilihan anda.

    1. scaling gigi termasuk layanan yang diberikan BPJS kepada para pesertanya, cuma yang perlu diperhatikan layanan ini hanya bisa digunakan 1 tahun sekali.

  1. Dok klo gigi berlunang dan mengakibatkan kepala sakit sampai 3 hari
    Apa ada obatnya .?
    Atau harus priksa je dokter gigi .?

    1. Sementara biasanya direkomendasikan minum obat pereda nyeri. Namun, lebih baik segera periksakan ke dokter gigi untuk diagnosa lebih pasti, dan bisa diatasi dari sumber rasa sakitnya.

  2. Yakali aku ke klinik terus dokternya bilang “dua lima puluh” aku kasih 100 berharap dikembaliin 75..
    Eh ternyata malah kurang..maluuuuuu

  3. Ia saya kemarin datang ke dokter gigi katanya untuk membersihkan karang gigi tidak bisa memakai pbjs.

  4. Saya tanya di klinik point bpjs saya, untuk pembersihan karang gigi, tidak termasuk bpjs. Berbayar mulai dari idr 300rb. Kalau ada jatah setahun sekali, kenapa saya ditarif padahal belum pernah bersihin karang gigi ( scaling) ????