Update Biaya Membersihkan Karang Gigi (Scaling) di Puskesmas, Rumah Sakit, & Klinik

Meski kita sudah menyikat gigi secara rutin setiap harinya, termasuk sebelum tidur di malam hari, nyatanya membersihkan gigi tak cukup hanya dengan menggosok gigi. Bukan semata karena iklan, namun rupanya kotoran dari sisa-sisa makanan yang kita konsumsi setiap harinya serta gaya hidup mengakibatkan kotoran makanan tersebut menumpuk dan menimbulkan karang gigi di sela-sela gigi kita.

Membersihkan Karang Gigi (Scalling) - www.alodokter.com

Karang gigi tersebut yang menjadi pemicu gigi berlubang dan menyebabkan bau napas seseorang menjadi kurang sedap. Untuk membersihkan karang gigi, ternyata tak bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan bermodal sikat gigi maupun dental floss (benang gigi), sebab kotoran yang sudah bersarang cukup lama di sela-sela gigi Anda tak bisa rontok dengan sendirinya tanpa mendapat perlakuan khusus. Oleh sebab itu, Anda harus berkunjung ke dokter gigi untuk menjalani metode pembersihan karang gigi yang dinamakan scaling.

Proses scaling gigi ini memakan waktu yang cukup lama, biasanya sekitar 0 menit, tergantung dari tingkat keparahan karang gigi Anda. Jika semakin banyak dan posisinya sulit dijangkau, maka dokter gigi membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membersihkan karang gigi. Rasanya memang sedikit menyakitkan karena gigi Anda akan dibersihkan dengan menggunakan alat khusus dan pada prosesnya biasanya gusi Anda akan mengeluarkan sedikit darah.

Namun jangan khawatir, sebab rasa sakit itu hanya berlangsung sementara dan Anda bisa merasa sangat nyaman ketika selesai menjalani pembersihan karang gigi. Idealnya, pembersihan karang gigi dilakukan secara rutin setidaknya 6 bulan sekali agar gigi Anda tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya.

Saat ini, hampir seluruh rumah sakit, klinik, dan melayani perawatan pembersihan karang gigi alias scaling. Bahkan, jika Anda termasuk BPJS Kesehatan, Anda juga berhak mendapatkan pelayanan scaling secara gratis sebanyak 1 kali dalam setahun. Anda dapat memperoleh layanan scaling tersebut sesuai dengan kelas dari kesehatan yang telah terdaftar di kartu BPJS Anda. Namun, perlu diketahui, jika Anda menggunakan BPJS, biasanya gigi Anda akan diperiksa terlebih dahulu dan mengatur janji pertemuan berikutnya dengan dokter gigi untuk melakukan scaling.

Tetapi, jika Anda membersihkan karang gigi di tempat lain seperti rumah sakit, klinik gigi, atau puskesmas, Anda bisa langsung datang tanpa membuat janji. Biaya membersihkan karang gigi pun saat ini tidak terlalu mahal. Umumnya, berkisar mulai dari Rp100 ribuan jika Anda melakukannya di klinik-klinik gigi. Berikut ini kisaran biaya terbaru untuk pembersihan karang gigi.

Ilustrasi: Prosedur Scaling Gigi (credit: rhdentalclinic)

Ilustrasi: Scaling Gigi (credit: rhdentalclinic)

Biaya Pembersihan Karang Gigi

LokasiKisaran Biaya
BPJS KesehatanGratis (1 tahun sekali)
Puskesmas Rp50 ribuan - Rp150 ribuan
Klinik Gigi SwastaRp150 ribuan - Rp800 ribuan
Rumah SakitRp100 ribuan - Rp800 ribuan

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, biaya pembersihan karang gigi atau scaling tahun 2020 ini tak banyak mengalami perubahan. Namun, di Puskesmas biayanya kini lebih murah. Jika sebelumnya mulai Rp80 ribuan, kini berkisar mulai Rp50 ribuan. Di klinik gigi swasta pun ada juga pilihan layanan scaling dengan biaya lebih murah dari tahun lalu yang sebesar Rp200 ribu, kini mulai Rp150 ribu.

Biaya pembersihan karang gigi cukup bervariasi karena tidak ada suatu standar mengenai hal ini. Biaya perawatan gigi di puskesmas memang relatif lebih rendah apabila dibandingkan dengan rumah sakit atau klinik pribadi, namun tidak semua puskesmas menyediakan layanan pembersihan karang gigi.

[Update: Dian]

Baca juga  Info Harga Infus Whitening di Erha Klinik
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.
  1. author

    wahyudi4 tahun ago

    apa benar BPJS kesehatan termasuk dengan scelling gigi

    Reply
    • author

      redaktur4 tahun ago

      Benar, namun yg tercover dibatasi 1 tahun sekali.

    • author

      lia2 tahun ago

      cover bpjs bersihkan karang gigi setahun sekali. tapi harap digaris bawahi meskipun ada alatnya tergantung klinik mau menerima atau tidak. lebih nyaman pake jamsostek bersihkan karang gigi 2 x setahun. bpjs pelayanannya kalah sama jamkesmas,jamkesmas aja menerima bersihkan karang gigi. kl klinik anda tidak menerima cover scaling berarti wajib bersihkan gigi yang berbayar,termasuk bersihkan karang gigi di klinik pilihan anda.

  2. author

    Melisa4 tahun ago

    Kok saya tanya di klinik yg ada dokter gigi nya suster disitu blng engak ya? Dia blng scalling tuh bpjs gk termaksud

    Reply
    • author

      Web Officer4 tahun ago

      scaling gigi termasuk layanan yang diberikan BPJS kepada para pesertanya, cuma yang perlu diperhatikan layanan ini hanya bisa digunakan 1 tahun sekali.

  3. author

    Dede3 tahun ago

    Dok klo gigi berlunang dan mengakibatkan kepala sakit sampai 3 hari
    Apa ada obatnya .?
    Atau harus priksa je dokter gigi .?

    Reply
    • author

      redaktur2 tahun ago

      Sementara biasanya direkomendasikan minum obat pereda nyeri. Namun, lebih baik segera periksakan ke dokter gigi untuk diagnosa lebih pasti, dan bisa diatasi dari sumber rasa sakitnya.

  4. author

    Erma3 tahun ago

    Yakali aku ke klinik terus dokternya bilang “dua lima puluh” aku kasih 100 berharap dikembaliin 75..
    Eh ternyata malah kurang..maluuuuuu

    Reply
  5. author

    Acep muslih2 tahun ago

    Ia saya kemarin datang ke dokter gigi katanya untuk membersihkan karang gigi tidak bisa memakai pbjs.

    Reply
  6. author

    Simpati Abu5 bulan ago

    Saya tanya di klinik point bpjs saya, untuk pembersihan karang gigi, tidak termasuk bpjs. Berbayar mulai dari idr 300rb. Kalau ada jatah setahun sekali, kenapa saya ditarif padahal belum pernah bersihin karang gigi ( scaling) ????

    Reply

Leave a reply "Update Biaya Membersihkan Karang Gigi (Scaling) di Puskesmas, Rumah Sakit, & Klinik"