Update Biaya Pasang Gigi Palsu Permanen dan Lepasan

No comment162547 views

Seiring dengan perkembangan zaman, dan -alat kedokteran kini sudah semakin maju. Seseorang yang bermasalah dengan , seperti tanggal atau rusak, pun bisa kembali tersenyum dengan percaya diri lewat adanya teknologi yang memungkinkan mereka memiliki palsu. Selain dapat menunjang kepercayaan diri seseorang, palsu juga bermanfaat untuk menggantikan fungsi yang rusak, apalagi jika posisinya ada di bagian depan, geraham, atau bagian lainnya.

Di , setidaknya terdapat 2 gigi palsu, yaitu gigi palsu lengkap yang cara kerjanya mengganti keseluruhan gigi dalam rongga mulut serta gigi palsu parsial yang hanya menggantikan fungsi dari bagian-bagian gigi tertentu saja, misalnya gigi depan, gigi taring, gigi geraham, dan sebagainya. Biasanya, Indonesia menggunakan 2 model gigi palsu atau gigi tiruan, yakni gigi palsu permanen dan gigi palsu model lepasan (temporer) yang dapat dilepas dan dipasang kembali.

Biaya Pasang Gigi Palsu - cornerstonedentalrexburg.com

Biaya Pasang Gigi Palsu - cornerstonedentalrexburg.com

Jika gigi palsu lepasan bisa Anda lepas dan pasang kapan saja tanpa perlu bantuan , maka gigi palsu jenis permanen memerlukan campur tangan gigi dalam hal pemasangan dan pelepasannya. Karena sehari-hari gigi palsu permanen akan terus melekat di dalam gusi Anda, maka untuk melepas dan memasangnya kembali Anda perlu bantuan gigi. Karena itu, biaya atau gigi palsu jenis permanen relatif lebih mahal dari model lepasan.

Biaya Pasang Gigi Palsu

Jenis Gigi PalsuBiaya Pasang
Gigi Palsu PermanenImplan gigi : Rp15.000.000 – Rp20.000.000 per gigi
Crown : Rp3.500.000 – Rp6.000.000 per gigi
Bridge : Rp9.000.000 – Rp18.000.000 per gigi
Gigi Palsu LepasanPorselen akrilik : Rp300.000 per gigi atau Rp1,5 juta per rahang
Fleksi denture/valplast : Rp300.000 per gigi atau Rp2,5 juta per rahang
Kerangka logam : Rp300.000 per gigi atau Rp3 juta per rahang

Jenis Gigi Palsu

Untuk yang jenis permanen, seperti tertera dalam tabel di atas, setidaknya ada tiga tipe gigi palsu, yaitu implan gigi, model crown atau mahkota, dan model bridge atau jembatan. Sementara, untuk gigi palsu lepasan, juga tersedia tiga tipe, yaitu porselen akrilik, fleksi denture atau vanplast, dan kerangka logam. Berikut rincian singkat masing-masing jenis gigi palsu.

  • Implan gigi, atau gigi tanam, adalah sekrup titanium yang ditanam pada rahang gigi berfungsi untuk menggantikan bagian akar gigi. Penanaman dilakukan di tulang rahang atas atau bawah, memungkinkan tersambungnya gigi pengganti dengan tulang. Gigi tanam dapat dipergunakan untuk menggantikan satu atau lebih gigi yang lepas. Gigi yang akan ditanam memiliki bentuk dan fungsi yang sama dengan gigi asli. Mereka mempertahankan bentuk muka dan mengurangi ketidaknyamanan karena gigi yang lepas.
  • Crown (mahkota), merupakan sarung yang berbentuk gigi, yang disarungkan ke gigi untuk mengembalikan bentuk, ukuran, dan kekuatan gigi. Gigi tiruan mahkota dapat mempertahankan fungsi gigi yang rusak. Perawatan ini dibutuhkan apabila gigi Anda telah berlubang dan struktur gigi tidak cukup untuk ditambal, bagian gigi retak atau pecah dan tidak dapat diperbaiki dengan teknik composite bonding. Atau, Anda memiliki kebiasaan menggertakkan gigi dan memiliki pola diet yang buruk, erosi asam bisa memperkecil gigi, dan solusi perawatan yang memungkinkan hanyalah menyarung gigi tersebut.
  • Bridge (model jembatan), menghubungkan gigi dengan gigi tetangga untuk menggantikan satu atau lebih gigi yang telah lepas. Gigi tiruan ini disebut pontic dan digabungkan dengan 2 mahkota gigi tetangga.
  • Porselen akrilik, merupakan gigi palsu yang paling banyak beredar di masyarakat karena harganya yang terjangkau. Plat gigi yang digunakan relatif tebal dan memiliki cengkeram kawat untuk mengaitkan ke gigi lain yang masih tinggal. Jenis gigi palsu ini memiliki pelat yang lebih tipis, lebih lentur, dan tidak menggunakan kawat cengkeram. Hal ini membuat pengguna lebih nyaman saat digunakan dibandingkan dengan bahan akrilik.
  • Gigi palsu frame, memiliki plat logam sehingga dibuat setipis mungkin apabila dibandingkan dengan gigi lepasan lainnya. Gigi palsu ini juga memiliki kawat yang mencengkeram gigi asli yang masih tinggal untuk membuat gigi palsu lepasan menjadi lebih stabil dan tidak mudah goyah.

Perawatan Gigi Palsu

Umumnya, pada masa awal menggunakan gigi palsu, rasanya sangat aneh dan meskipun pengguna akan terbiasa dengan gigi palsunya, secara keseluruhan kenyamanan dan dari alat ini bisa menjadi masalah. Masalah ketidaknyamanan ini bisa saja tidak menghilang, terutama karena gusi dan tulang rahang berubah bentuk dari waktu ke waktu, meningkatkan kemungkinan gigi palsu menjadi tidak pas.

Biaya Pasang Gigi Palsu - www.smileperfectors.com

Biaya Pasang Gigi Palsu - www.smileperfectors.com

Meskipun terbuat dari bahan yang paling bagus sekalipun, gigi palsu sangat rawan dan rapuh, sehingga bila tidak dirawat atau jatuh kemungkinan akan pecah. Karena itu, bagi Anda yang memiliki gigi palsu, sebaiknya merawatnya secara berhati-hati. Untuk membersihkan gigi palsu, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan baskom berisi air dan gunakan handuk yang bersih. Untuk jenis gigi tiruan lepasan, sebaiknya lepaslah gigi palsu tersebut dan bersihkan setiap hari ketika sedang tidak digunakan.

Apabila ingin membersihkan gigi palsu lepasan, sebaiknya gunakan sikat gigi gigi tiruan yang memiliki bulu sikat lebih lembut dibandingkan sikat gigi biasa yang bulunya terkadang terlalu keras dan berpotensi merusak gigi tiruan Anda. Anda juga bisa membersihkan gigi palsu Anda dengan sabun atau pasta gigi untuk gigi palsu. Perlu diketahui bahwa pasta gigi biasa umumnya memiliki tekstur yang terlalu keras dan dapat menggores permukaan gigi palsu Anda.

(Panca)

Baca juga  Update Info Biaya Jasa & Jenis Layanan Pest Control Rentokil
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Biaya Pasang Gigi Palsu Permanen dan Lepasan"