Update Syarat & Biaya Pemeriksaan Pap Smear

No comment18711 views

Banyak Indonesia yang masih belum memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatan organ kewanitaannya. Akhirnya mayoritas terkena penyakit kanker serviks dan terlambat untuk menyadarinya karena tak pernah melakukan pemeriksaan secara dini ke dokter.

Dokter, kesehatan, pemeriksaan, penyakit, wanita, syarat, kanker, serviks, pap smear, tes, IVA, hermina, klinik, jakarta, rumah sakit,

Pasien kanker serviks sedang berkonsultasi dengan dokter

Kanker serviks sendiri disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) yang menular karena pola hidup tidak , sering berganti-ganti pasangan, hubungan seksual sebelum umur 20 tahun, dan pengaruh dari nikotin. Bahkan virus HPV juga bisa ditularkan lewat tangan seseorang yang menyentuh daerah genital atau karena menggunakan kloset duduk yang terinfeksi oleh virus HPV.

Pada tahap awal kanker serviks benar-benar sulit untuk terdeteksi kecuali Anda mengalami infeksi yang ditandai dengan keputihan. Selain itu bisa juga ditandai dengan pendarahan vagina di luar masa menstruasi, keluhan sakit pendarahan setelah berhubungan intim, hingga infeksi saluran pada kandung kemih. Jika sudah memasuki stadium lanjut, kanker leher rahim akan menimbulkan rasa sakit pada panggul, pendarahan, hilangnya nafsu makan, berat badan menurun, hingga anemia.

Kanker serviks baru berkembang dalam kurun waktu 10-20 tahun usai sang terinfeksi HPV. Oleh sebab itu pada stadium awal mungkin akan kesulitan untuk mengetahui dirinya benar-benar menderita kanker serviks. Untuk mengetahui lebih dini kemungkinan seseorang terserang kanker serviks, maka setiap wanita dianjurkan untuk melakukan pap smear minimal 2 tahun sekali dan IVA (inspeksi visual dengan asam asetat).

Papsmear sendiri merupakan pemeriksaan yang dilakukan dengan cara mengambil contoh sel-sel leher rahim untuk kemudian dianalisis agar dapat mendeteksi dini adanya kanker leher rahim. Lewat pemeriksaan pap smear, Anda dapat mengetahui adanya infeksi HPV dan sel-sel abnormal yang dapat berubah menjadi sel kanker. Dengan mengetahui adanya infeksi sejak dini, maka Anda bisa segera melakukan tindakan pencegahan atau yang tepat supaya penyakit tersebut tidak semakin parah.

Pemeriksaan Pap Smear - klinikgracia.org

Pemeriksaan Pap Smear - klinikgracia.org

menjalani pemeriksaan pap smear:

  • Wanita yang sudah pernah melakukan hubungan seksual.
  • Tidak melakukan hubungan intim selama 48 jam (2 hari) sebelum pemeriksaan.
  • Selama 24 jam sebelum pemeriksaan tidak diizinkan mencuci atau membilas vagina dengan bahan-bahan antiseptik.
  • Tidak sedang haid atau nifas. Pemeriksaan dilakukan setidaknya 5 hari setelah menstruasi.
  • Bagi wanita yang baru melahirkan, operasi rahim, atau menjalani radiasi, sebaiknya melakukan pap smear 6-8 minggu kemudian.
  • Tidak sedang dalam infeksi keputihan yang parah.

Hampir di setiap , laboratorium, atau sudah menerima layanan pemeriksaan pap smear dengan yang memadai. Biaya pap smear di Jakarta saat ini berkisar antara Rp400 ribuan hingga Rp800 ribuan. Di Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina Jakarta misalnya, membanderol biaya pap smear mulai Rp600.000, atau di Klinik Yayasan Angsa Merah Jakarta Selatan biaya papsmear sekitar Rp580 ribuan. Di klinik atau lab lainnya bisa lebih murah atau mahal tergantung dari lokasi masing-masing.

[Galih]

Baca juga  Sejumlah Manfaat dan Harga Jual Terbaru Minyak Gaharu
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Syarat & Biaya Pemeriksaan Pap Smear"