Update Biaya Operasi Lasik Mata Silinder dan Efek Sampingnya

Gangguan pada penglihatan memang bermacam-macam, salah satunya mata silinder. Untuk membantu mengurangi gangguan ini, biasanya penderita mata silinder menggunakan bantuan kacamata dalam membaca atau melihat sesuatu. Namun, saat ini sudah ada operasi Lasik yang bisa digunakan untuk mengobati gangguan mata silinder dengan biaya yang sayangnya memang tidak bisa dikatakan murah.

Ilustrasi: operasi lasik mata silinder (sumber: lasikmd.com)
Ilustrasi: operasi lasik mata silinder (sumber: lasikmd.com)

Silindris, atau yang dikenal masyarakat sebagai mata silinder, terjadi karena lengkungan datar kornea dan lengkungan tegak kornea tidak simetris. Keadaan ini bisa dianalogikan dengan lengkungan pada peralatan makan sendok. Pada satu sisi, ada bagian yang landai, sedangkan di sisi lainnya, ada bagian yang terjal.

Bacaan Lainnya

Umumnya, mata silinder disebabkan oleh seringnya seseorang menggosok mata dengan keras (seperti pada anak yang mengidap alergi konjungtivitis) atau penyakit kornea mata seperti keratoconus. Pada umumnya, mata silinder memang terjadi sejak lahir, meski demikian tidak sedikit kasus mata silinder muncul seiring pertumbuhan.

Manfaat Operasi Lasik

Gangguan mata silinder memang bisa berubah menjadi lebih baik, tetapi tidak terlalu banyak. Salah satu metode penyembuhan penyakit ini adalah dengan melakukan operasi Lasik mata. Lasik atau Laser-Assisted in situ Keratomileusis) bisa dikatakan sebagai metode paling populer di dunia untuk memperbaiki kelainan mata silinder, mata minus (myopia), serta mata plus. Prosedur ini dilakukan untuk memperbaiki bentuk permukaan kornea mata sehingga cahaya dapat masuk dengan sempurna dan penglihatan mata semakin meningkat.

Baca juga  Cara Pakai dan Update Harga Mud Mask Jafra 75ml

Dengan operasi Lasik untuk mata silinder, cahaya yang jatuh pada kornea dapat benar-benar fokus pada retina. Berbeda dengan kacamata dan lensa kontak yang diperuntukkan sebagai alat bantu, operasi Lasik mata silinder ini adalah tindakan pembedahan mata, memperbaiki lensa mata dengan bantuan peralatan laser canggih. 

Untuk prosedur Lasik, hanya memakan waktu 20 menit tanpa proses penjahitan, karena pembedahan menggunakan laser. Pembedahan dilakukan hanya untuk menyayat lapisan kornea, lalu dilakukan penyinaran untuk memperbaiki mata yang rusak, kemudian kornea akan ditutup dan akan menempel dengan sendirinya sehingga operasi Lasik tidak menimbulkan bekas luka ataupun jahitan.

Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan untuk melakukan metode operasi Lasik guna menyembuhkan mata silinder? Biaya operasi Lasik ini bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing rumah sakit atau klinik mata, tetapi memang tidak bisa dikatakan murah. Biasanya, biaya operasi Lasik berkisar di angka jutaan rupiah, belum termasuk biaya administrasi maupun konsultasi dokter. Berikut kisaran biaya operasi Lasik di beberapa rumah sakit dan klinik mata untuk mata silinder.

Baca juga  Info Terkini Kisaran Biaya Terapi ESWL Hancurkan Batu Ginjal

Biaya Operasi Lasik

Operasi Lasik Mata Silinder - www.ieiworld.com
Operasi Lasik Mata Silinder – www.ieiworld.com
Rumah Sakit dan Klinik Mata Kisaran Biaya
RS Bhayangkara Polda DIY Lasik 1 mata: Rp10.500.000
Cicendo Eye Hospital Bandung Lasik 1 mata: Rp14.000.000
Lasik 2 mata: Rp25.500.000
Femto Lasik: Rp19.250.000
Jakarta Eye Center (JEC) Z-Lasik 2 mata: Rp26.000.000
Klinik Mata Nusantara (KMN) EyeCare Lasik 1 mata: Rp14.000.000
Lasik 2 mata: Rp33.000.000
Pra Lasik: Rp7.000.000
Ciputra SMG Eye Clinic Lasik 1 mata: Rp7.900.000
Femto Lasik: Rp14.000.000
SILC Lasik Center Jakarta Pemeriksaan pra-Lasik: Rp2.900.000
Z-Lasik 1 mata: Rp14.500.000
Smartsurface Lasik 1 mata: Rp12.000.000
Presbo Max-Hybrid Lasik 1 mata: Rp18.500.000
Lasik XTRA 1 mata: Rp19.500.000
RS Mata Masyarakat Jatim Pre-Lasik: Rp1.500.000
Femto Lasik 1 mata: Rp11.000.000
Femto Lasik 2 mata: Rp21.175.000
ReLeX Smile 1 mata: Rp15.400.000
ReLeX Smile 2 mata: Rp29.150.000

JIka dibandingkan penawaran sebelumnya, biaya lasik 1 mata di beberapa rumah sakit dan klinik mata saat ini cenderung naik. Misalnya, operasi lasik 1 mata di Cicendo Eye Hospital Bandung yang semula dikenai biaya sebesar Rp13,25 juta, kini naik menjadi Rp14 juta. Sama halnya dengan biaya pemeriksaan Z-Lasik di SILC Lasik Center Jakarta yang naik dari Rp13,5 juta menjadi Rp14,5 juta. Perlu dicatat bahwa biaya tersebut belum termasuk konsultasi dokter dan obat-obatan (jika diperlukan).

Baca juga  Info Harga Permen Strepsil di Indomaret Alfamart (Semua Varian)

Efek Samping Operasi Lasik 

Dalam beberapa kasus, operasi mata Lasik dapat menimbulkan efek samping yang tidak biasa. Misalnya seperti mata melotot, adanya lingkaran cahaya, penglihatan ganda, dan juga masalah penglihatan pada malam hari. Sebagian besar pengidap mungkin bisa mengalami mata kering selama beberapa bulan pasca-operasi. 

Efek samping lainnya termasuk kelebihan koreksi, kekurangan koreksi, induksi silindris, dan sensitivitas cahaya. Pembedahan ini dapat menyebabkan komplikasi, seperti infeksi kornea, perpindahan atau lipatan di penutup kornea, lipatan terselip, dan juga penipisan kornea.

Operasi mata Lasik melibatkan pembentukan jaringan kornea. Kehilangan atau kerusakan permanen juga mungkin terjadi sebagai efek samping dari prosedur ini.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.