Update Biaya Operasi Kucing di Klinik Hewan

Kucing merupakan hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Jenisnya yang sangat beragam membuat siapa saja tertarik untuk memelihara hewan satu ini. Meski demikian, saat memutuskan untuk memelihara hewan seperti kucing, pastikan betul bahwa Anda memang berkomitmen untuk menjamin kesehatan dan kenyamanan kucing tersebut agar usianya panjang. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin juga perlu menyiapkan biaya lebih untuk perawatan kucing apabila ia memerlukan operasi tertentu.

Ilustrasi: Kucing Sedang Sakit (credit: petplace)
Ilustrasi: Kucing Sedang Sakit (credit: petplace)

Seperti yang Anda tahu, meski butuh biaya cukup besar untuk pemeliharaannya, nyatanya minat masyarakat untuk memelihara kucing memang tak pernah surut. Menariknya lagi, memelihara kucing kabarnya bisa membawa berbagai dampak positif. Apa saja? Berikut ulasannya.

Bacaan Lainnya

Manfaat Memelihara Kucing

  • Kucing dapat memberikan suasana menyenangkan. Kehadirannya dapat mengurangi perasaan orang yang suka menyendiri, meningkatkan diri pada anak-anak, meningkatkan kemampuan anak untuk berolahraga, hobi, dan hiburan yang menyenangkan.
  • Kucing dapat membantu pendidikan anak, seperti berada di dekat binatang tersebut untuk melakukan observasi, memberikan perhatian, dan menghargai sifat mandiri.
  • Kucing dapat membantu anak yang stres, tertekan, atau memiliki penyakit “aneh” yang dokter mungkin belum sanggup mengobatinya.
  • Kucing dapat menghibur dan mengurangi perasaan sedih. Kehadiran kucing dapat memulihkan stabilitas kejiwaan dan membangun kepercayaan.
  • Kucing dapat menjadi teman yang baik bagi para lansia. Orang lansia yang hidup sendiri dan memelihara hewan kesayangan, termasuk kucing, di rumahnya rata-rata memiliki kesehatan yang lebih baik jika dibandingkan dengan yang tidak mempunyai hewan kesayangan.
  • Kucing dapat bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi. Memelihara kucing dapat membantu para penderita tekanan darah tinggi, sakit jantung, asam urat, atau sukar tidur (insomnia). Dengan memelihara kucing, dapat mengurangi persentase pemeriksaan dan pengobatan penyakit.[1]
Baca juga  Info Terbaru Kisaran Biaya Merapikan Gigi (Tonggos, Gingsul, Berantakan)

Salah satu faktor yang tak kalah penting saat memelihara kucing, selain urusan pakan, tentu saja adalah seputar kesehatan kucing Anda. Kucing sebaiknya rajin diberi vaksin agar terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya. Kucing yang sakit harus secepatnya diobati atau dibawa ke dokter hewan. Berikut tanda-tanda kucing sakit.

Ilustrasi: Tindakan Operasi pada Kucing (credit: felinemedicalclinic)
Ilustrasi: Tindakan Operasi pada Kucing (credit: felinemedicalclinic)

Ciri-Ciri Kucing Sakit

  • Kelelahan dan lesu.
  • Menggelengkan kepala secara berlebihan.
  • Selera makan turun, bahkan meningkat secara mencolok.
  • Mengonsumsi air secara berlebihan.
  • Adanya abnormal yang keluar dari lubang-lubang di tubuh, seperti mata, hidung, atau telinga.
  • Sulit membuang kotoran dan/atau diare.
  • Berat badan naik atau turun dengan mencolok.
  • Menjadi lebih agresif dan hiperaktif.
  • Jalannya pincang, bahkan sulit untuk berdiri.
  • Ciri kucing sakit lainnya adalah bagian-bagian tubuh kucing yang membengkak.[2]

Apabila ada tanda-tanda kucing Anda sedang sakit, sebaiknya segera periksakan ke dokter hewan. Dalam beberapa kondisi, kucing mungkin memerlukan penanganan yang lebih serius hingga melibatkan prosedur operasi. Beberapa pemilik terkadang juga ada yang melakukan proses kebiri atau steril pada kucingnya untuk mengendalikan populasi kucing. Biaya operasi kucing di klinik atau dokter hewan bisa sangat beragam, tergantung tingkat keparahan dan jenis tindakan yang dilakukan. Sebagai gambaran, berikut ini kami rangkum biaya berbagai jenis operasi kucing.

Baca juga  Aturan Pakai dan Harga Krim Anti Jamur 88 di Apotek

Biaya Operasi Kucing

Ilustrasi Kucing Mendapatkan Tindakan (sumber: rayfund.ru)
Ilustrasi Kucing Mendapatkan Tindakan (sumber: rayfund.ru)
Jenis Tindakan Operasi Kucing Kisaran Harga
Operasi caesar Rp3.400.000 (high class)
Operasi steril untuk betina Rp800.000 – Rp3.100.000 (high class)
Operasi steril untuk jantan Mulai Rp350.000
Operasi hernia Rp500.000 – Rp1.200.000
Operasi bedah minor Rp350.000 per ekor
Operasi bedah mayor Rp850.000 per ekor
Operasi ambeien kucing persia Rp1.000.000 – Rp1.500.000
Operasi mata Rp1.000.000
Operasi pengangkatan rahim Rp1.000.000
Operasi pemasangan pen Rp4.000.000 – Rp6.000.000

Informasi biaya operasi kucing di atas dirangkum dari berbagai sumber, termasuk klinik hewan. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, biaya operasi hernia pada kucing berkisar Rp800 ribu per ekor, sedangkan biaya operasi bedah mayor pada kucing berkisar Rp600 ribu per ekor.

Perlu Anda ingat bahwa biaya operasi pada kucing tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Biaya operasi kucing di setiap tempat juga bisa saja berbeda-beda. Apabila kucing kesayangan Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, sebaiknya segera periksakan ke dokter atau klinik hewan terdekat yang ada di kota tempat tinggal Anda.

Baca juga  Update Harga Clear Aligner Gigi dan Biaya Pasangnya

[Update: Ditta]

[1] Effendi, C. & N. S. Budiana. 2014. Kucing: Complete Guide Book for Your Cat. Jakarta: Agriflo, hlm 25.

[2] Saraswati, D. 2009. 242 Tips Binatang Kesayangan. Depok: Penebar Swadaya, hlm 27.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *