Biaya Operasi Hilangkan Mata Ikan

No comment3763 views

Mata ikan, atau memiliki istilah medis clavus, merupakan salah satu yang sering terjadi pada manusia. Umumnya, penyakit ini muncul di permukaan kaki, tumit, jari-jari kaki, telapak tangan, dan jari-jari tangan. Meski tidak berbahaya, namun penyakit ini akan merusak penampilan seseorang dan terkadang menimbulkan rasa nyeri. Karena itu, banyak dari mereka yang kemudian melakukan operasi untuk menghilangkan mata ikan dengan berkisar Rp200 ribuan, bisa kurang bisa lebih.

Biaya, mata ikan, operasi, kulit, penyakit, gangguan, rumah sakit, konsultasi, dokter, obat, salep, puskesmas, ASKES, BPJS

Biaya Operasi Hilangkan Mata Ikan (greatlifeandmore.com)

Sekilas Tentang Penyakit Mata Ikan

Dikutip dari Wikipedia, mata ikan adalah penyakit kulit yang biasanya menyerang area telapak kaki. Penyakit ini disebabkan oleh virus Human Papillomavirus (HPV). Penyakit mata ikan ini pada umumnya tumbuh pada kulit permukaan kaki, tumit, jari-jari kaki, telapak dan jari-jari tangan. Gejala-gejala yang ditimbulkan yaitu ditandai dengan penebalan dan pengerasan kulit.

Mata ikan biasanya berbentuk bulat berukuran lebih kecil dibanding kapalan, dan memiliki bagian tengah keras yang dikelilingi kulit yang meradang. Penebalan yang berlebihan pada bagian kulit yang berubah menjadi mata ikan juga bisa menimbulkan rasa nyeri. Gangguan ini lebih banyak menimpa wanita daripada pria, karena kaum Hawa lebih sering menggunakan sepatu yang tertutup dengan ukuran yang tidak nyaman.

Pada dasarnya, penyebab munculnya mata ikan adalah tekanan dan gesekan di area kulit yang sama berulang kali. Beberapa hal yang dapat menimbulkan terjadinya tekanan dan gesekan tersebut antara lain:

  • Pemakaian sepatu yang tidak nyaman, termasuk sepatu yang terlalu sempit serta sepatu berhak tinggi yang bisa menekan beberapa bagian kaki. Sebaliknya, sepatu yang longgar pun dapat menyebabkan beberapa bagian kaki bergeseran berulang kali dengan bagian dalam sepatu.
  • Sering menggunakan peralatan atau bermain musik dengan tangan. Penebalan pada kulit bisa muncul akibat gesekan kulit tangan dengan sebuah instrumen musik atau perkakas tangan yang kita gunakan sehari-hari.
  • Tanpa kaos kaki. Tidak memakai kaos kaki atau memakai kaos kaki dengan ukuran yang tidak tepat bisa menyebabkan terjadinya gesekan antara kaki dengan alas kaki.
  • Perokok. Bagi orang yang merokok dan memakai pemantik api, bisa memiliki mata ikan pada kulit jempol tangannya. Kondisi ini terjadi karena gesekan berulang pada saat menyalakan pemantik sebelum merokok.

Selain itu, ada beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena mata ikan, seperti hammertoe atau kelainan pada jari kaki yang bengkok dan berbentuk seperti cakar, tidak menggunakan sarung tangan ketika menggunakan alat yang membutuhkan keterampilan tangan terlalu lama, bunion atau penonjolan pada sendi pangkal jempol kaki yang terbentuk dari , orang dengan kelainan kelenjar keringat, memiliki bekas luka atau kutil, dan kebiasaan berjalan dengan sisi dalam atau sisi luar kaki.

Pengobatan Mata Ikan

Biaya, mata ikan, operasi, kulit, penyakit, gangguan, rumah sakit, konsultasi, dokter, obat, salep, puskesmas, ASKES, BPJS

Biaya Operasi Hilangkan Mata Ikan (videoblocks.com)

Sebelum pergi ke atau , cara untuk mengatasi penyakit mata ikan adalah dengan mengurangi penyebabnya. Misal, jika Anda sering menggunakan sepatu yang sempit, maka tinggalkan untuk sementara waktu. Demikian juga jika Anda merupakan pemain instrumen musik tangan, perokok, atau jarang menggunakan kaos kaki.

Menurut Tribun News, ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengobati penyakit mata ikan, yaitu:

  • Rendam kaki dengan air hangat yang dicampur sabun mandi yang lembut selama sekitar 15 menit.
  • Setelah itu, gosok kulit yang menebal dengan batu apung atau menggunakan sabun khusus kulit. Tetapi ingat, jangan mengikis kulit yang menebal secara langsung, melainkan bertahap sedikit demi sedikit.
  • Setelah beberapa saat, angkat kaki dari rendaman dan cuci dengan air bersih, kemudian keringkan kaki dengan handuk bersih.
  • Sebelum kaki benar-benar kering, oleskan salep yang mengandung salisilat 40 persen yang berfungsi untuk mengangkat kulit mati.

Selain itu, ada beberapa pengobatan lain yang bisa dicoba jika cara di atas tidak ampuh. Cara yang pertama adalah menipiskan lapisan kulit yang menebal dengan pisau, yang harus dilakukan oleh dokter berpengalaman. Di samping itu, bisa juga dengan menggunakan -obatan dalam bentuk krim atau salep yang telah dijual bebas, dengan catatan penyakit arteri perifer, diabetes, dan neuropati perifer sebaiknya menghindari pemakaian asam salisilat karena malah akan merusak kulit dan saraf.

Operasi Mata Ikan

Biaya, mata ikan, operasi, kulit, penyakit, gangguan, rumah sakit, konsultasi, dokter, obat, salep, puskesmas, ASKES, BPJS

Biaya Operasi Hilangkan Mata Ikan

Jika cara-cara di atas belum juga bisa mengatasi gangguan mata ikan, opsi selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah melakukan operasi. Anda bisa pergi ke rumah sakit atau puskesmas terdekat untuk menjalani prosedur ini. Operasi mata ikan sendiri berlangsung cukup singkat, sekitar 20 menit, dengan pasien diberikan suntik bius lokal terlebih dahulu.

Ada dua utama yang digunakan dalam operasi mata ikan, yaitu operasi bedah minor dengan pisau dan operasi dengan kauterisasi. Dalam yang pertama, dokter akan menggunakan sebuah pisau khusus, kecil dan tajam, untuk membuang mata ikan sampai ke akarnya hingga yang tersisa adalah kulit yang sehat. Setelah mata ikan dibuang, luka sayatan kemudian dijahit dengan rapat.

Sementara, untuk metode yang kedua, menggunakan electric cauter, yang memiliki fungsi seperti solder, yang akan membakar kulit mata ikan secara elektrik sampai ke akar. Pada metode ini, tidak ada darah yang keluar dan kulit bekas operasi tidak perlu dijahit. Namun, metode ini hanya cocok untuk mata ikan berukuran kecil.

Biaya Operasi Mata Ikan

Menurut penuturan para pasien yang pernah melakukan operasi, biaya menghilangkan mata ikan berada di kisaran Rp200 ribuan (belum termasuk biaya konsultasi, biaya loket, biaya obat salep, dan biaya vitamin). Tetapi, jika Anda memutuskan melakukan operasi di puskesmas, biayanya bisa kurang dari Rp100 ribuan. Sementara, mereka yang menggunakan ASKES atau BPJS, tidak dikenakan biaya alias gratis.

 

Baca juga  Info Terbaru Biaya Tes Mantoux untuk Pemeriksaan TBC
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Biaya Operasi Hilangkan Mata Ikan"