Rute Perjalanan dan Biaya Naik Kapal Pesiar

No comment2974 views

Berwisata mengarungi lautan luas menggunakan kapal pesiar kerap dipilih mereka yang berkantong tebal, pasalnya gaya liburan seperti ini kerap diidentikkan dengan traveling megah dan mewah. Namun, apakah benar biaya untuk naik kapal pesiar semahal itu? Adakah perusahaan persewaan kapal pesiar yang mematok harga lebih terjangkau?

Ilustrasi: Travelling Dengan Kapal Pesiar (credit: boardaboat)

Ilustrasi: Travelling Dengan Kapal Pesiar (credit: boardaboat)

Perkembangan industri pariwisata di Indonesia semakin hari memang semakin berkembang, yang tidak hanya diminati wisatawan domestik, melainkan juga turis asing. Jika dulu kita mungkin hanya mengenal Bali sebagai spot liburan, maka saat ini banyak pelancong yang mulai melirik tempat-tempat wisata yang punya potensi alam yang tidak kalah elok, termasuk pulau-pulau kecil.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, 2/3 luas wilayah Indonesia memang didominasi oleh perairan.[1] Untuk mengunjungi satu pulau ke pulau yang lain, transportasi yang kerap dipilih memang pesawat. Namun, untuk berwisata ke pulau yang masih dalam satu wilayah atau berjarak cukup dekat, kapal dan perahu lebih sering digunakan karena menawarkan sensasi yang berbeda dan rata-rata punya biaya yang lebih murah.

Fasilitas, Pelabuhan dan Operator Kapal Pesiar

Terdapat banyak kapal yang dipakai wisatawan untuk menyeberangi lautan menuju pulau yang hendak dituju. Nah, salah satu yang kerap dijadikan pilihan transportasi adalah kapal pesiar, yang memang merupakan yang memiliki fungsi sebagai sarana rekreasi dan hiburan bagi penumpang. Kapal jenis ini biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti ruang kamar, restoran, kafe, bar, kasino, diskotik, kolam renang, serta sarana lainnya layaknya hotel.[2]

Baca juga  Info Lengkap Tarif Tol Trans Jawa

Indonesia sendiri sudah memiliki beberapa pelabuhan khusus yang dapat dijadikan berlabuh kapal pesiar. Paling baru adalah Pelabuhan Gili Mas di Lombok Barat, yang pertama kali beroperasi media 2019 lalu. Kala itu, Sun Princess menjadi kapal pesiar (cruise) pertama yang singgah di pelabuhan ini. Dengan kehadiran pelabuhan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke kawasan Lombok Barat.

Ilustrasi: Fasilitas Naik Kapal Pesiar (credit: luxuriety)

Ilustrasi: Fasilitas Naik Kapal Pesiar (credit: luxuriety)

Kemudian, ada Pelabuhan Benoa yang memang sudah populer sebagai pelabuhan kapal pesiar. Bahkan, pada tahun 2019 kemarin, terminal di pelabuhan tersebut baru saja diperluas. Ini seiring dengan semakin meningkatnya kunjungan wisatawan, terutama turis dari mancanegara, untuk berlibur ke Pulau Bali memakai kapal pesiar.

Tidak mau kalah dengan Bali, tetangga, Provinsi Jawa Timur, juga punya pelabuhan kapal pesiar yang terletak di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Tempat bersandar kapal ini bahkan telah menjadi langganan cruise mewah seperti Genting Dream. Tidak sedikit warga Kota Pahlawan yang rela datang ke Surabaya North Quay hanya untuk berfoto dengan background kapal pesiar tersebut.

Menuju ke barat, Jakarta pun memiliki pelabuhan kapal pesiar di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Dengan status sebagai pelabuhan paling besar dan paling sibuk di Nusantara, termasuk melayani kapal pesiar yang berlabuh, fasilitas yang disediakan Tanjung Priok memang jempolan, seperti garbarata agar memudahkan penumpang turun dari kapal, ruang tunggu VIP, hingga toilet khusus penyandang disabilitas.

Baca juga  Info Terbaru Tarif Gojek di Pontianak

Ada banyak operator yang dapat dipilih wisatawan jika ingin merasakan sensasi liburan dengan kapal pesiar. Yang sudah memiliki perwakilan di Indonesia adalah Royal Caribbean, yang juga sering menyabet penghargaan Best Cruise Operator. Di kawasan Asia Tenggara, kapal pesiar ini menawarkan pelayaran ke Malaysia atau Thailand, dengan pilihan durasi empat, lima, hingga tujuh malam.

Lalu, ada MS Seabourn Encore yang dioperasikan oleh PT Bahari Eka Nusantara untuk cabang dalam negeri. Kapal pesiar mewah ini memiliki dimensi 179,76 meter dan lebar 27,9 meter, dengan bobot mencapai 41,865 GRT dan dapat menampung hingga lebih dari 500 penumpang. Kapal ini beberapa kali singgah di Indonesia, termasuk di Surabaya pada tahun 2017 dan Aceh pada tahun 2019.

Dengan segala fasilitas yang diberikan, lalu berapa biaya untuk bisa menjajal naik kapal pesiar? Biaya yang dipatok biasanya berdasarkan lama berlayar dan musim (umumnya dibuat paket traveling). Selain itu, masing-masing operator juga akan mematok harga berbeda untuk wisatawan mereka. Jika penasaran, berikut kisaran biaya yang diperlukan untuk bisa naik kapal pesiar.

Ilustrasi: Ruangan Kamar di Kapal Pesiar (credit: trippdesign)

Ilustrasi: Ruangan Kamar di Kapal Pesiar (credit: trippdesign)

Biaya Naik Kapal Pesiar

Kapal PesiarRuteKisaran Biaya
Royal CaribbeanSingapura-Malaysia-ThailandLow Season : Rp1 juta per malam (minimal 4 malam)
Voyager of The SeasSingapura-Malaysia-ThailandRp3.549.330 (4 hari 3 malam)
Star CruisePenang, MalaysiaRp900.000 – Rp2.000.000
Singapura-Malaysia-ThailandRp4.600.000 (4 hari 3 malam)
Kapal Pesiar Karimunjawa

 

Rp1.850.000 – Rp2.550.000 (3 hari 2 malam)
Banda NeiraRp2.550.000 (4 hari 3 malam)
Pulau KomodoRp3.500.000 (4 hari 3 malam)
Raja AmpatRp4.200.000 (3 hari 2 malam)
Sapphire PrincessSingapura-Kuala LumpurRp5.639.018 (4 hari 3 malam)
Quantum of The SeasSingapura-Malaysia-ThailandRp6.156.360 (5 hari 4 malam)
Costa Neo Romantica JepangJepang-TaiwanRp8.235.000 (6 hari 5 malam)
Genting CruiseIndonesia-Singapura-Malaysia-ThailandRp10.000.000 (6 hari 5 malam)
World Dream CruiseHong Kong, ChinaRp11.500.000 (6 hari 5 malam)
Costa VeneziaSingapura-Bangkok-Phu My-Chan May-Shenzhen-Hong Kong-Keelung-TokyoRp17.500.000 (17 hari)

Biaya paket wisata naik kapal pesiar di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk keterangan resmi pihak operator. Perlu dicatat bahwa harga tiket kapal pesiar tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk mengetahui informasi lebih detail, Anda bisa mendatangi sejumlah pameran wisata yang kerap digelar di dalam negeri.

[1] Saelendra, Rieky Prasetya dan Wanda Widigdo. 2013. Jurnal eDIMENSI Arsitektur, Vol. 1(2): 217-224.

[2] Supriyanta dan Febrianto Nur Syafii. 2018. Penumpang pada Kapal Pesiar MS Seabourn Encore Oleh Operasional Keagenan PT Bahari Eka Nusantara Cabang Semarang. Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional, Vol. 1(1): 17-23.

Baca juga  Info Terkini Harga Cetak Foto Fujifilm (Berbagai Ukuran)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Rute Perjalanan dan Biaya Naik Kapal Pesiar"