Update Kisaran Biaya Paket Medical Check Up di Prodia

Pemeriksaan kesehatan bisa dikatakan sebagai langkah preventif untuk mencegah adanya penyakit berbahaya di dalam tubuh. Anda bisa melakukannya di klinik atau rumah sakit terdekat. Nah, salah satu klinik yang menyediakan paket medical check up adalah Prodia dengan kisaran biaya sesuai paket pilihan.

Ilustrasi: dokter memaparkan hasil medical check up
Ilustrasi: dokter memaparkan hasil medical check up

Seringkali seseorang baru menyadari betapa pentingnya kesehatan ketika merasakan adanya keluhan, bahkan terkadang keluhan tersebut dianggap enteng dan diabaikan sehingga akhirnya bertambah parah. Karena itu, mengetahui status kesehatan secara berkala merupakan salah satu upaya yang mudah dan ekonomis untuk menjaga kesehatan Anda.

Bacaan Lainnya

untuk mengatasi adanya penyakit di dalam dapat ditempuh dengan medical check up. Di Laboratorium Klinik Prodia misalnya, Anda dapat melakukan berbagai macam medical check up yang dapat membantu mendeteksi ada tidaknya penyakit, dan mengetahui risiko terjadinya penyakit tertentu di kemudian hari.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari melakukan check up, antara lain mencegah berkembangnya penyakit, melakukan pengobatan segera, mencegah atau menunda komplikasi, memperpanjang usia produktif dan harapan hidup, serta meningkatkan kualitas hidup. Beberapa penyakit pun dapat dideteksi secara langsung, seperti melitus, kelainan lemak darah, penyakit darah (anemia, kanker darah), penyakit hati (hepatitis, sirosis, kanker hati), penyakit ginjal (infeksi, kebocoran ginjal, gagal ginjal), dan penyakit radang sendi asam urat (rematik asam urat).

Panel Medical Check Up Prodia

Panel Check Up

Pemeriksaan ini mencakup pemeriksaan hematologi rutin, urine rutin, faeces rutin, bilirubin total, bilirubin direk, GOT, GPT, fosfatase alkali, Gamma GT, protein elektroforesis, glukosa puasa, Urea N, kreatinin, HBsAg, Anti-HCV, asam urat, TSHs, dan kolesterol total. Selain itu, terdapat layanan check up cholesterol HDL, cholesterol LDL -direk, trigliserida, dan Apo B. 

Dengan melakukan pemeriksaan tersebut, Anda dapat mengetahui ada tidaknya kelainan darah dan infeksi, mengetahui kondisi ginjal, saluran pencernaan, hati dan saluran empedu, potensi terjadinya melitus, serta ada tidaknya infeksi hepatitis B dan C. Anda juga akan mengetahui gangguan fungsi tiroid yang mempengaruhi metabolisme tubuh, kadar asam urat, dan metabolisme lemak dalam tubuh.

Panel Check Up Plus

Pemeriksaan ini memberikan manfaat lebih, dengan penambahan beberapa pemeriksaan seperti Cystatin C untuk mengetahui gangguan ginjal lebih dini. Anda juga akan mendapatkan tes kesehatan AFP untuk membantu deteksi kanker hati, PSA untuk deteksi kanker prostat (khusus pria) dan sitologi serviks berbasis cairan (SSBC) untuk deteksi kanker leher rahim (khusus wanita), serta pemeriksaan adiponektin, small dense LDL (sdLDL), dan hsCRP sebagai faktor risiko penyakit kardiovaskular. 

Panel check up plus mencakup pemeriksaan hematologi rutin, urine rutin, feses rutin, bilirubin total, bilirubin direk, GOT, GPT, fosfatase alkali, Gamma GT, protein elektroforesis, glukosa puasa, Urea N, Kreatinin, Cystatin C, HBsAg, Anti-HCV, dan asam urat. Itu juga termasuk TSHs, cholesterol total, cholesterol HDL, cholesterol LDL-direk, trigliserida, Apo B, sdLDL, hsCRP, AFP, PSA (khusus laki-laki), SSBC (khusus perempuan), dan adiponektin.

Tes Kesehatan Laboratorium Prodia

Di Prodia, ada beberapa tes pemeriksaan laboratorium yang dapat dilakukan. Pemeriksaan ini dapat berupa pemeriksaan alergi, analisis CSF, analisis faeces, endokrinologi, hematologi, imuno serologi, imunohistokimia, kadar obat dalam darah, kimia, lain-lain, mikrobiologi, mikronutrien dan logam berat, molekular, non laboratorium, nutrisi, osteoporosis, penanda tumor, rujukan, tuberkulosis, dan urinalisa. Dari pemeriksaan di atas, ada beberapa sub pemeriksaan lagi yang dapat dilakukan di Prodia.

Ilustrasi; Klinik Prodia (credit: sentul.city)

General Medical Check Up atau pemeriksaan medis ini biasanya menjadi salah satu syarat pada saat rekrutmen calon atau syarat untuk menempuh studi ke luar negeri. Selain laboratorium klinik untuk kalangan umum, Prodia juga menyediakan laboratorium khusus anak yang dinamakan Prodia Child Lab di Jakarta dan laboratorium klinik khusus wanita bernama Prodia Women’s Health Centre, juga di Jakarta.

Hingga saat ini, Prodia berhasil menjadi laboratorium klinik terbesar di Indonesia dengan hadirnya kurang lebih 128 cabang atau sekitar 251 di 104 kota yang tersebar di 30 provinsi di Indonesia. Biaya pemeriksaan kesehatan atau medical check up di Prodia pun tergolong terjangkau, mengingat hasil pemeriksaan juga umumnya selesai dalam waktu yang relatif cepat. Sebelum melakukan pemeriksaan (medical check up), disarankan untuk melakukan hal berikut.

Syarat Sebelum Medical Check Up

  • Puasa selama 12 hingga 14 jam, dan hanya diperkenankan untuk minum air putih saja
  • Pengambilan spesimen sebaiknya dilakukan pada pagi hari antara pukul 07.00-09.00.
  • Hindari merokok, obat-obatan & latihan fisik sebelum pengambilan spesimen.

Biaya Medical Check Up Prodia

Paket Check Up Harga Jenis Pemeriksaan
Panel Wellness Basic Rp2.462.000 Hematologi Lengkap, Cholesterol Total, Cholesterol LDL Direk, Cholesterol HDL, Trigliserida, hs-CRP, GOT, GPT, Glukosa Puasa, HbA1c, Kreatinin, Rasio Albumin-Kreatinin Urine Sewaktu, Asam Urat, eLFG (CKD-EPI), Lingkar Perut, Tekanan Darah, Indeks Massa Tubuh, Vitamin D 25-OH Total
Panel Wellness Medium Rp4.001.000 Hematologi Lengkap, Cholesterol Total, Cholesterol LDL Direk, Cholesterol HDL, Trigliserida, Apo B, hs-CRP, GOT, GPT, Glukosa Puasa, HbA1c, Cystatin C, Rasio Albumin-Kreatinin Urine Sewaktu, Asam Urat, eLFG Cys-C (CKD-EPI), Na, K, CI, Lingkar Perut, Tekanan Darah, Indeks Massa Tubuh, EKG, Vitamin D 25-OH Total.
Panel Wellness Premium Pria Rp8.848.000 Hematologi Lengkap, Cholesterol Total, Cholesterol LDL Direk, Cholesterol HDL, Trigliserida, Apo B, hs-CRP, GOT, GPT, Gamma GT, Bilirubin Total, Bilirubin Direk, Protein Total, Albumin, Globulin, Glukosa Puasa, HbA1c, Cystatin C, Rasio Albumin-Kreatinin Urine Sewaktu, Asam Urat, eLFG Cys-C (CKD-EPI), Na, K, CI, Urine Rutin, HBsAg,  Anti-HBs, Anti-HCV, TSHs, Darah Samar, PSA, Lingkar Perut, Tekanan Darah, Indeks Massa Tubuh, EKG, Treadmill, Rontgen Thorax, USG Whole Abdomen, Vitamin D 25-OH Total.
Panel Wellness Premium Wanita Rp9.735.000 Hematologi Lengkap, Cholesterol Total, Cholesterol LDL Direk, Cholesterol HDL, Trigliserida, Apo B, hs-CRP, GOT, GPT, Gamma GT, Bilirubin Total, Bilirubin Direk, Protein Total, Albumin, Globulin, Glukosa Puasa, HbA1c, Cystatin C, Rasio Albumin-Kreatinin Urine Sewaktu, Asam Urat, eLFG Cys-C (CKD-EPI), Na, K, CI, Urine Rutin, HBsAg, Anti-HBs, Anti-HCV, TSHs, Darah Samar, SSBC, HPV DNA, Lingkar Perut, Tekanan Darah, Indeks Massa Tubuh, EKG, Treadmill, Rontgen Thorax, USG Abdomen, dan Vitamin D 25-OH Total.

Pada tahun 2022 terdapat perubahan biaya pada beberapa paket medical check-up Prodia. Misalnya, Panel Wellness Basic yang tahun 2020 dipatok Rp1,66 juta, naik menjadi Rp2,283 juta karena ada penambahan pemeriksaan terbaru, yakni Vitamin D 25-OH Total, naik lagi menjadi Rp2,462 juta di tahun 2022. Kemudian, Panel Wellness Medium juga biayanya turun dari Rp3,754 juta di tahun 2020 menjadi Rp3,592 juta di tahun 2021 karena pemeriksaan Treadmill digantikan dengan Vitamin D 25-OH Total, tetapi naik menjadi Rp4 jutaan tahun 2022.

Medical Check Up di Klinik – www.istockphoto.com

Dua paket lainnya, yakni Panel Wellness Premium Pria dan Wanita pun naik dari tarif pada 2020 yang dibanderol masing-masing Rp7,506 juta dan Rp8,239 juta, menjadi masing masing Rp7,7 juta dan Rp8,5 juta di tahun 2021. Pada tahun 2022, biaya Panel Wellness Premium Pria dan Wanita naik lagi masing-masing menjadi Rp8,8 juta dan Rp9,7 juta. 

Tarif paket medical check-up Prodia pada tahun 2022 bisa naik drastis karena ada penambahan layanan kesehatan seperti tes eLFG (CKD-EPI) pada paket Panel Wellness Basic dan Panel Wellness Medium. Sementara itu, pada paket Panel Wellness Premium Pria dan Panel Wellness Premium Wanita mendapat layanan tambahan eLFG Cys-C (CKD-EPI).

Daftar biaya medical check up Prodia di atas kami dapatkan langsung dari pihak Prodia melalui email resmi. Perlu dicatat bahwa besaran tarif medical check up tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Pada tahun 2019, biayanya sekitar Rp1,4 juta hingga Rp6 jutaan. Untuk info lebih lengkap, silakan menghubungi contact center 1500 830.

[Almas]

Pos terkait