Info Terbaru Biaya Mamografi di Indonesia

No comment3486 views

Payudara termasuk aset sekaligus organ tubuh yang penting bagi wanita. Namun, wanita seringkali tidak menyadari adanya sesuatu yang salah dengan payudaranya. Nah, salah satu metode yang kerap digunakan untuk mengetahui adanya permasalahan pada payudara adalah mamografi. Biaya mamografi sendiri tergolong mahal, berkisar di angka ratusan ribu rupiah.

Prosedur Mamografi

Ilustrasi: Prosedur Mamografi di Rumah Sakit (credit: fda.gov)

Ilustrasi: Prosedur Mamografi di Rumah Sakit (credit: fda.gov)

Mamografi adalah prosedur pemindaian untuk mengambil gambar jaringan payudara dengan menggunakan teknologi foto rontgen. Mamografi berguna untuk mendeteksi kelainan pada payudara, seperti kanker, tumor, kista, dan penumpukan kalsium, yang dapat menimbulkan keluhan pada payudara, seperti nyeri, benjolan, perubahan warna kulit, puting menebal, atau keluarnya cairan dari puting. Mammografi pun dianjurkan untuk dilakukan secara rutin untuk wanita berusia 40 tahun ke atas agar dapat mendeteksi kanker payudara sedini mungkin.

Berdasarkan tujuannya, pemeriksaan mamografi dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu mamografi diagnostik dan mamografi skrining. Mamografi diagnostik dilakukan pada perempuan yang memang sudah ada keluhan pada payudaranya. Sementara itu, mamografi skrining dilakukan pada perempuan yang sebelumnya tidak ada keluhan apapun pada payudaranya tetapi ingin memeriksakan dirinya sesuai dengan tujuan skrining yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Baca juga  Update Harga Cuka Apel Tahesta

Pada pemeriksaan mamografi skrining, biasanya dilakukan pengambilan gambar sebanyak dua kali dari dua sudut yang berbeda seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Pengambilan gambar bisa saja dilakukan lebih banyak pada mamografi diagnostik.

Pemeriksaan mamografi bermanfaat bila dilakukan pada perempuan yang usianya minimal 35 tahun dan sedang tidak menyusui. Perempuan yang menyusui tetap bisa menjalani pemeriksaan mamografi, tetapi hasil pemeriksaannya tidak akan seakurat yang tidak sedang menyusui. Ini disebabkan perempuan yang menyusui memiliki jaringan payudara yang lebih padat dibandingkan ketika tidak menyusui.

Demikian pula perempuan berusia di bawah 35 tahun, jaringan payudaranya juga masih padat. Semakin padat jaringan payudara, maka semakin sulit juga bagi tenaga kesehatan untuk melihat ada abnormalitas di payudara.[1]

Sebelum menjalani pemeriksaan mammografi, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi kafein dua minggu sebelum pemeriksaan dilakukan. Ketika mamografi berlangsung, Anda pun sebaiknya menghindari pemakaian produk kosmetik, seperti deodoran, lotion, krim, bedak, atau parfum di sekitar payudara, serta perhiasan atau benda logam dari pinggang ke atas. Nantinya Anda akan diberi pakaian khusus oleh pihak rumah sakit.

Baca juga  Update Harga Serum Wardah C-Defense

Ketika mamografi, Anda akan diminta untuk berada pada posisi duduk atau berdiri, lalu payudara akan ditempatkan ke dalam alat rontgen dengan kompresor yang dapat menekan dan mendatarkan jaringan payudara. Saat proses ini berlangsung, Anda akan diminta untuk menahan napas ketika payudara ditekan dan mungkin Anda akan merasa kurang nyaman atau nyeri selama beberapa saat. Prosedur tersebut bisa saja diulang jika ditemukan kelainan atau gambar yang tidak jelas. Proses pemeriksaan mamografi ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pemeriksaan mammografi menghabiskan biaya mulai ratusan ribu rupiah. Berikut ini rangkuman biaya mamografi di sejumlah rumah sakit yang ada di Indonesia.

Ilustrasi: Pemeriksaan Mamografi (sumber: healthywomen)

Ilustrasi: Pemeriksaan Mamografi (sumber: healthywomen)

Biaya Mamografi

Nama Rumah Sakit/AlamatBiaya Mamografi
RS Mitra KeluargaJl. Pengasinan, Rawa Semut, Margahayu, Bekasi Timur, USG Mammae & Mammografi: Rp700.000
USG Mammografi: Rp425.000
Medicelle ClinicJl. Raya Gubeng No. 11 Surabaya,Mammografi & Konsultasi: Rp900.000
USG Payudara & Konsultasi: Rp800.000
Mammografi + USG + Konsultasi: Rp1.360.000
Mayapada Hospital

 

Jl. Honoris Raya Kav. 6, Modernland - Kelapa Indah, Kota Tangerang - Mammografi + USG + Konsultasi: Rp1.099.000
RS Kanker Dharmais

 

Jl. Letjen Jend. S. Parman No. 84-86, Jakarta BaratKonsultasi Mammografi: Rp450.000 - Rp475.000
RS Harapan BundaJl. Raya Bogor KM 22 No. 44 Jakarta TimurMammografi Darah lengkap + Konsultasi Spesialis Bedah Umum: Rp749.000
Bethsaida HospitalJl. Boulevard Raya Gading Serpong Kav. 28, Curug, Sangereng Kelapa Dua, Serpong, Tangerang, BantenMammografi: Rp128.800

Informasi biaya mamografi di atas diperoleh dari Alodokter. Perlu Anda ketahui bahwa biaya mamografi yang berlaku di setiap rumah sakit dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, biaya mamografi di tiap rumah sakit bisa saja berbeda-beda. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih jelas seputar biaya mamografi, Anda dapat langsung menghubungi pihak rumah sakit yang bersangkutan.

[Update: Almas]

[1] Sobri F., dkk. 2017. Cerdas Menghadapi Kanker Payudara: Pencegahan, Pendeteksian Dini, Penyembuhan. Jakarta: Gema Insani.

Baca juga  Info Terbaru Harga Acnes Treatment Series untuk Jerawat
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Biaya Mamografi di Indonesia"