Pendaftaran & Biaya MAKSI-PPAk (Magister Akuntansi Pendidikan Profesi Akuntansi) UI TA 2022/2023

Universitas Indonesia (UI) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri di Indonesia yang berlokasi di dua kampus, yaitu terletak di bagian utara Depok, Jawa Barat dan di daerah Salemba, Jakarta Pusat. Menjadi salah satu kampus favorit, UI menyelenggarakan beragam program studi, salah satunya Program Akuntansi-Pendidikan Profesi Akuntansi (MAKSI-PPAk) yang dikelola Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI (FEB UI).

Ilustrasi: pendidikan profesi akuntansi
Ilustrasi: pendidikan profesi akuntansi

Program Studi Magister Akuntansi (MAKSI) FEB UI adalah Program Magister Akuntansi dengan orientasi profesi yang pertama di Indonesia. Program studi ini mendidik tenaga akuntan dan para profesional di bidang informasi demi terbentuknya good public & corporate governance dalam ‘global civil society’. Sementara, Program Studi Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) FEB UI adalah program profesi yang mempersiapkan mahasiswanya untuk mengikuti ujian Chartered Accounting (CA) yang diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Program Studi MAKSI-PPAk menawarkan pilihan program pendidikan sebagai berikut.

Bacaan Lainnya

Program Studi MAKSI-PPAk

  • Program MAKSI.
  • Program PPAk.
  • Program MAKSI-PPAk.

Mengenai biaya perkuliahan di Program MAKSI-PPAk, terdapat dua macam, yaitu Biaya Operasional Pendidikan (BOP) dan Pengembangan (DP) untuk kelas reguler dan kelas khusus. Berikut kami sajikan informasi terbaru biaya Program MAKSI-PPAk UI (dalam rupiah) yang kami rangkum dari situs resminya.

Biaya Program MAKSI-PPAk UI Kelas Reguler (Pagi)

Program Kelas Reguler DP (satu kali) BOP (per semester) Total
MAKSI 9.000.000 23.000.000 79.200.000
PPAk. 5.000.000 13.000.000 32.200.000
MAKSI-PPAk. (Double Program) 12.000.000 27.000.000 95.400.000

Keterangan:

  • Biaya pendaftaran program MAKSI dan PPAk. masing-masing Rp1.200.000, sedangkan MAKSI-PPAk. (Double Program) Rp2.400.000.
  • Mulai Semester 4: BOP MAKSI sebesar Rp10.500.000 dan BOP Ujian Kompetensi PPAk. sebesar Rp500.000.
Baca juga  Pendaftaran dan Biaya Kuliah di SAE Institut Jakarta TA 2022/2023

Biaya Program MAKSI-PPAk UI Kelas Khusus (Sore)

Program Kelas Reguler DP (satu kali) BOP (per semester) Total
MAKSI 9.000.000 20.000.000 90.200.000
PPAk. 5.000.000 13.000.000 32.200.000
MAKSI-PPAk. (Double Program) 12.000.000 23.500.000 95.400.000

Keterangan:

  • Biaya pendaftaran program MAKSI dan PPAk. masing-masing Rp1.200.000, sedangkan MAKSI-PPAk. (Double Program) Rp2.400.000.
  • Mulai Semester 4: BOP MAKSI sebesar Rp10.500.000 dan BOP Ujian Kompetensi PPAk. sebesar Rp500.000.

Sebagai bahan perbandingan, tahun 2020 besaran biaya program pendidikan sama seperti tahun ajaran 2019, yakni BOP Rp11 juta per semester (reguler) atau Rp5 juta per semester (khusus) dan pengembangan Rp6 juta. Kemudian, pada tahun 2021 BOP kelas reguler naik jadi Rp12 juta per semester dan kelas khusus Rp8,5 juta per semester, dengan dana pengembangan Rp7 juta.

Ilustrasi: Mahasiswa FEB UI (credit: anakui)
Ilustrasi: Mahasiswa FEB UI (credit: anakui)

Syarat Pendaftaran Program MAKSI-PPAk UI

  • Memiliki gelar Sarjana Ekonomi dari Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi.
  • Mengikuti prosedur pendaftaran UI di website www.penerimaan.ui.ac.id.
  • Membayar biaya pendaftaran untuk dua program.
  • Mengikuti tes untuk dua program, sehingga ujian yang perlu dilakukan adalah Ujian Saringan Masuk bersama di tingkat UI, yaitu TPA dan bahasa Inggris.

Proses Pendaftaran Program MAKSI-PPAk UI

  • Pendaftar membuat account di situs www.penerimaan.ui.ac.id.
  • Calon Mahasiswa MAKSI-PPAk (2 Program) melakukan 2 (dua) pendaftaran, yaitu di MAKSI dan di PPAk, cukup dengan satu account saja.
  • Setelah Login, pendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran secara dan mendapatkan nomor pendaftaran. Nama peserta diisi tanpa menggunakan gelar akademik atau sebutan profesi.
  • Pendaftar meng-upload file foto berwarna ukuran 4 x 6 cm.
  • Melunasi biaya pendaftaran melalui ATM atau Teller menggunakan nomor pendaftaran yang diperoleh sebelumnya. Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM / Teller Bank BNI, ATM atau Internet Banking Bank Permata, ATM Bank Niaga, ATM Bank Bukopin, Teller Bank BTN, dan ATM Bank Mandiri.
  • Setelah itu, pendaftar akan mendapatkan nomor ujian dan kartu peserta ujian yang dapat dicetak berwarna secara mandiri untuk digunakan pada saat pelaksanaan ujian saringan.
  • Meng-upload hasil scan dokumen persyaratan yang diperlukan secara dalam format PDF pada periode yang ditentukan pada jadwal kegiatan.
  • Mengikuti Ujian Saringan sesuai jadwal dan materi yang telah ditetapkan dengan membawa kartu peserta ujian yang telah dicetak secara dan identitas diri yang digunakan ketika melakukan pendaftaran secara online (pendaftar memasukkan nomor identitas diri ketika melakukan pendaftaran secara online).
  • Pengumuman peserta yang diterima akan diumumkan sesuai tanggal yang telah ditetapkan pada jadwal kegiatan. Peserta dapat melihat hasil pengumuman setelah login dengan account yang dibuat.
Baca juga  Biaya Nanyang Technological University (NTU) Singapore Tahun 2022

Jadwal Penerimaan Program MAKSI-PPAk UI 2022/2023

Kegiatan Gelombang 1
Pendaftaran 4 Februari – 4 Maret 2022
Ujian 13 Maret 2022 ( daring)
Pengumuman 19 April 2022

Perkuliahan di Program MAKSI-PPAk (2 program) akan diberikan dalam bentuk paket sebanyak 47 SKS yang menggabungkan kurikulum Program Magister dan Kurikulum Program Profesi. Lama studi yang akan ditempuh di program ini dibedakan berdasarkan kelasnya, yaitu:

Lama Studi Program MAKSI-PPAk UI

  • Kelas Reguler/Pagi, perkuliahan di pagi dan siang hari pukul 09.00-15.30 WIB yang akan ditempuh selama 4 semester reguler.
  • Kelas Khusus/Malam, perkuliahan di malam hari, pukul 19.00-21.30 WIB yang akan ditempuh dalam 4 semester reguler dan 2 semester pendek.

Di UI, sudah disediakan layanan online, baik bagi mahasiswa maupun dosen, seperti berikut.

Program Magister Akuntansi-Pendidikan Profesi Akuntansi (MAKSI-PPAk) - reading.activatelearning.ac.uk
Program Magister Akuntansi-Pendidikan Profesi Akuntansi (MAKSI-PPAk) – reading.activatelearning.ac.uk

Layanan UI

  • Absen online. Absen ini memudahkan administrasi kehadiran dosen dalam setiap perkuliahan serta membantu meningkatkan kedisplinan pengajar. Fasilitas ini hanya dapat digunakan oleh pengajar FEUI, yang memiliki account pengajar.
  • Silabus. Fasilitas ini memungkinkan mahasiswa, pengajar, maupun karyawan untuk mendownload silabus pengajaran dengan memasukkan account UI masing-masing.
  • SIAK NG. Layanan ini merupakan Sistem Informasi Akademis dengan sistem ‘Single Sign On’ yaitu satu akses dengan hanya menggunakan satu user id dan password untuk semua layanan. Untuk dapat menggunakan semua layanan kampus, civitas akademika harus memiliki accountnya masing-masing. Seorang mahasiswa baru otomatis akan mendapatkan akun single sign on saat pendaftaran.
  • Scele UI. Fasilitas Student Centered e-Learning Environment (SCeLe) dapat digunakan oleh pengajar dalam memberikan pengajaran, baik secara langsung maupun tidak kepada mahasiswa. Fasilitas ini memungkinkan pengajar memberikan materi tanpa langsung bertemu muka dengan para mahasiswanya.
  • EDOM UI. Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM) merupakan instrumen untuk menilai kinerja dosen dalam proses pembelajaran di akhir semester. Penggunaan Edom merupakan salah satu bentuk komitmen FEUI untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran dan kinerja para pengajar.
  • SIPEG UI. Aplikasi SIPEG UI (Sistem Informasi Kepegawaian) Universitas Indonesia adalah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk menunjang proses administrasi kepegawaian di Universitas Indonesia.
  • Yudisium. Aplikasi yudisium berguna untuk melakukan pendaftaran secara online.
  • Webmail. Fasilitas ini merupakan fasilitas mail Universitas Indonesia yang dapat digunakan di mana saja dengan menggunakan penjelajah (browser).
Baca juga  Jadwal Pendaftaran dan Biaya Kuliah PDTI STTD Bekasi TA 2022/2023

Jika Anda membutuhkan informasi lebih detail, Anda bisa langsung datang ke Program Studi MAKSI-PPAk FEUI di Gedung Prof. Dr. Mohammad Sadli, Jalan Salemba Raya 4, Jakarta. Selain itu, Anda pun bisa menghubungi nomor telepon (021) 31907848 (ext. 621-626-631-632-611-612, dan 650), atau email di alamat [email protected]

[Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.