Proses, Persyaratan dan Biaya Legalisasi di Notaris

Kebutuhan akan legalisasi di notaris menjadi salah satu hal yang penting untuk beberapa orang, terutama bagi mereka yang ingin mengurus khusus untuk urusan ke luar negeri. Melakukan legalisasi di notaris juga terbilang praktis meskipun biayanya terbilang tidak murah.

Ilustrasi: legalisasi dokumen di notaris (credit: infowisesolutions)

Ilustrasi: legalisasi dokumen di notaris (credit: infowisesolutions)

Legalisasi di Notaris

Jasa notaris memang sangat dibutuhkan, terutama jika Anda ingin pergi ke luar negeri untuk urusan pekerjaan atau melanjutkan pendidikan. Anda bisa mengajukan legalisasi atau penerjemahan dokumen tertentu, di antaranya akta kelahiran, ijazah, dan dokumen lainnya yang bersangkutan.

Tugas notaris tersebut telah diatur dalam UU No. 30 Tahun 2004 tentang jabatan notaris. Sebagai pejabat umum, notaris merupakan organ negara yang mendapat pelimpahan kewenangan oleh negara dalam rangka pemberian layanan umum kepada masyarakat di bidang keperdataan.

Selain itu, tugas notaris juga diatur dalam UU No. 2 tahun 2014 Pasal 15 ayat (1) tentang perubahan UU Jabatan Notaris No. 30 tahun 2014 yang menyatakan, notaris adalah pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta autentik mengenai semua perbuatan, perjanjian, dan penetapan yang diharuskan oleh suatu peraturan perundang-undangan dan/atau dikehendaki oleh yang berkepentingan untuk dinyatakan dalam suatu akta otentik menjamin kepastian tanggal pembuatan akta, menyimpan akta, dan memberikan grosse.[1]

Baca juga  Update Terkini Biaya Umroh dan Haji Plus Shafira Tour & Travel

Notaris berwenang mengesahkan tanda tangan dan menetapkan kepastian tanggal surat di bawah tangan, dengan mendaftar dalam buku khusus. Ketentuan ini merupakan legalisasi terhadap akta di bawah tangan yang dibuat sendiri oleh orang perseorangan atau para pihak di atas dengan materai cukup. Untuk jalan pendaftarannya, bisa dilakukan di dalam buku khusus yang disediakan oleh notaris.

Proses legalisasi dokumen di notaris dilakukan dengan cara membawa pihak yang membuat surat atau dokuken dan menandatangani dokumen tersebut di hadapan notaris dan dicatat dalam buku khusus. Tanggal pada saat penandatangani dokumen di hadapan notaris adalah tanggal terjadinya perbuatan hukum yang melahirkan hak dan kewajiban antara pihak yang bersangkutan.

Dokumen atau surat dapat dilegalisasi apabila tanda tangan dari pejabat yang menandatangani dokumen yang akan dilegalisasi telah sesuai dengan contoh tanda tangan dari pejabat tersebut yang tersimpan di Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum.

Ilustrasi: Notaris (credit: superiornotaryservices)

Ilustrasi: Notaris (credit: superiornotaryservices)

Ketika Anda ingin melegalisasi berbagai macam dokumen di notaris, pastikan Anda memilih lembaga yang terpercaya. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan berbagai macam keperluan administrasi seperti berikut.

Baca juga  Update Harga Sewa Bungalow di BJBR (BeeJay Bakau Resort) Probolinggo

Syarat Administrasi Legalisasi di Notaris

  • Dokumen asli yang ingin dilegalisasi, misalnya ijazah, akta lahir, , dan lainnya.
  • Fotokopi dokumen yang sudah dilegalisasi oleh instansi terkait, sebagai contoh fotokopi ijazah yang sudah dilegalisasi sekolah asal.
  • Fotokopi paspor job offer akte lahir dan terjemahan.

Semua kelengkapan di atas harus dibawa dalam map plastik atau kertas yang telah disyaratkan oleh pihak notaris. Biasanya, Anda dibebaskan untuk memakai map apa pun, kecuali map dengan paku atau kancing.

Jasa legalisasi notaris tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh individu. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mewakili atau atas nama perusahaan. Dalam hal ini, orang yang datang untuk melegalisasi dokumen yang bersifat perusahaan biasanya melegalisasi dokumen atas yang dihasilkan.

Persyaratan berupa dokumen tersebut bisa diserahkan secara langsung di kantor notaris. Meskipun begitu, ada juga notaris yang mau melayani Anda dengan persyaratan dokumen dikirim melalui pos atau kurir. Namun, akan lebih baik jika Anda mengirimnya secara langsung, sehingga dokumen tidak berisiko rusak oleh kurir atau jasa antar dokumen.

Ilustrasi: Pengesahan Dokumen (credit: zancopenotary)

Ilustrasi: Pengesahan Dokumen (credit: zancopenotary)

Legalisasi Notaris

Setelah mengetahui proses legalisasi, lalu berapa biaya yang diperlukan? legalisasi dokumen di tiap lembaga kenotariatan terbilang tidak murah, apalagi jika ada dokumen yang perlu diterjemahkan sebelum dilegalisasi. layanan legalisasi notaris secara umum di Indonesia berkisar Rp200.000 hingga Rp400.000 per dokumen. legalisasi tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sesuai kebijakan lembaga.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Pendaftaran Paten dan Merek di Kantor DJKI (Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual)

Lamanya proses legalisasi dokumen di notaris terbilang lebih cepat dibanding legalisasi dokumen di Kemenkumham. Untuk satu dokumen atau surat sederhana, biasanya memakan waktu 2 hari jam kerja. Sementara. untuk dokumen yang panjang dan tebal, biasanya memakan waktu hingga 4 hari kerja.

[1] Winarno, Harjono Djoko Wahju. 2016. Tanggungjawab Notaris terhadap Kebenaran Akta di Bawah Tangan yang Dilegalisasi oleh Notaris. Jurnal Repertorium UNS Vol, 3(2): 154-163.

author

Leave a reply "Proses, Persyaratan dan Biaya Legalisasi di Notaris"