Biaya Layanan Kartu Kredit Shopee (Semua Bank)

merupakan salah satu layanan perbankan yang diminati banyak nasabah karena dinilai dapat memudahkan mereka untuk melakukan transaksi keuangan. Selain bank, ternyata sejumlah e-commerce juga meluncurkan kartu kredit sendiri, salah satunya Shopee. Bekerja sama dengan Bank Mandiri, kartu kredit ini menawarkan sejumlah keuntungan. Meski demikian, ada sejumlah biaya yang akan dikenakan nasabah saat memakai layanan kartu tersebut.

Ilustrasi: kartu kredit (unsplash: Emil Kalibradov)
Ilustrasi: kartu kredit (unsplash: Emil Kalibradov)

Seperti diketahui, transaksi ekonomi saat ini tidak hanya difasilitasi uang tunai, tetapi telah merambah dengan menggunakan instrumen non-tunai atau secara elektronik yang lebih efisien dan ekonomis. Pembayaran tunai sekarang bahkan dinilai telah ketinggalan zaman, sedangkan pembayaran secara non-tunai dianggap sebagai salah satu bagian gaya hidup modern.[1]

Bacaan Lainnya

Ada banyak instrumen pembayaran non-tunai, dan salah satu yang menjadi favorit adalah kartu kredit. Berdasarkan data AKKI (Asosiasi Indonesia), jumlah kartu kredit yang beredar pada tahun 2019 mencapai angka 17.487.057 dari 12.259.295 sepuluh tahun sebelumnya. Dengan banyaknya peredaran kartu kredit, jumlah transaksi, menurut data Bank Indonesia, pun melonjak menjadi 319.535.699 transaksi.[2]

Mengapa kepemilikan credit card melonjak, tidak lain karena produk ini menawarkan banyak kelebihan. dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang juga bermanfaat untuk pinjaman murah, untuk berbelanja online, pembatalan transaksi online, pengeluaran tercatat, banyak potongan harga atau diskon ketika berbelanja, traveling menjadi lebih murah, akomodasi menjadi lebih hemat, bisa dijadikan mata uang internasional, praktis dan aman, serta bisa digunakan untuk mengajukan kredit tanpa agunan.

Umumnya, diluncurkan oleh institusi keuangan, dalam hal ini adalah bank. Namun, beberapa bank juga bekerja sama dengan pihak lain untuk merilis credit card khusus, salah satunya Bank Mandiri. Bank yang berdiri pada tahu 1998 tersebut sekarang bermitra dengan Shopee dengan menerbitkan Mandiri Kartu Kredit Shopee.

Fitur Mandiri Shopee

  • Nasabah berkesempatan meraih 5x koin Shopee untuk setiap pembelian food & beverages kelipatan transaksi Rp1.000.
  • Nasabah berkesempatan meraih 1x koin Shopee untuk setiap transaksi kelipatan Rp1.000.
  • Nasabah berkesempatan meraih cashback hingga 100 ribu koin Shopee untuk setiap pembelanjaan di Shopee setiap harinya.
  • Nasabah mendapatkan gratis biaya penanganan untuk seluruh transaksi full payment dan cicilan di Shopee.
  • Nasabah akan mendapatkan gratis perlindungan dengan maksimal nilai pertanggungan hingga Rp25 juta untuk pembelian online maupun offline.

Selain fitur-fitur di atas, seperti dilansir dari situs resminya, nasabah juga bisa mendapatkan contactless credit card, yakni kemudahan melakukan transaksi Mandiri tanpa otorisasi PIN, dengan menempelkan (tapping) kartu pada mesin pembaca kartu (EDC) Contactless. Kartu kredit ini pun memberikan free annual fee selama satu tahun tanpa syarat.

Mandiri Shopee (youtube: Josan Channel 1)

Biaya Mandiri Shopee

Komponen Biaya
Biaya Cash Advance 6% dari sejumlah pengambilan tunai atau Rp100.000 (mana yang lebih besar)
Biaya Keterlambatan Pembayaran 1% dari jumlah tagihan maksimum Rp100.000
Pembayaran Minimum 5% dari jumlah tagihan atau Rp50.000 (mana yang lebih besar)
Biaya Membership Kartu Utama Rp300.000 per tahun
Biaya Membership Kartu Tambahan Rp150.000 per tahun
Biaya Pelampauan Batas Kredit Rp150.000
Biaya Ganti Kartu Hilang Rp50.000
Biaya Ganti Kartu Sebab Lain Gratis
Biaya Naik Limit Gratis
Biaya Copy Sales Draft Rp30.000
Biaya Copy Lembar Tagihan Rp25.000
Pembayaran Melalui Cabang Rp25.000
Pembayaran Melalui Direct Debit Gratis
Pembayaran Melalui ATM Gratis
Biaya Cetak Lembar Tagihan Rp15.000
Limit Rp2.000.000 – Rp500.000.000

Selain Bank Mandiri, Shopee juga memberikan kepada konsumen mereka untuk melakukan transaksi menggunakan bank yang berbeda. Namun, untuk menggunakan layanan tersebut, konsumen akan dikenakan sejumlah biaya, biasanya ditentukan berdasarkan kebijakan bank penerbit kartu kredit.

Ilustrasi: layanan Shopee

Biaya Layanan Kartu Kredit Shopee

Transaksi Biaya
Cicilan dengan kartu kredit OCBC NISP Rp15.000
Cicilan dengan kartu kredit Standard Chartered Bank Rp20.000
Cicilan dengan kartu kredit Bank Mega tenor 3 dan 6 bulan 0,5% per bulan dari total transaksi (setelah biaya penanganan)
Cicilan dengan kartu kredit BRI Rp5.000
Cicilan dengan kartu kredit DBS Bank Rp15.000
Cicilan dengan kartu kredit Bank Permata Rp15.000
Cicilan dengan kartu kredit Bank Mandiri dan BTN tenor 24 bulan 0,5% per bulan dari total transaksi (setelah biaya penanganan)
Cicilan dengan kartu kredit Mayapada Rp15.000
Cicilan dengan kartu kredit Bank Danamon Rp15.000
Cicilan atau pembayaran penuh Mandiri Kartu Kredit Shopee Gratis
Biaya penanganan untuk pembayaran penuh semua kartu kredit Gratis

Informasi biaya layanan kartu kredit untuk bertransaksi di Shopee tersebut kami rangkum dari situs resmi e-commerce yang bersangkutan. Biaya tersebut akan masuk dalam tagihan bulanan kartu kredit nasabah. Perlu dicatat, untuk pembayaran dengan Angsuran Kartu Kredit, beberapa bank/penyedia kartu mengenakan biaya penanganan. Jika Anda menerima tagihan lebih dari jumlah total pembayaran Anda saat checkout, hubungi Shopee Customer Service.

[1] Hendarsyah, Decky. 2020. Analisis Perilaku Konsumen dan Keamanan Kartu Kredit Perbankan. Jurnal Perbankan Syariah, Vol. 1(1): 85-96.

[2] Ibid.

Pos terkait