Info Biaya Layanan Kartu Kredit Bukalapak Terbaru

Umumnya, kartu kredit yang dikenal dikeluarkan oleh perbankan. Berbentuk kartu yang dapat dibawa ke mana-mana berfungsi sebagai pengganti uang tunai, hampir semua bank saat ini mengeluarkan kartu kredit. Kartu kredit sendiri adalah pinjaman dari bank tertentu untuk transaksi yang telah dilakukan, untuk itu kredit harus dibayar tepat waktu. Sementara, jika terlambat Anda harus membayar bunga jatuh tempo.

Ilustrasi: layanan belanja kartu kredit dari Bukalapak
Ilustrasi: layanan belanja kartu kredit dari Bukalapak

Nilai bunga kartu kredit bervariasi, biasanya bank memiliki standar bunga lebih tinggi daripada bank nasional, kisarannya antara 2,5% hingga 3,25% per bulan. Berbeda dengan bunga bank untuk tabungan yang paling besar hanya 8% per tahun, sehingga bunga kartu kredit terbilang besar. Bunga kartu kredit terdiri dari dua macam yakni bunga transaksi dan bunga tarik tunai. Bunga tarik tunai kartu kredit lebih besar daripada bunga transaksi sekitar 3,25%, bunga tarik tunai sekitar 4% per bulan.[1]

Bacaan Lainnya

Bukalapak menawarkan pengguna dapat memanfaatkan program cicilan yang terdiri dari program cicilan kartu kredit, program cicilan Akulaku, dan program cicilan Kredivo. Khusus untuk program cicilan kartu kredit, fitur hanya berlaku untuk pengguna Bukalapak yang sudah teregistrasi dengan email terverifikasi (tidak berlaku untuk pembeli tanpa login).

Program Cicilan Kartu Kredit Bukalapak

  • Promo cicilan kartu kredit Bukalapak tidak dapat digabung dengan promo lain.
  • Fitur cicilan khusus ditujukan untuk pengguna kartu kredit kartu kredit BCA, BNI, Bukopin, Citibank, Danamon, Mandiri, OCBC, Permata, Standard Chartered, Digibank/DBS, CIMB, HSBC, dan MNC yang berlogo /Mastercard.
  • Khusus untuk cicilan dengan kartu kredit BRI, akan dikenakan biaya konversi cicilan (berlaku untuk semua tenor) langsung oleh BRI sebesar Rp5.000 untuk setiap transaksi yang berhasil dilakukan konversi cicilan dan akan muncul di billing nasabah bersamaan dengan cicilan pertama transaksi.
  • Perlu diketahui, mulai 1 Mei 2019 Permata Bank menetapkan adanya biaya admin sebesar Rp15 ribu untuk setiap transaksi cicilan 0%. Merchant partner tidak perlu menambahkan biaya admin pada saat nasabah melakukan transaksi karena biaya tersebut akan dibebankan pada billing statement nasabah. Biaya admin akan berlaku untuk semua tenor cicilan.
  • Khusus untuk cicilan dengan kartu kredit CitiBank, transaksi yang diubah menjadi cicilan (Eazypay) tidak akan mendapatkan Citi Rewards Points/Cash Back/Mileage. Berlaku untuk semua kartu kredit Citi yang diterbitkan di Indonesia (kartu kredit utama dan kartu kredit tambahan) kecuali corporate card.
  • Khusus untuk cicilan dengan kartu kredit ANZ, program cicilan tidak berlaku untuk iPay dan Kartu Cicilan. Biaya administrasi sebesar Rp10.000 akan dikenakan kepada pemegang Kartu Kredit ANZ untuk setiap transaksi yang diubah menjadi cicilan.
  • Bukalapak berhak melakukan pembatalan transaksi sewaktu-waktu, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada user.

Biaya Kartu Kredit Bukalapak

Ilustrasi: menggunakan layanan kartu kredit Bukalapak
Periode Cicilan Biaya Layanan Kartu Kredit
Bayar 30 hari Tidak dikenai biaya pelayanan (gratis)
Cicilan 3 2,5% per
Cicilan 6 3,5% per
Cicilan 12 6% per
Cicilan 18 8% per
Cicilan 24 bulan 10% per bulan

Informasi di atas kami rangkum dari situs resmi Bukalapak. Dibandingkan tahun 2020, biaya pelayanan Bukalapak pada tahun 2021 masih sama. Namun, ada penambahan jangka waktu cicilan, yakni 18 bulan dan 24 bulan. Kemudian, pada 2022 rupanya Bukalapak telah menggratiskan biaya layanan untuk periode cicilan selama 30 hari (1 bulan). Sebagai informasi, tahun 2021 lalu transaksi cicilan untuk periode bayar 30 hari dikenai biaya layanan sebesar 1,5 persen per bulan, namun kini biaya tersebut telah dihapuskan.

Perlu Anda catat, Bukalapak berhak melakukan pembatalan transaksi sewaktu-waktu, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada user. Bukalapak berhak mengubah syarat dan ketentuan promo sewaktu-waktu.

[Update: Dian]

[1]Kurniawati, Erry. 2011. Hemat dengan Kartu Kredit. Yogyakarta: Bentang Pustaka, hlm. 3.

Pos terkait