Info Biaya Laser untuk Membantu Menghilangkan Stretch Mark

Stretch menjadi salah satu kekhawatiran bagi para wanita, baik yang sedang maupun tidak. Pasalnya, guratan-guratan di kulit ini memang bisa sangat mengusik kepercayaan diri seseorang. Terlebih karena metode yang digunakan untuk mengurangi stretch mark seperti treatment laser membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Ilustrasi: Stretch Mark di Paha (credit: 7dmc.ae)

Ilustrasi: Stretch Mark di Paha (credit: 7dmc.ae)

Stretch mark adalah guratan di kulit yang berwarna gelap agak kehitaman, yang biasanya muncul saat . Stretch mark biasanya timbul di kulit perut, daerah payudara, pinggul, bokong, dan paha bagian dalam.

Stretch mark terbentuk akibat kulit meregang sampai maksimal yang berakibat jaringan elastis di bawahnya robek. Robekan yang terjadi di lapisan bawah kulit inilah yang memunculkan guratan-guratan gelap pada kulit. Stretch mark mudah timbul pada saat kehamilan, karena saat kehamilan kulit akan meregang seiring dengan penambahan berat badan.

Stretch mark tidaklah berbahaya, namun cukup mengganggu penampilan Anda. Biasanya stretch mark akan hilang setelah Anda melahirkan, namun terkadang bekas stretch mark tetap akan terlihat berupa guratan-guratan berwarna kelabu di kulit Anda yang kadang cukup membuat Anda tidak percaya diri.

Baca juga  Harga Minyak Habbatussauda (Cair, Kapsul, Curah)

Pencegahannya, oleskan pelembab secara teratur pada tubuh untuk menjaga elastisitas kulit Anda. Terutama pada bagian-bagian yang mudah timbul stretch mark. Gunakan krim atau pelembab tersebut minimal 2 kali sehari sebelum si “stretch mark” muncul. Anda bisa mendapatkan krim atau pelembab yang khusus untuk ibu hamil di apotek atau bisa ditanyakan langsung pada dokter Anda saat pemeriksaan kehamilan.[1]

Ilustrasi: Prosedur Laser Stretch Mark (credit: zwivel)

Ilustrasi: Prosedur Laser Stretch Mark (credit: zwivel)

Pada orang yang memiliki kulit lentur, stretch mark tidak muncul terlalu banyak. Namun, pada perempuan yang kulitnya kurang lentur atau belum pernah meregang sebesar waktu hamil, stretch mark bisa muncul lebih banyak. Apakah setelah melahirkan stretch mark dapat hilang? Tidak. Stretch mark akan terus membekas pada paha dan perut Anda meski warnanya akan memudar bertahun-tahun kemudian.[2]

Menurut dr. Devia Irine Putri dari Klikdokter, stretch mark yang baru muncul umumnya berwarna merah atau ungu (striae rubra) dan lebih mudah untuk diobati. Tanda guratan tersebut memerah lantaran adanya pembuluh darah di bawah kulit. Pembuluh darah tersebut memungkinkan stretch mark merah dan lebih responsif terhadap pengobatan yang dilakukan.

Baca juga  Info Manfaat dan Harga Masker Spirulina HPAI

Sedangkan stretch mark putih (striae alba) telah menetap lebih lama dan lebih sulit untuk dihilangkan. Seiring berjalannya waktu, pembuluh darah akan menyempit dan lebih sulit untuk perangsangan produksi kolagen. Dr. Devia menambah, stretch mark juga tak bisa hilang sepenuhnya. “Stretch mark tidak bisa hilang 100 persen, tapi bisa disamarkan. Misalnya dengan terapi laser, mikrodermabrasi, dan penggunaan krim retinoid,” bebernya.

Meski cara-cara itu bisa menolong, rupanya dr Devia menegaskan bahwa dalam banyak kasus rupanya stretch mark tidak dapat hilang seluruhnya. Untuk mencegah timbulnya stretch mark pada kulit, sebaiknya upayakan untuk mulai mengatur berat badan ideal, rutin menggunakan , penuhi kebutuhan cairan harian, memakai tabir surya, hingga memperbanyak makan buah dan sayur.

Ilustrasi: Laser Stretch Mark di Paha (credit: afbah.org)

Ilustrasi: Laser Stretch Mark di Paha (credit: afbah.org)

Biaya Laser Stretch Mark

Saat ini sudah ada banyak beauty clinic atau klinik kecantikan yang menyediakan perawatan untuk membantu menghilangkan stretch mark. Misalnya Natasha dengan MTS Stretch Mark Paket, lalu ada ZAP Clinic dengan PRP Injectable yang membutuhkan biaya mulai Rp749 ribuan, hingga Triple Proionic Anti Stretch Mark Treatment By Indiba di Genese Clinic dengan harga mulai Rp1,1 jutaan per treatment.

Baca juga  Indikasi, Dosis, dan Harga Dulcolax Anak

Ada juga klinik-klinik lain yang memasang biaya laser stretch mark dengan kisaran antara belasan hingga puluhan juta rupiah, tergantung jenis layanan yang diberikan. Misalnya di The Clinic Bandung, menurut informasi beberapa tahun lalu harga untuk satu kali treatment laser berkisar mulai Rp4 jutaan. Selain PRP Injectable, di ZAP Clinic juga ada treatment laser erbium YAG yang dapat membantu mengurangi stretch mark. Biaya laser erbium YAG untuk stretch mark tahun lalu berkisar mulai Rp1 jutaan hingga Rp3 jutaan.

Apabila Anda membutuhkan informasi yang lebih jelas seputar biaya laser atau treatment lainnya untuk menghilangkan stretch mark, Anda bisa langsung menghubungi pihak klinik kecantikan yang bersangkutan. Pasalnya, biaya laser stretch mark dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya dan tarif yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

[1] Rahmatullah, I. 2016. Menjalani Kehamilan & Persalinan yang Sehat (hlm 118). Syafaruddin M, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

[2] Siswosuharjo, S dkk. 2010. Panduan Super Hamil Sehat (hlm 32-33). Martanto E, editor. Jakarta: Penebar Plus.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Biaya Laser untuk Membantu Menghilangkan Stretch Mark"