Update Biaya Langganan Email Berbayar Google Workspace (d/h G Suite)

Untuk mereka yang ingin berkirim email, Google telah menyediakan layanan gmail.com kepada para pengguna secara cuma-cuma alias gratis. Namun, bagi mereka yang ingin mendapatkan lebih baik dan lebih lengkap, perusahaan ini juga telah menghadirkan layanan email berbayar yang biasa disebut dengan G Suite. Namun, saat ini layanan tersebut telah berganti nama menjadi Google Workspace Hadir dalam beragam paket, biaya langganan Google Workspace dalam bentuk dolar AS per pengguna per bulan.

Google Workspace
Google Workspace

Keunggulan Google Workspace 

Ada beberapa alasan yang membuat sebagian pengguna beralih dari email gratisan ke email berbayar. Profesionalitas dan daya jual menjadi salah satu alasan yang membuat banyak perusahaan memilih email berbayar. Dengan menggunakan alamat email yang memiliki nama pribadi, secara otomatis citra perusahaan akan terangkat.

Bacaan Lainnya

Alasan lainnya adalah email berbayar menjanjikan kapasitas penyimpanan yang terbilang lebih besar dibandingkan email gratisan. Dengan email berbayar, pengguna bisa mendapatkan data storage mencapai ratusan MB bahkan hingga beberapa GB. Ini tentunya sangat menguntungkan, terutama mereka yang sering berkirim email disertai lampiran berukuran jumbo.

Dengan email berbayar, pengguna tentunya juga akan memperoleh keamanan ekstra. Jika email Anda menerima serangan hacker yang tidak bertanggung jawab, biasanya Anda dapat dengan mudah meminta recovery kepada perusahaan untuk mengembalikan semua data yang mungkin hilang. Anda bakal berhubungan langsung dengan customer service dan teknisi andal untuk jaminan keamanan email.

Layanan email berbayar juga menghadirkan solusi untuk menghadapi ratusan atau ribuan email yang masuk. Pengguna bakal memperoleh organisasi yang baik. Sebagai contoh, Anda bisa mengategorikan email berdasarkan tipe tertentu sehingga memudahkan untuk menemukan email yang Anda cari. Selain itu, ada juga mudah untuk membaca maupun membalas email dengan segera.

Baca juga  Pilihan Paket Internet dan Update Harga Paket YouTube AXIS

Nah, salah satu perusahaan raksasa yang menyediakan layanan email berbayar ini adalah Google. Melalui paket yang dinamakan Google Workspace, pengguna tidak hanya dapat menggunakan email dan chat, namun juga bisa melalui konferensi video, media sosial, kolaborasi dokumen dalam waktu nyata, dan masih banyak lagi.

Khusus untuk layanan email, Google Workspace memastikan email Anda tetap update dengan pemberitahuan pesan secara real time, serta menyimpan email dan data penting Anda dengan aman. Admin IT dapat mengelola akun secara terpusat di seluruh organisasi dan perangkat Anda, sehingga bersifat pribadi, aman, dan tentunya bebas iklan.

Email berbayar milik Google Workspace (G Suite) juga memungkinkan pengguna atau pelanggan untuk mendapatkan alamat atau nama email eksklusif. Anda bisa membangun kepercayaan pelanggan dengan memberikan alamat email profesional pada domain Anda kepada seluruh karyawan, misalnya [email protected] atau [email protected] Buat juga milis grup seperti [email protected]

Dengan layanan ini, Anda pun dapat mengakses email kapan saja, di mana saja, dan di perangkat apapun, bahkan tanpa perlu sambungan internet. Anda bisa membaca dan membuat draft pesan di email tanpa perlu menyediakan kuota internet. Pesan pun siap dikirim ketika Anda kembali online atau terhubung dengan internet.

Selain itu, layanan email berbayar dari Google Workspace tidak hanya menyediakan berkirim pesan dalam bentuk teks dan gambar, namun juga telah diperkaya dengan percakapan melalui chat dan video. Ketika Anda memerlukan lebih dari sekadar email, Anda bisa menggunakan video call ‘Google Meet’ atau melakukan chat dengan rekan kerja secara langsung dari kotak masuk (inbox).

Baca juga  Info Terbaru Harga Huruf Timbul Stainless (Berbagai Ukuran)

Menurut perusahaan, layanan email berbayar ini juga berfungsi maksimal pada klien desktop seperti Microsoft Outlook, Apple Mail, dan Mozilla Thunderbird. Pengguna Outlook dapat menyinkronkan email, acara, dan kontak mereka ke dan dari Google Workspace. Selain itu, juga bisa memindahkan email dari Outlook, Exchange, atau Lotus dengan mudah menggunakan alat khusus yang membantu melindungi pesan penting Anda.

Ilustrasi: layanan email Google (unsplash: Stephen Phillips)
Ilustrasi: layanan email Google (unsplash: Stephen Phillips)

Biaya Email Berbayar Google Workspace

Jenis Paket Google Workspace Fasilitas/ Google Workspace Harga per
Business Starter Email bisnis khusus yang aman, rapat video berkapasitas 100 peserta, penyimpanan cloud sebesar 30 GB per pengguna, kontrol keamanan dan pengelolaan, dukungan standar 4,20 dolar AS per pengguna
Business Standard Email bisnis khusus yang aman, rapat video berkapasitas 150 peserta + perekaman, penyimpanan cloud sebesar 2 TB per pengguna, kontrol keamanan dan pengelolaan, dukungan standar (upgrade berbayar ke Dukungan yang Disempurnakan) 9,60 dolar AS per pengguna
Business Plus Email bisnis khusus yang aman + eDiscovery dan retensi, rapat video berkapasitas 250 peserta + perekaman dan pelacakan kehadiran, penyimpanan cloud sebesar 5 TB per pengguna, kontrol keamanan dan pengelolaan yang disempurnakan termasuk Vault dan pengelolaan endpoint lanjutan, dukungan standar (upgrade berbayar ke Dukungan yang Disempurnakan) 18 dolar AS per pengguna
Enterprise Email bisnis khusus yang aman + eDiscovery, retensi, enkripsi S/MIME; rapat video berkapasitas 250 peserta + perekaman, pelacakan kehadiran, pengurang derau, live streaming dalam domain; penyimpanan sebanyak yang dibutuhkan; kontrol keamanan, pengelolaan, dan kepatuhan tingkat lanjut, termasuk Vault, DLP, region data, dan pengelolaan endpoint perusahaan; dukungan yang disempurnakan (upgrade berbayar ke Dukungan Premium) Hubungi bagian penjualan
Baca juga  Cara Registrasi dan Update Harga Paket Internet AXIS

Keterangan:

1 USD = Rp14.838,85

Calon pelanggan bisa memulai melakukan uji coba Google Workspace gratis selama 14 hari atau menghubungi bagian penjualan Google. Setelah uji coba berakhir, jika ingin meneruskan, pelanggan dapat membayar paket dengan kartu kredit, atau tergantung pada lokasi bisnis, selain juga dapat membayar dengan debit langsung.

Untuk Paket Fleksibel, pelanggan dapat menambahkan dan menghapus pengguna kapan saja. Pelanggan hanya membayar untuk layanan yang digunakan selama tersebut, dan akan ditagih setiap bulan. Sementara, untuk Paket Tahunan, pelanggan berlangganan Google Workspace selama setahun penuh dan mendapatkan tarif diskon. Pelanggan dapat menambahkan pengguna lagi, tetapi akan ditagih penuh bila menghapus pengguna selama tahun berjalan.

Apabila dibandingkan dengan tahun 2019 ketika masih mengusung nama G Suite, biaya email berbayar Google pada dasarnya tak jauh berbeda. Paket berlangganan yang paling murah dipatok mulai USD4,20. Namun, tahun 2021 Google Workspace menawarkan beberapa paket yang lebih variatif dibanding sebelumnya serta penyimpanan cloud yang lebih besar (hingga kapasitas unlimited).

Sementara itu, di tahun 2022, semua biaya paket langganan Google Workspace sama seperti tahun 2021, hanya saja untuk paket Business Standard mengalami kenaikan. Pada tahun 2021, paket Business Standard Google Workspace dibanderol USD9,20, naik menjadi USD9,60 tahun 2022.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.