Update Biaya Kursus Mengemudi Mobil Plus SIM A

No comment17257 views

Jika Anda ingin mahir menyetir mobil, Anda tidak perlu risau. Selain belajar secara otodidak, Anda pun bisa mengikuti kursus mengemudi di berbagai lembaga. Bahkan, tidak sedikit lembaga kursus yang tidak hanya menyediakan pelatihan mengemudi, melainkan juga memberikan pengurusan A kepada siswanya. Biaya untuk kursus mengemudi sendiri bervariasi, namun biasanya cukup terjangkau.

Kursus Mengemudi Mobil - www.stocksy.com

Kursus Mengemudi Mobil - www.stocksy.com

Seperti dilansir Klasika, tempat kursus mengemudi mobil saat ini memang semakin menjamur. Pasalnya, makin banyak orang yang membeli kendaraan roda empat. Nah, bagi mereka yang ingin belajar menyetir mobil, mengikuti kursus mengemudi bisa menjadi opsi yang menarik, selain belajar secara otodidak atau belajar kepada teman, saudara, dan orang tua.

Namun, jika dibandingkan belajar secara otodidak, kursus mengemudi menawarkan beragam kelebihan. Tidak jarang, tempat kursus mengemudi memberikan layanan pengurusan kepada siswa mereka yang dinyatakan lulus mengemudi. Sebagian besar kursus mengemudi mobil memang memiliki yang menyertakan SIM A. Jadi, hal ini akan memudahkan siswa sehingga tidak perlu repot-repot mengurus SIM A.

Kelebihan lainnya lembaga atau kursus mengemudi adalah menggunakan mobil yang memang digunakan untuk latihan mengemudi. Mobil ini merupakan modifikasi dari mobil biasa. Posisi instruktur berada di sebelah siswa, dengan dilengkapi rem dan kopling tambahan. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi jika siswa akan menabrak sesuatu, maka instruktur bisa langsung menekan rem.

Selain itu, siswa juga akan lebih tenang dalam belajar mengemudi mobil karena ditemani oleh orang-orang sudah memiliki keahlian dan pengalaman dalam menyetir. Siswa pun tidak perlu khawatir membayar biaya perbaikan apabila menabrak atau menyerempet sesuatu secara tidak sengaja. Dan, manfaat utamanya adalah siswa akan bisa mengemudi mobil, menanjak atau melewati turunan, hingga memarkir kendaraan.

Meski demikian, layaknya layanan jasa lainnya, kursus mengemudi mobil juga tidak luput dari kelemahan. Kekurangan pertama dan utama dari kursus ini adalah siswa harus membayar biaya. Biaya kursus kendaraan bervariasi, tergantung paket yang dipilih. Karena hanya beberapa kali praktik atau pertemuan, banyak siswa yang juga hanya sebatas bisa mengemudi mobil, belum mencapai taraf mahir. Namun, ada beberapa lembaga kursus yang menyediakan paket pelancaran menyetir kendaraan.

Lalu, berapa biaya yang harus dibayarkan jika Anda ingin mengikuti kursus mengemudi mobil? Seperti disampaikan di atas, biaya kursus mengemudi bervariasi, tergantung paket yang diambil masing-masing siswa. Bahkan, ada beberapa kursus yang telah menyediakan paket belajar mengemudi plus pengurusan SIM A. Berikut kisaran biaya kursus mengemudi mobil plus pengurusan SIM A.

Biaya Kursus Mobil Plus SIM

Ilustrasi: kursus mengemudi mobil (sumber: carmudi.co.id)

Ilustrasi: kursus mengemudi mobil (sumber: carmudi.co.id)

Nama Lembaga KursusBiaya
Bina Sarana, PontianakKursus mobil matic : Rp1.800.000
Kursus mobil matic plus SIM A : Rp1.300.000
Kursus mobil manual : Rp1.500.000
Dua Putra Abadi, BandungKursus Mobil Manual : Rp575.000 – Rp625.000
Kursus Mobil Matik : Rp725.000 – Rp800.000
Biaya SIM A : Rp625.000
Non-Paket : Rp125.000 per jam
Persemija, JakartaPaket Kursus 12 kali : Rp1.180.000
Paket Kursus 16 kali : Rp1.500.000
Paket Kursus 12 kali (Sabtu, Minggu, Hari Libur) : Rp1.290.000
Paket Kursus 16 kali (Sabtu, Minggu, Hari Libur) : Rp1.615.000
Biaya SIM A : Rp640.000
Sie Bersaudara, SurabayaKursus Mobil Manual : Rp650.000
Kursus Mobil Matik : Rp850.000
Kursus Mobil Manual + matic : Rp800.000
Biaya SIM A : Rp600.000 – Rp700.000
Talenta JayaKursus Avanza/Xenia : Rp567.500 – Rp761.000
Kursus Sedan : Rp536.000 – Rp747.500
Kursus Kijang (Grand Extra) : Rp525.000 – Rp675.000
Biaya SIM A : Rp450.000 – Rp600.000
Ulisa, Jakarta UtaraMobil Manual : Rp775.000
Mobil Matik : Rp875.000
Biaya SIM A : Rp750.000
Booim, SidoarjoPaket lengkap manual + SIM A : Rp1.450.000
Paket manual : Rp530.000
Paket matic : Rp600.000
Pratama Venus, BandungMatic + SIM A : Rp1.450.000 – Rp1.800.000
Manual + SIM A : Rp1.450.000 – Rp1.800.000

Biaya kursus mengemudi mobil plus SIM A di beberapa lembaga pada tahun 2020 ada yang mengalami kenaikan dibanding tahun 2018 lalu. Besaran kenaikannya di angka puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Misalnya saja di Sie Bersaudara, jika tahun lalu kursus mobil manual dipatok Rp600 ribu, sekarang naik jadi Rp650 ribu. Ada juga lembaga yang tarif kursusnya masih tetap seperti Dua Putra Abadi.

Ilustrasi: kursus mengemudi mobil

Ilustrasi: kursus mengemudi mobil

Namun, layaknya pembuatan SIM A pada umumnya, mereka yang mengurus SIM di lembaga kursus juga harus sudah memenuhi yang diwajibkan. Siswa harus sehat secara jasmani dan rohani, cakap dalam berkendara, minimal berusia 17 tahun (dibuktikan dengan KTP), atau memperoleh sertifikat mengemudi (biasanya dikenakan biaya tambahan).

Meski punya beragam kelebihan, namun Anda harus memerhatikan beberapa hal penting sebelum memutuskan untuk mengikuti kursus mengemudi mobil. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan ketika akan memulai belajar di kursus mengemudi.

  • Siapkan biaya untuk membayar kursus. Seperti disampaikan di atas, biaya untuk kursus mengemudi bervariasi, tergantung paket yang dipilih. juga tergantung dari jenis yang diperoleh. Kursus mengemudi yang sudah memiliki nama biasanya akan mematok harga yang lebih mahal daripada yang belum terkenal.
  • Pastikan benefit yang didapatkan. Saat mendaftar kursus mengemudi, biasanya para calon siswa akan diberikan pilihan, apakah hanya kursus mengemudi saja atau kursus mengemudi serta layanan pembuatan SIM. Jika memang harus memilih paket mengemudi serta pembuatan SIM, maka lakukanlah pengecekan rincian pembayaran yang harus dilakukan. Berapa banyak yang harus dibayarkan untuk kursus mengemudi dan berapa banyak yang harus dibayarkan saat pembuatan SIM.
  • Sesuaikan jam kursus. Waktu terkadang bisa menjadi sesuatu yang menyebalkan. Kurang efisiennya manajemen waktu membuat schedule untuk kursus menjadi terhalang. Pada umumnya, biaya yang dibayarkan untuk kursus hanya berlaku antara 5-16 pertemuan. Jadi, sangat dibutuhkan komitmen untuk kursus ini. Coba bayangkan, hanya dalam 5 kali pertemuan, siswa kursus diharapkan sudah bisa mengemudi dengan baik.
  • Jangan absen dan telat. Ada banyak sekali tempat kursus yang sangat memerhatikan kedisiplinan waktu. Bukan hanya karena banyaknya siswa, tetapi para pengajar atau instruktur juga memiliki jadwal masing-masing. Jadi, ada baiknya para calon pengemudi untuk hadir tepat waktu guna menghindari pengurangan waktu belajar atau hal lain yang mungkin merugikan waktu belajar.

Selain itu, yang penting ketika memutuskan untuk mengikuti kursus mengemudi adalah jangan malu untuk bertanya hal-hal yang sekiranya belum dipahami. Anda juga harus sering-sering latihan agar keterampilan mengemudi Anda semakin baik dan lancar. Terakhir, tidak perlu grogi atau takut melakukan kesalahan, karena Anda bisa belajar dari hal-hal tersebut.

[Update: Dian]

Baca juga  Info Terkini Biaya Perpanjangan STNK (Motor dan Mobil)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Biaya Kursus Mengemudi Mobil Plus SIM A"