Info Terbaru Biaya Kursus Bahasa Inggris di TBI (The British Institute)

Sebagai bahasa internasional, kebutuhan masyarakat untuk mampu menguasai atau setidaknya memahami bahasa kini pun semakin meningkat. Tak ayal jika banyak orang membutuhkan di -lembaga kursus yang berkualitas dan kredibel untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam membaca, berbicara, mendengarkan, dan menulis menggunakan bahasa tersebut. Dari sekian banyak kursus bahasa Inggris yang ada di Indonesia, The British Institute alias TBI menjadi salah satu yang diminati masyarakat Indonesia.

The British Institute - bali.tribunnews.com

The British Institute - bali.tribunnews.com

The British Institute saat ini telah memiliki beberapa cabang yang tersebar di sejumlah kota di Indonesia seperti Bandung, Bekasi, Cibubur, Depok, , Malang, Medan, , Tangerang, hingga Pulau Bali. Tidak seperti lembaga kursus pada umumnya, bahasa Inggris yang diajarkan di TBI menggunakan standar Inggris British, bukan Inggris Amerika.

Kelas/Program di TBI

Tempat kursus ini diklaim memiliki beberapa keunggulan, antara lain diajar oleh pengajar bersertifikat di bidangnya, memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan berbahasa Inggris yang aplikatif, bisa melakukan ujian kapan saja tergantung dari kesiapan dan kebutuhan, relevan bagi dunia kerja maupun akademik di mana saja, serta didukung dengan bahan pengajaran dan pembelajaran dengan standar internasional. TBI sendiri menawarkan beberapa pilihan program untuk kategori ‘Public Classes’, antara lain:

  • General
  • Conversation
  • Business Communication
  • Business Writing
  • Academic Writing
  • General Writing
  • Persiapan iBT dan PBT
  • Persiapan IELTS
  • English for Teenagers
  • English for Pre-Teenager (10 – 11 tahun)
  • English for Young Learners (7 – 9 tahun)
  • English for Very Young Learners (4 – 6 tahun)

Selain program-program tersebut, TBI juga menyediakan free trial class bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui seperti apa metode pembelajaran di The British Institute. Masing-masing program yang ditawarkan dalam Public Classes memiliki peruntukannya masing-masing.

Sementara, bagi Anda yang ingin mendaftar di kelas Profesional, tersedia 2 pilihan kelas, yaitu Business Communication dan Business Writing. Kedua kelas ini diperuntukkan bagi karyawan yang ingin meningkatkan kefasihannya dalam berbicara atau menulis menggunakan bahasa Inggris dalam konteks bisnis. Kelas Business Communication adalah program bahasa Inggris bisnis yang terdiri dari 3 level yang terintegrasi, sedangkan Business Writing adalah program kursus 30 jam yang berisi topik-topik dalam korespondensi bisnis seperti menulis email, surat , notulen, dan menyusun agenda .

Di samping itu, tersedia juga program kursus TBI untuk dewasa yang terbagi menjadi lima, yakni General English, Conversation, General Writing, Academic Writing, dan Persiapan Ujian Internasional (IELTS, TOEFL). Kelas Inggris Umum menerapkan metode pengajaran yang berbasis pada latihan-latihan untuk membantu siswa mencapai hasil belajar yang diinginkan, meningkatkan kefasihan dan ketepatan berbahasa Inggris (berbicara, mendengar, membaca, dan menulis), meningkatkan pelafalan dan pengucapan, serta mengajarkan penerapan bahasa dan kosakata dalam konteks sehari-hari.

Kelas Percakapan fokus mengembangkan kefasihan siswa dalam berbicara, meningkatkan keterampilan mendengar, meningkatkan pelafalan dan pengucapan, memperkaya kosakata dan idiom, serta melatih penggunaan bahasa secara natural untuk berkomunikasi. Sementara, Kelas Persiapan Ujian Internasional memberikan pedoman dan arahan pada para siswa untuk menghadapi ujian IELTS atau TOEFL. TBI nantinya mengajarkan siswa untuk menguasai strategi dalam menyiasati ujian lewat latihan-latihan ujian terarah dan dipantau oleh guru-guru TBI.

The British Institute - tbi.co.id

The British Institute - tbi.co.id

Jika Anda masih berusia remaja, juga tersedia kelas yang dibagi menjadi dua, yakni Pre-Teenager Programmes dan Teenager Programmes. Kelas Pre-Teenager diperuntukkan bagi remaja berusia 10-11 tahun yang nantinya mereka akan diajarkan sejumlah kosakata baru yang diintegrasikan dalam silabus berbasis tata bahasa, mempelajari kumpulan teks (kartun, lagu, cerita tradisional, dan tugas individu maupun kelompok), pembahasan bahasa Inggris yang dibutuhkan untuk dipelajari di sekolah, serta pembahasan kebudayaan.

Kelas Teenager diperuntukkan bagi remaja berusia 12-15 tahun yang di dalamnya mengajarkan beberapa materi seperti pelajaran antar-kurikulum (Matematika, Geografi, Musik, IPA, dan Teknologi), pembahasan tata bahasa Inggris secara terperinci, pembahasan kebudayaan asing, topik-topik imajinatif untuk memotivasi siswa dalam belajar, tugas kelas dan latihan menulis, dan sebagainya.

Selain membuka kelas kursus bahasa Inggris untuk dewasa dan remaja, TBI juga menyediakan program untuk anak-anak yang dibagi menjadi 2 kelas, yakni program Very Young Learners untuk umur 4-6 tahun dan Young Learners untuk usia 7-9 tahun. Pada kelas Very Young Learners, siswa akan diajak belajar dalam suasana kelas yang nyaman dan ceria, tema pelajaran yang umum dalam dunia anak-anak, materi diperkenalkan lewat lagu, puisi, gambar, atau cerita, serta kegiatan menarik lainnya.

Demikian pula pada kelas Young Learners, yang silabus dan kosakata-nya disesuaikan dengan Cambridge Young Learners Assessments, pemberian materi pelajaran secara digital dan online, membantu anak melafalkan bahasa Inggris dengan benar, serta masih banyak lagi. Setiap akhir level dari program kursus bahasa Inggris yang ditawarkan oleh TBI, akan diakhiri dengan rangkaian tes serta para siswa nantinya akan memperoleh sertifikat kelulusan dari TBI.

Nah, setelah mengetahui kelas-kelas yang disediakan, lalu berapa biaya yang diperlukan untuk bisa kursus bahasa Inggris di TBI? Besaran biaya kursus bahasa Inggris di TBI tergantung dari program dan jadwal kursus yang Anda ambil. Kursus yang dilakukan pada akhir pekan (weekend) biasanya lebih mahal dibandingkan kursus pada hari biasa (weekday). Biaya kursus di setiap cabang TBI pun bisa saja berbeda-beda.

Biaya Kursus di TBI

Selain itu, pada tahun 2018 ini, TBI juga menyelenggarakan program Teacher Training. Berikut biaya program Teacher Training TBI tahun 2018 yang kami kutip langsung dari booklet resmi lembaga.

Program Teacher Training Lokasi dan Waktu Biaya (Rp)
GITE Bandung : 5-9 Februari, 21-25 Mei, 3-7 Desember 2018 2.500.000
Jakarta : 8-12 Januari, 9-13 Juli 2018 5.000.000
ITEC Bandung : 23-27 April 2018 2.500.000
Jakarta : 2-6 Juli 2018 5.000.000
ITEP Bandung : 15-19 Oktober 2018 2.500.000
Jakarta : 10-14 Desember 2018 5.000.000
TDW Bandung : 26 Januari, 23 Maret, 29 Juni, 31 Agustus, 26 Oktober 2018 300.000 – 450.000
Jakarta : 24 Maret, 28 April, 30 Juni, 1 September, 27 Oktober 2018 900.000
CELTA Bandung : 22 Juni-22 Juli 2018 USD 1.900
Jakarta : 9 Februari-9 Maret, 14 September-12 Oktober, 9 November-7 Desember 2018 USD 1.900
Bali : 5 April-4 Mei, 3 Agustus-4 September, 2 November-30 November 2018 USD 1.900

Jika ingin memperoleh lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke cabang TBI di kota Anda. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor telepon (021) 2988 9532-34, atau email di alamat [email protected]

(Panca)

Baca juga  Update Info Lengkap Syarat, Cara, & Biaya Mengikuti Program A Level
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Biaya Kursus Bahasa Inggris di TBI (The British Institute)"