Info Terbaru Biaya Kuliah STIKOM ITKP The School of Advertising

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) ITKP The School of Advertising merupakan pendidikan tinggi yang mengkhususkan diri di bidang periklanan. Lembaga ini dikelola dan didirikan oleh para praktisi periklanan nasional ternama. STIKOM ITKP dirintis sejak tahun 1991, namun baru mulai tahun 1996 jenjang Diploma untuk pertama kalinya dibuka, yang terus berkembang hingga kini menyelenggarakan program S1 Ilmu Komunikasi. STIKOM ITKP menjadi lembaga pendidikan yang banyak diminati karena menawarkan ilmu seputar periklanan dengan biaya studi yang cukup terjangkau.

Wisudawan mahasiswa STIKOM ITKP, The School of Advertising (instagram: @jagad_bluesman)
Wisudawan mahasiswa STIKOM ITKP, The School of Advertising (instagram: @jagad_bluesman)

Biaya STIKOM ITKP

Untuk mereka yang ingin berkuliah di tempat ini, akan dikenakan beberapa biaya, seperti biaya kuliah per semester, biaya sumbangan gedung, biaya pengembangan pendidikan, biaya perlengkapan mahasiswa, dan biaya pekan orientasi mahasiswa. Sebagai referensi, pada tahun 2019 lalu, biaya masuk STIKOM ITKP sebesar Rp20.000.000, bisa diangsur sebanyak tiga kali. Jika dibayar langsung lunas, akan mendapatkan potongan sebesar Rp2.000.000, sehingga biayanya menjadi Rp18.000.000.

Bacaan Lainnya

Ketentuan Mengundurkan Diri STIKOM ITKP

  • Mengundurkan diri dan atau pindah ke perguruan tinggi swasta lainnya, baik di dalam negeri atau di luar negeri, termasuk program D3 Perguruan Tinggi atau karena alasan lainnya, tidak dapat mengambil biaya yang telah dibayarkan sesuai dengan pernyataan yang tercantum pada LEMBARAN PERNYATAAN KEUANGAN.
  • Mengundurkan diri karena diterima di Perguruan Tinggi Negeri melalui SPMB akan dikenakan biaya administrasi sebesar 10% dari jumlah yang harus dibayarkan, dengan menyerahkan tanda bukti (tanda peserta SPMB dan bukti diterima).
  • Menyerahkan kembali bukti pembayaran dari STIKOM ITKP.
  • Batas waktu permohonan adalah 1 minggu setelah pengumuman SPMB. Sesudah tanggal tersebut, permohonan tidak dilayani.
  • Calon mahasiswa dinyatakan diterima menjadi mahasiswa setelah melengkapi seluruh persyaratan di atas dan setelah lulus tes penerimaan mahasiswa baru.

Syarat Pendaftaran STIKOM ITKP

  • Membayar biaya formulir pendaftaran sebesar Rp250.000.
  • Mengisi formulir pendaftaran secara .
  • Mengisi formulir Daftar Riwayat Hidup secara lengkap.
  • Melampirkan 2 lembar fotokopi ijazah (STTB) /sederajat yang sudah dilegalisir.
  • Melampirkan 2 lembar fotokopi SKHUN (Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional) yang sudah dilegalisir.
  • Melampirkan pas foto (terbaru) berwarna ukuran 2 x 3 sebanyak 2 lembar dan ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar.
  • Melampirkan fotokopi KTP.
  • Mengikuti tes penerimaan mahasiswa baru yang terdiri dari tes potensi akademik (TPA), tes Bahasa Inggris, dan tes Bahasa Indonesia.

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru STIKOM ITKP

Penerimaan mahasiswa baru di STIKOM ITKP sebelumnya dilakukan sejak Februari hingga Agustus setiap tahun ajaran baru. Lokasi kampus STIKOM ITKP sebelumnya berada di Radio Dalam Center, Jalan Pela Raya No. 40 A-B, Jakarta, dengan nomor telepon (021) 7227338-39, faksimili di nomor (021) 7228340, dan email di alamat adschool@itkp..id.

Namun, menurut update terbaru pada 2021 lalu, Kampus STIKOM ITKP saat ini sudah resmi ditutup atau berstatus non-aktif. Gedung Kampus STIKOM ITKP yang berada di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan pun sejak Januari 2020 lalu telah diakuisisi oleh PT Serba Dinamik Indonesia (SDI) untuk proyek infrastruktur. Gedung bekas Kampus STIKOM ITKP tersebut akhirnya direnovasi dan disewakan pada perusahaan lain.

Jika menilik informasi pada akun Twitter dan Instagram resmi STIKOM ITKP, aktivitas terakhir terpantau hanya sampai tahun 2019. Setelah itu tidak ada publikasi kegiatan apa pun lagi yang dilakukan oleh pihak STIKOM ITKP. Website resmi mereka di itkp.ac.id pun saat ini statusnya sudah tidak aktif lagi. Sementara itu, menurut laman resmi Pangkalan Pendidikan Tinggi, status STIKOM ITKP tertulis “Aktif”. Namun, semua program studi tidak memiliki mahasiswa per laporan pada semester ganjil tahun 2022. 

Pos terkait