Biaya Kuliah di Fakultas Kedokteran UNPAD (Universitas Padjajaran) 2016/2017, Gratis!

Universitas Padjajaran, atau biasa dikenal dengan singkatan UNPAD, merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia. Perguruan tinggi ini pertama kali didirikan pada 11 September 1957 dan berlokasi di Bandung. Saat ini, berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum sesuai PP No. 80 tahun 2014 dan PP Nomor 51 tahun 2015.

universitas padjajaran (unpad) - jabar.tribunnews.com
universitas padjajaran (unpad) – jabar.tribunnews.com

Sebagai salah satu perguruan tinggi terkenal, telah menaungi beberapa fakultas. Dan, salah satu fakultas di kampus ini yang menjadi adalah Fakultas Kedokteran. Fakultas Kedokteran UNPAD berada di Jalan Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor dan di Jalan Eyckman No. 38, Bandung.

Bacaan Lainnya

Fakultas Kedokteran sendiri menyelenggarakan beberapa program studi, mulai tingkat D-III hingga S3. Program studi yang ada di fakultas ini meliputi D-III Kebidanan, D-IV Kebidanan, Sarjana Kedokteran, Sarjana Kedokteran Hewan, Program Pendidikan Sarjana Kedokteran Twinning, dan Pendidikan Profesi Dokter.

Baca juga  Update Biaya Kursus Kumon (Prasekolah, SD, SMP, SMA)

Sementara, program spesialis antara lain Anestesiologi dan Terapi Intensif, Ilmu Bedah, Ilmu Bedah Saraf, Ilmu Jiwa, Ilmu Kesehatan Anak, hingga Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik. Adapun program S2, meliputi Ilmu Kedokteran Dasar, Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan Kebidanan, serta program S3 (Doktoral) mencakup Ilmu Kedokteran.

Untuk biaya kuliah, pada tahun ajaran 2016/2017 ini, menggratiskan biaya pendidikan baru program studi Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Spesialis di Fakultas Kedokteran. Kebijakan ini diambil salah satunya untuk memenuhi kebutuhan tenaga dokter dan dokter spesialis di berbagai daerah, khususnya di Jawa Barat.

Menurut UNPAD, saat ini ketersediaan dokter dan dokter spesialis masih terpusat di kota besar. Karena itu, pihak universitas pun berkomitmen membantu mendistribusikan tenaga dokter dan dokter spesialis ke seluruh wilayah Jawa Barat maupun Indonesia.

Pada tahun akademik 2016/2017, Fakultas Kedokteran akan menerima 250 calon mahasiswa, dengan rincian 125 mahasiswa dari jalur SNMPTN dan 125 mahasiswa dari jalur SBMPTN. Seluruh mahasiswa yang diterima melalui dua jalur seleksi tersebut akan mendapat beasiswa yang dikeluarkan pemerintah daerah dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat dan instansi swasta.

Baca juga  Manfaat dan Update Harga Sari Kurma TJ (Indomaret dan Online)

Meski gratis, ada syarat yang ditetapkan kepada mahasiswa Pendidikan Dokter dan Dokter Spesialis, yaitu perjanjian antara calon mahasiswa dengan UNPAD. Isinya, kurang lebih menyatakan ketika lulus nanti, para dokter kuliah gratis ini wajib mengabdi di wilayah atau instansi yang ditentukan. Jika tidak bersedia, Rektor UNPAD berkomitmen tidak akan mengeluarkan ijazah mahasiswa yang bersangkutan.

Sebelumnya, biaya kuliah di Fakultas Kedokteran menerapkan sistem uang kuliah tunggal (UKT), dengan unsur pembiayaan seperti uang gedung, uang SPP, biaya almamater, biaya praktikum, dan biaya pokok penunjang lainnya dilebur menjadi satu dan dibagi rata menjadi 8 semester. Biaya UKT di Fakultas Kedokteran sendiri berada di rentang Rp500.000 hingga Rp13.000.000 per semester, dengan unit cost mencapai Rp24.179.000 per semester.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 Komentar