Update Ketentuan dan Biaya Kelebihan Bagasi Lion Air

11 comments54883 views

Pada awal tahun 2019, maskapai Lion Air membuat heboh dunia Tanah Air. Maskapai berbiaya murah tersebut memutuskan untuk mengenakan untuk barang bawaan atau . Terhitung, sejak 8 Januari 2019, penumpang Lion Air tidak lagi mendapatkan 20 kg secara percuma atau gratis, dan tentu saja tetap ada biaya untuk kelebihan .

Ilustrasi: para calon penumpang pesawat dengan bawaan masing-masing

Ilustrasi: para calon penumpang dengan bawaan masing-masing

Lion Air sendiri telah melayani penerbangan lewat sejumlah bandara penghubung di Indonesia seperti Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Bandara Internasional Juanda, Bandara Internasional Hang Nadim, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, serta Bandara Internasional Sam Ratulangi. Selain itu, Lion Air juga mempunyai pusat pemeliharaan maupun perbaikan pesawat yang terletak di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam dan dioperasikan oleh Batam Aero Technic.

Sebagai salah satu maskapai hybrid, Lion Air menawarkan pesawat dengan biaya murah dan juga menyediakan penerbangan yang terbagi dalam dua kelas, yakni kelas bisnis dan ekonomi. Untuk kelas bisnis, penumpang akan memperoleh kursi kulit yang nyaman dengan jarak antar-kursi sekitar 38 inci dan minuman sebelum penerbangan, serta makanan dan minuman di pesawat.

Baca juga  Info Terbaru Syarat dan Biaya Balik Nama (BBN) Mobil Bekas

Sayangnya, jika sebelumnya penumpang kelas bisnis bisa mendapatkan bagasi gratis untuk berat 20 kg serta bagasi 10 kg gratis untuk maskapai Wings Air (anak usaha Lion Air), saat ini kebijakan tersebut tidak berlaku. Seperti diuraikan di atas, per tanggal 8 Januari 2019, perusahaan telah mencabut kebijakan bagasi gratis untuk penumpang. Berikut ketentuan terbaru perihal bagasi Lion Air.

  • Penumpang yang sudah membeli sebelum tanggal 8 Januari 2019 tetap memperoleh bagasi gratis dari Lion Air maupun Wings Air.
  • Bagasi kabin tetap gratis dengan syarat berupa satu buah tas jinjing dengan dimensi 40 cm x 30 cm x 20 cm dan dengan beban tidak melebihi 7 kilogram.
  • Barang yang diikat atau dibungkus tidak akan dianggap sebagai satu buah bagasi kabin.
  • Lion Air melalui siaran pers menyatakan calon penumpang dapat membeli bagasi di muka dengan harga lebih murah bersamaan dengan pembelian tiket atau maksimal enam jam sebelum keberangkatan.
  • Bagasi tambahan dapat dibeli melalui agen perjalanan, situs resmi Lion Air, dan kantor penjualan tiket Lion Air Group.
  • Bagasi kabin yang melebihi 7 kilogram akan dikenakan biaya kelebihan bagasi sesuai dengan tarif yang berlaku pada hari keberangkatan.
  • Tarif bagasi tambahan Lion Air dan Wings Air prepaid baggage (bagasi dibayar di muka) disesuaikan dengan rute penerbangan.
Baca juga  Info Lengkap Cara & Biaya Easy Reschedule Tiket Pesawat Traveloka

Seperti disampaikan di atas, jika penumpang membawa bagasi melebihi kapasitas yang ditentukan, maka akan dikenakan biaya tambahan untuk kelebihan bagasi. Biaya kelebihan bagasi ini bervariasi, tergantung rute penerbangan yang ditempuh. Berikut terbaru biaya kelebihan maskapai dari Lion Air Group.

Biaya Kelebihan Bagasi Lion Air

Bagasi Lion Air - www.kaskus.co.id

Bagasi Lion Air - www.kaskus.co.id

RuteBiaya Kelebihan Bagasi (per Kg)
-AmbonRp58.300
Jakarta-BalikpapanRp29.700
Jakarta-BanjarmasinRp27.500
Jakarta-GorontaloRp44.000
Jakarta-JayapuraRp89.100
Jakarta-MakassarRp34.100
Jakarta-ManadoRp50.600
Jakarta-MedanRp22.000
Jakarta-PalangkarayaRp25.300
Jakarta-PaluRp36.300
Jakarta-SemarangRp14.300
Jakarta-SoloRp15.400

Daftar biaya kelebihan bagasi Lion Air di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Daftar biaya kelebihan bagasi Lion Air tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan maskapai. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi customer service Lion Air di nomor telepon (021) 6379800 atau email di alamat [email protected]

Baca juga  Update Tarif Perjalanan dengan Uber Motor (Grab)

[Update: Panca]

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.
  1. author

    damar4 tahun ago

    JANGAN SIMPAN DI BAGASI “LION AIR” BANYAK PENJARAH BARANG YANG DI LINDUNGI OLEH APARAT YANG KEPARAT…!!!!!!! BAWA KE DALAM PESAWAT….!!!!!!!!!!! GRATIS TAPI BARANG ANDA JADI TARUHAN….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

    Reply
  2. author

    agus3 tahun ago

    Berapa harrga kelebihan bagasi perkilo

    Reply
    • author

      redaktur3 tahun ago

      Biaya overweight tiap rute tidak sama. Silakan hubungi langsung untuk info lebih lengkap

    • author

      tina3 tahun ago

      sy udh telp ke call center n kesana kemar, browsing tdk ada jwban yg memuaskan. mlh call center suruh sy dtg ke bandara lsg, lucuk!! jd ga ada jwban yg pasti utk hrg overweight bagasi.

  3. author

    Vivi2 tahun ago

    Apabila kami naik pesawat 1 keluarga ada 3 tiket ekonomi, apakah bs kami menggunakan 1 koper aja dgn muatan 45kg?
    Atau hanya bs dihitung per tiket?

    Reply
    • author

      redaktur2 tahun ago

      hitungannya per tiket Vivi 🙂

    • author

      William2 tahun ago

      Di hitung perkode booking untuk bagasi… Misalny 3 org dlm 1 kode booking brrti 20kgx3 total 60kg yg anda bisa bawa.. Tidak perlu 1 koper besar hehe…

      More info boss tiket pontianak
      Bbm D1550582
      Wa 089515572114

  4. author

    Rusli2 tahun ago

    Kalo jumlah hendphone pake aturan juga ya, terima kasih

    Reply
    • author

      redaktur2 tahun ago

      Iya, bahkan kalau dari beli di luar negeri bisa dikenai pajak juga 🙂

Leave a reply "Update Ketentuan dan Biaya Kelebihan Bagasi Lion Air"