Biaya Ke Raja Ampat Hemat Semi Backpacker

No comment3118 views

Raja Ampat

Siapa yang masih belum mengenal Raja Ampat? Surga traveler yang terletak di Indonesia Timur ini begitu menyita perhatian masyarakat nasional dan dunia melalui keindahannya. Panorama keindahan pantai yang berpadu dengan alam bawah laut yang berwarna-warni membuat siapapun yang melihatnya jadi terpesona. Pamor Raja Ampat yang tengah naik daun ternyata juga membuat segi jadi membengkak, terutama untuk anggaran penginapan. Tak terlalu mengherankan, karena rata-rata pemilik dan pengelola penginapan di kawasan Surga Bahari ini berasal dari pihak asing.

Bukan Backpacker namanya jika tak mampu pergi ke Raja Ampat dengan biaya minim. Kali ini perjuangan menekan biaya diawali dengan rajin berburu tiket promo. Penerbangan menggunakan maskapai (LCC) dari menuju ke Sorong biasanya dihargai sekitar Rp 3 jutaan untuk 1 orang. Jika Anda beruntung, mungkin bisa mendapatkan tiket dengan harga lebih murah. Nantinya, Anda akan terbang selama 7 jam dan singgah dahulu di Makassar sebelum lanjut ke Bandara Domine Eduard Osok di Sorong – Barat.

Baca juga  Rute Lengkap dan Tarif DAMRI Bandung

Keluar dari Bandara, Anda akan menemukan angkutan kota berwarna kuning. Kendaraan tersebutlah yang akan membawa Anda menuju ke pelabuhan Sorong, kali ini cukup membayar Rp 3.000 saja untuk tiap . Sesampainya di pelabuhan, Anda akan diangkut oleh kapal rakyat menuju ke Raja Ampat dengan ongkos sekitar Rp 120.000 per orangnya. Perjalanan dari Pelabuhan Sorong menuju Raja Ampat diberangkatkan pukul 14.00 setiap harinya, dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Setelah sampai di Raja Ampat, Anda akan membutuhkan penginapan untuk bermalam. Tarif penginapan berupa di kawasan Waisai misalnya, dihargai sekitar Rp 300. Ribu hingga Rp 400 ribuan permalamnya. Jika ingin merasakan bermalam di cottage, Anda harus merogoh kocek hingga Rp 2 jutaan permalamnya. Di sini Anda akan menemukan berbagai sajian hidangan yang berbau seafood, mulai dari segala jenis ikan, kepiting, udang, kerang, dan sebagainya. Makanan-makanan lezat ini dijual di resto dan warung tenda di sepanjang jalan mulai dari Sorong hingga ke Raja Ampat.

Baca juga  Update Harga Kitchen Set dan Biaya Pasang METOD IKEA

Jika Ingin melakukan Diving atau snorkeling, Anda perlu menyewa speedboat untuk menuju ke lokasinya. Tarif sewa speedboat adalah sekitar Rp 8 juta perhari dengan kapasitas maksimal 20 orang. Jika ingin berhemat, Anda tentunya harus mengumpulkan orang hingga berjumlah 20. Dengan begitu, Anda bisa berlayar selama 12 jam penuh dengan biaya masing-masing Rp 400 ribu saja.

author
Gadis rumahan yang gak terlalu suka jalan-jalan, kecuali buat window shopping memantau perkembangan harga-harga :) Pernah tercatat sebagai mahasiswi di satu PTN ternama di Malang.

Leave a reply "Biaya Ke Raja Ampat Hemat Semi Backpacker"