Info Kisaran Biaya Inseminasi di Klinik Morula IVF

Inseminasi adalah program kehamilan dengan cara menempatkan sperma langsung ke dalam rahim ketika ovulasi. Dibandingkan program bayi tabung, biaya inseminasi buatan relatif lebih murah dan mulai banyak dilirik oleh pasangan suami istri yang masih belum memiliki keturunan serta mengalami masalah infertilitas. Saat ini sudah banyak klinik dan rumah sakit yang menyediakan layanan inseminasi, salah satunya seperti Morula IVF.

Ilustrasi: prosedur inseminasi (sumber: telegra.ph)
Ilustrasi: prosedur inseminasi (sumber: telegra.ph)

Infertilitas merupakan kegagalan pasangan untuk mendapatkan atau mempertahankan kehamilan sekurang-kurangnya dalam 12 bulan berhubungan seksual secara teratur tanpa menggunakan pengaman. Penyebab infertilitas dapat berasal dari faktor perempuan, laki-laki maupun keduanya, namun infertilitas idiopatik juga dapat terjadi ketika pasangan infertil telah menjalani pemeriksaan standar meliputi tes ovulasi, patensi tuba, dan analisis semen dengan hasil normal.

Bacaan Lainnya

Infertilitas merupakan permasalahan yang banyak ditemukan pada pasangan produktif. Pada tahun 2010, diperkirakan 48,5 juta pasangan di dunia infertil dengan prevalensi tertinggi di Asia Tenggara. Di Indonesia, 40 juta pasangan mengalami masa subur, 10-15% di antaranya mengalami infertilitas dan gangguan kesuburan. Penyebab infertilitas sebesar 20-40 % disebabkan disfungsi ovulasi, dan sebesar 30-40% akibat faktor laki-laki.

Baca juga  Info Update Biaya Tes HIV

Penanganan infertilitas berdasarkan pada hasil evaluasi terhadap penyebab infertilitas, lama pasangan mengalami kondisi infertil, usia, kondisi kesehatan umum dan pilihan kedua pasangan. Terapi yang dapat ditawarkan berupa Teknologi Reproduksi Berbantu (assisted reproductive technology, ART), berupa inseminasi intrauterin (IIU), fertilisasi in vitro, fertilisasi in vitro dengan injeksi sperma intra sitoplasmik (ICSI), penggunaan donor sperma atau donor sel telur, dan pemindahan embrio.

Apa Itu Inseminasi?

Inseminasi intra uterin (IIU) merupakan suatu prosedur teknologi reproduksi berbantu untuk mengatasi masalah infertilitas. Tujuan prosedur IIU dilakukan untuk mengurangi faktor yang menghalangi fungsi sperma, misalnya keasaman vagina dan pengaruh lendir serviks yang tidak menguntungkan.

Angka kehamilan IIU berkisar antara 8-12% per siklus. Dilakukan dengan cara memasukan dan menempatkan sperma yang sudah dipersiapkan dan diproses sebelumnya ke dalam uterus pada saat diperkirakan terjadi ovulasi. Sperma yang dimasukkan memiliki konsentrasi, motilitas dan morfologi tertentu. Telah diketahui bahwa berbagai faktor terlibat pada angka kehamilan dari prosedur IIU, namun masih banyak perdebatan mengenai hubungannya terhadap keberhasilan IIU.[1]

Baca juga  Review dan Update Harga Serum Dr Pure

Intra uterine insemination (IUI) sudah digunakan untuk merawat pasangan infertil dan merupakan salah satu penanganan untuk faktor suami, seperti hipospadias parah, ejakulasi buruk, impotensi neurologis, dan disfungsi seksual. Inseminasi buatan juga sudah digunakan sebagai alat untuk mengatasi loligospermia, astenospermia, volume ejakulasi rendah, antibodi antisperma, dan faktor istri seperti faktor serviks.

Biaya Inseminasi di Klinik Morula IVF

Selain program bayi tabung, di Klinik Morula IVF juga menyediakan program kehamilan intra uterine insemination (IUI) atau inseminasi buatan. Inseminasi intrauterin (IUI) berguna untuk menangani infertilitas dengan berbagai indikasi seperti faktor infertilitas pada pria, unexplained infertility, gangguan mukusserviks, dan gangguan ovulasi.

Untuk mendapatkan keberhasilan kehamilan pada program inseminasi biasanya diperlukan sinkronisasi dengan ovulasi alami, atau dengan stimulasi siklus ovarium. Selain itu dilakukan pemisahan atau pencucian sperma, sebelum dimasukkan ke kavum uteri.

Nah, di Klinik Morula IVF menyediakan layanan inseminasi buatan dengan biaya mencapai belasan juta rupiah. Sebagai contoh, di Klinik Morula IVFMargonda, Depok, biaya inseminasi buatan dipatok mulai Rp12.745.000. Biaya tersebut sudah termasuk konsultasi dokter dan USG sebanyak tiga kali, analisa sperma, pemakaian obat, dan inseminasi satu kali.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Uji dan Perpanjangan KIR Kendaraan

Perlu diketahui bahwa biaya inseminasi di Klinik Morula IVF bisa saja mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, biaya inseminasi buatan atau IUI di Klinik Morula IVF cabang lainnya bisa saja berbeda-beda.

Program inseminasi buatan atau IUI umumnya disarankan untuk dilakukan saat usia wanita masih di bawah 35 tahun karena kualitas sel telurnya masih bagus. Selain itu, juga perlu dipastikan terlebih dahulu bahwa tak ada sumbatan di ovarium serta mempunyai cadangan telur yang tinggi. Sedangkan pada pria, gangguan pada sperma pun tak boleh berlebihan.

[1]Rachmiawaty, A dkk. 2018. Analisis Faktor yang Memengaruhi Keberhasilan Kehamilan pada Inseminasi Intrauterin. Obgynia. 1(1): 24-30.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *