Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil (Bengkel Resmi dan Bengkel Umum)

Kampas merupakan yang paling berperan pada kopling untuk menyalurkan tenaga dari ke transmisi. Sama seperti lainnya, kampas kopling ini juga memiliki batas atau usia pemakaian. Jika kampas kopling mobil Anda sudah habis, sebaiknya Anda perlu menggantinya dengan yang baru, dengan di kisaran ratusan ribu sampai jutaan rupiah untuk satu set.

Kopling sendiri, menurut Wikipedia, merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan dua poros pada kedua ujungnya dengan tujuan untuk mentransmisikan daya mekanis. Kopling juga bisa dikatakan sebagai komponen untuk menghubungkan tenaga mesin atau putaran mesin ke transmisi dan mengurangi putaran mesin saat akan melakukan perpindahan gigi transmisi supaya gigi transmisi dapat masuk atau pindah dengan mudah.

Ada beberapa kopling yang biasa dipakai pada roda empat. pertama adalah kopling diafragma dengan clutch cover menggunakan pegas diafragma. Pegas ini berbentuk sirip karena bagian tengahnya dibelah-belah layaknya sirip dan memiliki seperti diafragma. Karena kopling mobil ini hanya menggunakan satu pegas, maka kondisi penekanan pegas selalu sama dan tidak akan mendapati kondisi kopling terselip.

Kampas Kopling Mobil - www.autoexpose.org

Kampas Kopling Mobil - www.autoexpose.org

Jenis berikutnya adalah kopling pegas coil, yang menggunakan pegas tipe coil dan pressure plat serta kampas kopling. Karena memiliki jumlah pegas yang banyak, maka kopling jenis ini sangat kuat dalam melakukan penekanan dan cocok untuk tipe kendaraan yang memiliki daya angkut berat seperti truk. Namun, jika salah satu pegas kopling rusak, kekuatan tekanan akan melemah atau patah, sehingga mudah terselip.

Komponen pada kopling yang berperan untuk menghubungkan tenaga mesin ke transmisi adalah kampas kopling. Kampas kopling berbentuk piringan yang terbuat dari bahan asbes yang bertugas untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke transmisi. Sama seperti komponen lainnya, kampas kopling juga memiliki batas atau usia pemakaian. Usia pemakaian kampas kopling sendiri biasanya berdasarkan waktu dan jarak tempuh kendaraan yang bersangkutan, selain karakter si pengemudi.

Ada beberapa ciri yang bisa menjadi pertanda bahwa kampas kopling mobil Anda sudah habis dan sebaiknya diganti, antara lain:

  • Bau hangus. Jika Anda melalui jalanan yang memiliki tanjakan yang agak menantang dan mencium bau tidak sedap dari mesin, itu mungkin pertanda bahwa kampas kopling mobil sudah harus diganti. Bau tidak sedap itu seperti bau karet yang terbakar. Jika Anda mencium bau ini ketika atau setelah melewati tanjakan, Anda perlu membawa mobil ke bengkel.
  • Akselerasi lemah. Tidak hanya mengeluarkan bau hangus, tetapi akan ada gejala tambahan berupa pergerakan akselerasi yang lemah pada saat menginjak pedal gas. Mobil Anda hanya akan ‘meraung’ keras, tetapi tidak bertenaga. Acapkali, jika perkara tersebut terjadi, banyak pengemudi yang akan berhati-hati jika mendapati jalanan yang menanjak karena bisa sangat membahayakan kendaraan yang berada di belakangnya.
  • Putaran mesin tinggi. Walaupun akselerasi mobil lemah, bukan berarti kinerja mobil terganggu. Tetapi, hal yang dirasakan adalah putaran mesin yang tidak semestinya dan mengarah ke arah yang tinggi dan terkadang suhu mesin mobil Anda juga tinggi. Hal ini adalah akumulasi dari kampas kopling yang aus, akselerasi lemah dan permukaan kampas yang licin menyebabkan fenomena ini terjadi.
  • Pedal kopling tinggi. Ciri ini hanya bisa dirasakan jika Anda mengemudi. Jika Anda menekan kopling dan perlu waktu lama untuk melepas kopling dan terlalu tinggi dari biasanya, mobil akan lambat untuk melakukan akselerasi. Umumnya, kopling akan bekerja jika diangkat secara sewajarnya. Jika Anda merasakannya, hal ini artinya kampas kopling mobil Anda perlu diperhatikan sebelum kerusakannya merembes ke komponen mobil lain.
  • Selip kopling. Ciri umum yang anda dapat rasakan adalah saat kampas kopling aus adalah seringnya kopling mobil Anda terselip. Hal ini wajar karena kampas kopling Anda sudah tidak berfungsi dengan sewajarnya. Selip ini akan sangat mengganggu, dan mungkin akan membuat Anda yang pertama kali merasakannya akan terkaget-kaget.
  • Tidak bisa pindah transmisi. Ini adalah salah satu tanda fatal bahwa kampas kopling Anda sudah benar-benar habis dan perlu segera diganti. Jika tidak segera dilakukan, berpotensi merusak komponen lainnya sehingga biaya servis akan lebih membengkak.
  • Suara gemuruh dan ‘menjerit’ ketika menginjak kopling. Selain sebagai tanda bahwa kampas kopling Anda sudah habis, juga sudah merembes ke dekrup kopling mobil. Jika Anda memaksakan untuk melakukan perjalanan, maka akan merusak komponen yang lainnya.

Biaya Ganti Kampas Kopling

Biaya ganti kampas kopling mobil sangat bervariasi, tergantung tipe dan kendaraan. Biasanya, jika Anda memutuskan untuk mengganti kampas kopling mobil di dealer atau bengkel resmi, biayanya akan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan di bengkel-bengkel umum. Pasalnya, kampas kopling akan diganti dengan model yang asli keluaran perusahaan.

Ganti Kampas Kopling Mobil - djimy kurniardi

Ganti Kampas Kopling Mobil - djimy kurniardi

Sebagai bahan referensi, satu set kopling mobil untuk kendaraan merek Honda, seperti Mobilio, Brio, dan HR-V, berada di kisaran Rp2,7 jutaan di bengkel resmi. Sementara, untuk mobil merek Daihatsu, satu set kopling berada di kisaran Rp1,3 juta untuk Xenia 1.000cc dan Rp1,7 juta untuk Xenia 1.300cc, Rp1,6 jutaan untuk Terios, dan Rp1 jutaan untuk model Ayla.

Baca juga  Harga Rack Steer Honda Freed (Baru dan Bekas)

Jika kendaraan Anda adalah Suzuki Ertiga, biaya untuk mengganti kampas kopling di bengkel resmi berada di kisaran Rp1,5 juta untuk satu set, sedangkan Karimun satu set Rp900 ribu dan S-Cross sekitar Rp3,5 jutaan. Sementara, biaya ganti satu set kampas mobil untuk Toyota Avanza di bengkel resmi sekitar Rp1,35 jutaan, dengan rincian kampas Rp385 ribu, matahari Rp370 ribu, drug lager Rp195 ribu, dan ongkos jasa Rp400 ribu.

Menurut salah satu pemilik Nissan Grand Livina, biaya total untuk ganti satu set kopling di bengkel resmi sebesar Rp1,573 jutaan, belum termasuk ongkos jasa atau servis sebesar Rp814 ribuan. Sebagai perbandingan, harga satu set kopling di salah satu bengkel umum di bilangan Pondok Cabe, Jakarta Selatan sekitar Rp1,5 juta sampai Rp1,6 jutaan, dengan ongkos bongkar pasar Rp500 ribuan.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil (Bengkel Resmi dan Bengkel Umum)"