Sepeda motor, baik itu manual maupun matic, membutuhkan aki sebagai penyedia listrik sehingga lampu, sein, klakson, hingga tombol starter elektrik dapat menyala. Seiring berjalannya waktu, aki memang dapat habis atau rusak. Nah, untuk mengganti aki tersebut, Anda bisa membawanya ke bengkel sepeda motor terdekat. Biasanya, biaya ganti aki motor akan langsung diakumulasikan dengan harga aki yang baru.
Memang, semakin banyak masyarakat di Indonesia yang sudah mampu membeli mobil sebagai kendaraan harian mereka. Meski demikian, sepeda motor tetap menjadi kendaraan favorit banyak orang. Pasalnya, kendaraan roda punya dimensi yang lebih kecil dibandingkan mobil sehingga efektif digunakan untuk menerjang kemacetan lalu lintas.[1] Selain itu, harga sepeda motor juga jauh lebih murah dibandingkan mobil, lebih mudah dirawat, irit bahan bakar, dan lebih cepat mencapai tujuan.[2]
Seperti mobil, sepeda motor juga memerlukan baterai atau aki untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia, yang akan digunakan untuk menyuplai energi listrik ke sistem starter, sistem pengapian, lampu-lampu, dan komponen kelistrikan lainnya.[3] Aki juga diperlukan untuk menstabilkan tegangan pada kendaraan, sehingga meminimalkan risiko kerusakan.
Untuk sepeda motor yang telah memakai sistem injeksi, peran aki jauh lebih besar. Aki berperan sebagai salah satu otak dari kuda besi injeksi, yakni menyuplai tenaga ke engine control unit atau ECU, injector, dan fuel pump. Selain itu, aki berguna sebagai pengisi daya regulator dan alternator yang menciptakan sirkulasi dalam menjaga kelistrikan sepeda motor.
Jenis Aki
Umumnya, ada dua jenis aki yang kerap dipakai pemilik kendaraan bermotor, yakni aki basah dan aki kering. Aki basah adalah aki yang mengandung cairan elektrolit atau air aki berupa asam sulfat. Sementara itu, aki kering juga menggunakan cairan elektrolit yang mengandung timah kalsium. Namun, aki ini tidak memakai lubang-lubang untuk mengisi air aki sebagaimana aki basah.
Aki basah dikatakan punya harga yang relatif lebih murah dibandingkan aki kering. Jenis in pun mudah diperbaiki jika mengalami kerusakan serta bisa dipakai dalam waktu relatif lama apabila pengguna rajin merawat. Sementara itu, aki kering unggul dalam hal perawatan yang mudah, cairan elektrolit yang sedikit menguap, serta cocok bagi pengguna mobil yang tidak punya cukup waktu untuk mengecek kondisi aki mereka.
Karena pentingnya aki, memang disarankan agar pemilik sepeda motor memastikan aki kuda besi ini masih berfungsi dengan baik. Meski kelistrikan sepeda motor dapat disuplai oleh spul, kuda besi tanpa aki juga bisa menimbulkan beberapa efek negatif. Lalu, apa saja dampak negatif sepeda motor jika tanpa menggunakan aki?
Efek Negatif Motor Tanpa Aki
- Sulit menghidupkan mesin. Ketika motor tidak memakai aki, maka kita tidak bisa memakai fitur electric starter. Untuk menyalakan mesin, kita perlu menggunakan kick starter.
- Lampu sein tidak berkedip. Anda mungkin sering melihat motor dengan lampu sein berkedip sangat cepat atau bahkan tidak berkedip sama sekali (nyala terus-menerus). Itu ternyata bukan masalah pada lampu sein, tetapi karena tegangan listrik yang kurang sehingga flasher yang tugasnya mengedipkan menjadi tidak maksimal kinerjanya.
- Lampu motor redup saat rpm rendah.
- Perangkat kelistrikan rusak. Arus besar yang dihasilkan dari spul bisa berdampak negatif pada kendaraan misalnya lampu cepat mati karena arus yang besar.
Seperti komponen lainnya, seiring waktu, aki sepeda motor memang bisa habis atau bahkan soak, sehingga harus segera diganti. Biasanya, aki harus diganti ketika usia pakai sudah dua tahun, tetapi tergantung pemakaian. Tanda lainnya aki harus dicek atau diganti adalah sepeda motor susah dinyalakan, tegangan kurang dari 10 Volt, serta suara klakson yang lirih dan nyala lampu yang redup.
Biaya Ganti Aki Motor Matic
Lalu, berapa biaya ganti aki sepeda motor, termasuk matic, saat ini? Sayangnya, kebanyakan pihak bengkel tidak menyebutkan ongkos penggantian aki. Mereka umumnya langsung mengakumulasikan ongkos dengan harga aki yang bersangkutan. Namun, dilansir dari berbagai sumber, biaya ganti aki motor saat ini berkisar Rp20 ribu hingga Rp30 ribuan.
Harga Aki Motor Matic
Merk Aki | Harga |
GS Astra GTZ-5S | Rp125.000 |
GS Astra GM5Z-3B | Rp150.000 |
GS Astra NTZ4V | Rp238.000 |
GS Astra GTZ6V | Rp302.000 |
Yuasa 6N11-2D | Rp150.000 |
Yuasa YTZ4-V MF | Rp280.000 |
Yuasa YTX5L-BS | Rp300.000 |
Yuasa YB4L-B | Rp335.000 |
Yuasa YTZ5-S MF | Rp370.000 |
Yuasa YTZ6-V | Rp470.000 |
Motobatt Gel MTZ5S 4.2 Ah | Rp192.000 |
Motobatt Gel MTZ6S | Rp256.000 |
Motobatt Quadflex MB5U | Rp275.000 |
Motobatt Gel MTZ7V | Rp308.000 |
Motobatt Quadflex MBTZ7S | Rp400.000 |
Motobatt Pro Lithium MPLTZ7S-HP-CCA | Rp900.000 |
Informasi harga aki untuk sepeda motor otomatis di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah bengkel dan beberapa situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga aki sepeda motor tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga produk di masing-masing tempat bisa saja berbeda.
[1] Dewi, Hilda Rosdiana dan Dwi Endah Kusrini. 2014. Peramalan Jumlah Kepemilikan Sepeda Motor dan Penjualan Sepeda Motor di jawa timur dengan Menggunakan Regresi Data Panel. Jurnal Sains dan Seni POMITS, Vol. 3(2): 332-337.
[2] Djunaidi, Zulkifli dan R. Arnur. 2015. Risiko Ergonomi Ketidaksesuaian Desain dan Ukuran Tempat Duduk Sepeda Motor terhadap Antropometri pada mahasiswa. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, Vol. 9(3): 243-248.
[3] Agustian, Leonandi. 2015. Rancang Bangun Sistem Monitoring Kondisi Aki pada Kendaraan Bermotor. Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura, Vol. 1(1).